PERANCANGAN AUDIO VISUAL MANFAAT WUDHU BAGI KESEHATAN

Andika Andika, Nuryadi Nuryadi

Abstract


Wudhu adalah sebuah syari’at kesucian yang Allah SWT tetapkan kepada kaum muslimin sebagai pendahuluan bagi sholat dan ibadah lainnya. Di dalamnya terkandung sebuah hikmah yang mengisyaratkan kepada kita bahwa hendaknya seorang muslim memulai ibadah dan kehidupannya dengan kesucian lahir dan batin. Menurut bahasa, Wudhu artinya Bersih dan Indah. Sedangkan menurut istilah (syariah islam) artinya menggunakan air pada anggota badan tertentu dengan cara tertentu yang dimulai dengan niat guna menghilangkan hadast kecil. Selain itu juga ternyata wudhu memiliki banyak manfaat bagi kesahatan tubuh yang belum banyak kita ketahui. Melalui perancangan audio visual ini diharapkan pengetahuan penting kepada masyarakat yang kurang paham dan tidak menyadari manfaat dari berwudhu yang benar bagi kesehatan. Melalui media informasi berupa audio visual dan media pendukung lainnya seperti cover, label stiker, poster, billboard, iklan di bus, dan stiker. Diharapkan pesan yang disampaikan mampu didapatkan serta dimengerti dengan mudah dan cepat oleh masyarakat khususnya umat muslim diindonesia. Maka dari itu, penulis mengangkat Perancangan Audio Visual Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan sebagai proyek tugas akhir

Kata Kunci : Perancangan, Video, Wudhu, Kesehatan.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahim. 2003. Tuntunan Shalat Wajib. Jakarta: Sandro Jaya

Abdurrahman al-jibrin, Abdullah b. Meneladani Shalat & Wudhu Nabi. Ibnu Umar

Adityawan, Arief. 2010. Tinjauan Desain Grafis. Jakarta: PT. Concept Media.

Dewi, O., Wahyudi, T.H., & Zahar, I. (2020). Perancangan Buku Interaktif Bertema Edukasi Covid-19 Untuk Pembaca Anak Usia 7-9 Tahun. Jurnal Rupaka, 3(1).

El-fikri, Syahrudin. 2019. Sehat Dengan Wudhu. Jakarta: Republika Penerbit

Fauzi, M. (2020, March). Desain Pillow Mask Sebagai Fasilitas Kesehatan Bagi Mahasiswa Pekerja Paruh Waktu. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 3, pp. 418-423).

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI.

Lucius, C. R., Imanto, T., & Roespinoedji, D. (2021). Identification of Old Javanese Food in Serat Chentini Through Visual Storytelling. Review of International Geographical Education Online, 11(6), 1332-1339.

Mulyani, E.Y., Azizah, A.H., & Lucius, C.R. (2021). Pemberdayaan bidan dalam pelatihan peningkatan pengetahuan gizi dan kesehatan dimasa pandemik. Jurnal pengabdian masyarakat abdimas. 8(2). 95-106.

Mustaqim, K., Rabbani, S. A., Surya, G. G., & Agustian, Y. (2021). Design of Mini Plants with Self-Watering Features Using Environmentally Friendly Materials. Review of International Geographical Education Online, 11(6), 1355-1367.

Nugraha, I. R., & Fuad, A. (2022). Perancangan Video Profil pada Kampanye Non-Komersial Kenali Dirimu. Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (KOMA DKV), 2, 483-491.

Pertiwi, R., Asmara, N., Wahyudi, T., & Iriani, Y. (2021). Illustration Book Media Design Diabetes Mellitus Type 1 in Ikadar. Review of International Geographical Education Online, 11(6), 1368-1379.

Pertiwi, R., Judianto, O., & Fuad, A. (2021, March). Pelatihan Keterampilan Kerajinan Tangan Menggunakan Media Kertas Origami “Pengenalan Alam dan Binatang” Sebagai Proses Kreatif Siswa/i KB/TK Islam Salsabila. In SEMINAR NASIONAL & CALL OF PAPERS PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (Vol. 1, No. 01).

Rustan, Sulianto. 2009. LayOut, Dasar dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Velintino, T., Marwan, R.H. (2021). PERANCANGAN VIDEO INFOGRAFIS SEJARAH PERJALANAN MATA UANG DI INDONESIA. Jurnal Inosains, 16(2), 98-106.

Wahyudi, T. (2020). Seniman Mengajar Sebagai Metode Program Pendampingan Psikobudaya Masyarakat. ARTCHIVE: Indonesia Journal of Visual Art and Design, 1(1), 59-71.

Widyastuti, P. A., Pertiwi, R., & Huddiansyah, H. (2020). Pelatihan Aplikasi Warna Produk Kreatif Untuk Siswa Sds Dasana Indah – Pemanfaatan Sampah Karet Dalam Pengaplikasian Warna Menggunakan Teknik Cap Pada Tas Blacu. Jurnal Abdimas, 6 (3), Maret 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.