PERANCANGAN FURNITUR KURSI TAMU DARI LIMBAH KAYU DAN LIMBAH KAYU PALET

Ari Wijaya, Karna Mustaqim

Abstract


Perancangan kursi tamu dari limbah drum dan kayu palet dilakukan melalui penyusunan konsep hingga implementasi konsep dalam bentuk prototype. Perancangan ini dilakukan dengan tujuan memanfaatkan potensi dari limbah drum dan kayu palet agar menjadi solusi pengolahan limbah khususnya limbah anorganik. Metode yang digunakan pada proses desain perancangan kursi, limbah drum dan kayu bekas palet terdapat beberapa tahap, pertama yaitu tahap penelitian dan analisa mencakup menggali informasi dari permasalahan dilanjutkan dengan mengumpulkan data-data potensial bahan. Tahap kedua adalah perancanagan meliputi tahap ide perancangan dan membuat desain. Tahap terakhir yaitu prototype produk. Material yang dimiliki limbah drum berupa plat besi berukuran 0,6 sampai 0,8 milimeter dikombinasikan dengan limbah kayu palet. Jenis kayu dari limbah palet yaitu kayu pinus, selain memiliki tekstur yang indah kayu pinus tergolong jenis kayu solid. Perancangan kursi dengan konsep sustainable dan penempatannya di ruang tamu tema industrial dengan bentuk organik dan didasarkan pada beberapa aspek yang meliputi aspek fungsional, ergonomi dan keindahan dengan mempertimbangkan asas kesatuan, keseimbangan dan keteraturan. Perancangan ini dilakukan dengan membuat desain sesuai dengan dimensi limbah drum berdasarkan anthropometri sehingga dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Kata Kunci : Kursi tamu , limbah, drum, perancangan

Full Text:

PDF

References


Albert, B., & Tullis, T. (2008). Measuring The User Experience. Collecting, Analyzing, And Presenting Usability …, 1–17.

Batan I M. L., Desain Produk, Edisi Pertama, Guna Widya, Surabaya.

Ching, Fancis D.K Dan Corky Binggeli Desain Interior Dengan Ilustrasi. Jakarta. Indeks: 2011.

Damayantie, I., & Judianto, O. (2020). Kajian Fungsi “Easy Side Table” Pada Ruang Belajar Dengan Lahan Terbatas. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 20(2), 153-158.

Damiera, Annie. 2007. Color Basic : Panduan Dasar Warna Untuk Desainer & Industry. Grafika. Jakarta : Link & Match Graphic.

Danko, Peter. 2008. Eco Modernisme, A Manifesto For Sustainable Design, U.S.

Darmaprawira, Sulasmi W.A.2002. Warna (Teori Dan Kreativitas Penggunaanya Edisi Kedua). Bandung : Itb.

Darmaprawira, Sulasmi, Teori Warna, Edisi Kedua, Penerbit Itb, Bandung, 2002.

Drs. Saktiyono, M.Si. Seribu Pena Biologi Jilid 1. Erlangga.Jakarta : 2008.

Dwimirnani Putri. A-Z Seputar Ruang Tamu. Jakarta. Griya Kreasi(Penebar Swadaya Grup): 2011.

Gustami S. P, Butir-Butir Mutiara Estetika Timur. Yogyakarta. Prasisita: 2007

Julius Panero Dan Martin Zelnik.1979. Dimensi Manusia Dan Ruang Interior. Erlangga: 2006.

Karlen, Mark. Edisi Kedua Dasar-Dasar Perancangan Ruang. Jakarta. Erlangga: 2007.

Krabs Jan. Basic, Desain Dan Kehidupan. Jakarta. Erlangga: 2010.

Kristanto, Philip. Ekologi Industri. Yogyakarta. Andi: 2002.

Kristianto, Gani M. Teknik Mendesain Perabot Yang Benar, Yogyakarta: Kanisus, 1996.

M. Gani Kristanto, Teknik Mendesain Perabot Yang Benar. Semarang. Kanisius: 1993.

Marpaung, J. V., Fauzi, M., & Prastyani, D. (2021). Redesign Woodeco Stool. Journal Of Applied Science (Japps), 3(2), 037-047.

Maulana, S. (2020). Perancangan Stool Dengan Sistem Knockdown Bagi Pengunjung Café Jco. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 157-166.

Mowen, John Dan Minor, Perilaku Konsumen, Revika Aditama, Bandung, 2002.

Noor. Juliansyah, 2011, Metodologi Penelitian, Prenada Media Group, Jakarta.

Nurmianto. Eko. 1996. Pengantar Desain Mebel. Bandung : Pt. Kiblat Buku Utama.

Panero, Julius & Zelnik, Martin. “Human Dimension And Interior Space”. Jakarta: Erlangga, 1979.

Purwadarminta W.J.S. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta. Balai Pustaka: 2006.

Rochyat, I. G. (2016). Kajian Penerapan Gaya Desain Klasik Pada Kapal Pesiar Buatan Grandbanks Yachts, Sdn. Bhd. Jurnal Inosains, 11(2), 69-79.

Surya, G.G. (2017). Penyuluhan Aplikasi 3 Dimensi Berbasis Modeling Dan Rendering Untuk Pendidikan Yang Kreatif Pada Sekolah Dasar Islam Al-Chasanah. Jurnal Abdimas, 4(1), 102-111.

Widyastuti, P. A. (2020). Relevansi Mata Kuliah Sejarah Desain Industri Terhadap Proses Kreatif Dunia Industri Produk. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 167-180


Refbacks

  • There are currently no refbacks.