PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Abstract
Latar belakang sebuah institusi pendidikan tinggi memiliki program-program studi yang dinaungi oleh sebuah fakultas. Program studi Desain Komunikasi Visual disingkat DKV merupakan salah satu program studi dibawah naungan Fakultas Desain Industri Kreatif disingkat FDIK. Layaknya sebuah institusi pendidikan tinggi pada umumnya, Universitas Esa Unggul sudah memiliki identitas visual berupa logo, stationary, company profile, merchandise, uniform dan wayfinding signage yang diharapkan program- program studi juga memiliki identitas yang mencerminkan nilai dari visi dan misi program studi yang selaras dengan universitas. Melalui perancangan identitas visual ini diharapkan prodi DKV Universitas Esa Unggul lebih dikenal dan memberikan nuansa baru serta impact yang baik sesuai visi dan misi prodi DKV Universitas Esa Unggul. Peranan desainer grafis dalam proses perancangan identitas visual Universitas Esa Unggul yang dimaksud khususnya pada perancangan logo dan penerapan atau implementasi pada media promosi itu sendiri ialah untuk memberikan konsep komunikasi yang kuat dan efektif. Maka dari itu, penulis mengangkat Perancangan Identitas Visual Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Esa Unggul sebagai proyek tugas akhir.
Kata Kunci : Perancangan, Branding, Identitas Visual, Institusi, DKV, Media Promosi Cetak dan Digital.Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Rayan & Roger Hubner, Pictograms Icons & Sign: A Guide to Information Graphics, New York: Thames & Hudson, 2006.
Aynsley, Jeremy, A Century of Graphic Design: Graphic Design Pioneers of the 20th Century, Great Britain: Mitchell Beazley, 2001.
Berryman, Gregg, Principles of Visual Communication, Menlo Park, CA: Crisp Publication Inc., 1990.
Carter, Rob & Ben Day, Philip Meggs, Typographic Design : Form and Communication, 2nd ed., New York, NY: Van Nostrand Reinhold, 1993.
Carter, Rob, Experimental Typography, Switzerland: RotoVision SA, 1989.
Damayantie, I., & Pertiwi, R. (2019) . Kajian Ergonomi Tampilan Visual Papan Menu Kantin Universitas Esa Unggul Kampus Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jurnal Inosains, 14(2), 66-71.
Denton, Craig, Graphics for Visual Communication, Indiana, WM: C. Brown Publisher, 1992.
Fauzi, M. (2018).Re-Design Logo Usaha Kecil Menengah Pada Toko Gibran Collection Di Pulang Untung Jawa.Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas, 5(1), 93-97. Hashim, N. A., Muhammad, S.
A., Anwar, T. F. T., Zahar, I., & Shuhaimi, N. F. (2021). Public Awareness Of British Pillboxes In Bachok, Kelantan From A Heritage Tourism Perspective. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 6(18), 219-229.
Heller, Steven, Thinking in Icons: Designing and Creating Effective Visual Symbols, New York, NY: Cooper Hewitt, Smithsonian Design Museum, 2011.
Hurlburt, Allen, The Design Concept: A Guide to Effective Graphic Communication, Broadway, New York, NY: Watson-Guptill Publications, 1981.
Lucius, C. R. (2019, December). Potensi Komposisi Warna Batik Pekalongan Sebagai Color Scheme Untuk Perancangan Bidang Desain Komunikasi Visual. In Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik (Vol. 1, No. 1, Pp. A7-A7).
Lupton, Ellen, Design is Storytelling, New York, NY: Cooper Hewitt, Smithsonian Design Museum, 2017.
Lupton, Ellen, Visual Research an Introduction to Research Methods in Graphic Design, 3rd ed., New York, NY: Bloomsburry Publisher, 2016.
Marwan, R.H. (2018). Perancangan Motif Batik Baju Karyawan Universitas Esa Unggul Jakarta. Jurnal Inosains, 13(1), 85-93.
Meggs, Philip, A History of Graphic Design, 2nd ed., New York, NY: Van Nostrand Reinhold, 1992.
Meggs, Philip, Type and Image, Canada: John Wiley & Sons, Inc., 1992.
Mustaqim, K., Rabbani, S. A., Surya, G. G., & Agustian, Y. (2021). Design Of Mini Plants With Self-Watering Features Using Environmentally Friendly Materials. Review Of International Geographical Education Online, 11(6), 1355-1367.
Nugraha, I. R., & Fuad, A. (2022). Perancangan Video Profil pada Kampanye Non- Komersial Kenali Dirimu. Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (KOMA DKV), 2, 483-491.
Pertiwi, R., Judianto, O., & Fuad, A. (2021, March). Pelatihan Keterampilan Kerajinan Tangan Menggunakan Media Kertas Origami “Pengenalan Alam Dan Binatang” Sebagai Proses Kreatif Siswa/I Kb/Tk Islam Salsabila. In Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 01).
Wahyudi, T.(2021). Residensi Seni Rupa Dan Bahasa Indonesia Di Suriname. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas, 7(4), 303-307.
Widyastuti, P. A., Pertiwi, R., & Huddiansyah, H. (2021). Development Of Characteristic Motifs On Printing Masks As Promotional Media For Visual Campaign In Product Design Study Program, Esa Unggul University. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(2), 101-114.
Internet :
http://capediemaja.blogspot.com/2015/03/brand- essence-dan-brand-positioning.html/. Diunduh 2 Juli 2019 Pukul 02.13 WIB
http://dgi.or.id/in-depth/history/kebudayaan- kekuasaan-dan-krisis.html/. Diunduh 30 Juni 2019
Pukul 21.40 WIB
http://sakinahadikalfeta.blogspot.com/2017/05/c orporate-culture-budaya-perusahaan.html/. Diunduh 27 Juni 2019 Pukul 17.20 WIB https://fsrd.itb.ac.id/penelitian/kk-ilmu-ilmu-
desain-dan-budaya-visual/. Diunduh 10 Juli 2019 Pukul 04.16 WIB
https://lingkaran.co/blog/cs-events/introductory- design-thinking-workshop/. Diunduh 2 Juli 2019 Pukul 02.10 WIB
https://sandblog.com/info/pengertian-above-the- line-below-the-line-dan/. Diunduh 25 Juni 2019 Pukul 20.30 WIB
https://www.bekraf.go.id/subsektor/page/desai n-komunikasi-visual/. Diunduh 18 Juli 2019 Pukul
35 WIB
https://www.esaunggul.ac.id/identitas-dan-arti- logo-ueu/. Diunduh 22 Juni 2019 Pukul 19.03 WIB
Refbacks
- There are currently no refbacks.