GRAPHIC MOTION VIDEO DESIGN LANDMARK PROMOTION IN JAKARTA

Fredrick Christian Pungus, Christophera R. Lucius

Abstract


Kota Jakarta memiliki beberapa landmark. Perancangan ini menghasilkan sebuah video promosi yang merepresentasikan landmark di kota Jakarta dengan konsep motion graphic, yang memuat informasi landmark dan sejarah dari landmark tersebut untuk menarik khalayak sehingga dapat membantu program pengembangan pariwisata Jakarta.

Kata Kunci : Landmark, Jakarta, Promosi


Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Boyd, Harper W. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua, Jakarta: Erlangga.

Ebdi, Sadjiman S. 2009. Nirmana: Elemen - Elemen Seni dan Desain (Edisi ke - 2). Yogyakarta: Jalasutra.

Everett M Rogers & Lawrence Kincaid. 1981. Communication Network: Towards a New Paradigm for Research. USA: Free Press.

Haryanto, Ignatius. 2006. Indonesia Raya Dibredel!. Yogyakarta: LKiS.

Hermawan, dkk. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia Jilid Satu. Jakarta: Prentice Hall.

Nafisah, Syifaun. 2003. Grafika Yogyakarta: Graha Ilmu.

Piliang, Yasraf Amir. 1998. Mizan Pustaka. Sebuah Dunia Yang Dilipat: Realitas Kebudayaan Menjelang Milenium Ketiga Dan Matinya Posmodernisme.

Roger S. Pressman. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.

Roger S. Pressman. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.

Shannon, Calude and Weaver. 1949. The Mathematical Theory of Communication.

Sistaningrum, Widyanintyas. 2002. Manajemen Penjualan Produk. Jakarta: Kanisius.

Surianto Rustan, S. Sn,. 2009. Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia.

Tan dan Wright. 1991. Lilliweri.

Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa Edisi 8. Jakarta: Kencana 2010.

Anwar, N., Swandy, R., Akbar, H., Pambudi, A., Satriawan, A., & Marwan, R. H. (2021). Perancangan Sistem Komunitas Seni Dan Konten Digital Melalui Platform Berbasis Laman. Prosiding Sisfotek, 5(1), 234-238.

Damayantie, I., Pertiwi, R., & Nugroho, O. F. (2021, March). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Pemilihan Warna Pada Pendekatan Steam Ditinjau Dari Psikologi Desain. In Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 01).

E-File Studylib Universitas Pendidikan Indonesia. 2018. Komunikasi. Https://Studylibid.Com/Doc/969628/Komunikas I---Direktori-File-Upi. Diakses Pada 20 Juni 2020 Pukul 21:44 Wib.

E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta. 2019. Bab 2 Hakekat Desain Komunikasi Visual. Http://E-Journal.Uajy.Ac.Id/7103/3/2ta13262.P Df. Diakses Pada 20 Juni 2020 Pukul 19:37 Wib.

E-Library Universitas Komputer Indonesia. 2019. Bab 2 Pembahasan. Https://Elib.Unikom.Ac.Id/Files/Disk1/709/Jbptu Nikompp-Gdl-Sandysepti-35442-6-10_Uniko-I. Pdf . Diakses Pada 20 Juni 2020 Pukul 20:28 Wib.

Ensiklopedia Jakarta. 2017. Kota Tua Jakarta. Https://Jakarta.Go.Id/Artikel/Konten/2113/Kota-T Ua-Jakarta. Diakses Pada 22 Juni 2020 Pukul 20:39 Wib.

Fauzi, M. (2018).Re-Design Logo Usaha Kecil Menengah Pada Toko Gibran Collection Di Pulang Untung Jawa.Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas, 5(1), 93-97.

Greene, Randy. 2017. 7 Things You Didn’t Know About Indonesia. Https://Www.Englishfirst.Com/Blog/Teaching-In -Indonesia/7-Things-Didnt-Know-Indonesia. Diakses Pada 20 Juni 2020 Pukul 22:23 Wib.

Hashim, N. A., Muhammad, S. A., Anwar, T. F. T., Zahar, I., & Shuhaimi, N. F. (2021). Public Awareness Of British Pillboxes In Bachok, Kelantan From A Heritage Tourism Perspective. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 6(18), 219-229.

Https://Www.Sehatq.Com/Artikel/Arti-Warna-Menurut-Psikologi-Warna#:~:Text=Psikologi%20 Warna%20adalah%20istilah%20yang,%2c%20emosi%2c%20dan%20perilaku%20manusia. Diakses Pada 11 Juni 2020 Pukul 20:48 Wib.

Lucius, C. R., & Fuad, A. (2017, December). Coloring Your Information: How Designers Use Theory Of Color In Creative Ways To Present Infographic. In Iop Conference Series: Materials Science And Engineering (Vol. 277, No. 1, P. 012044). Iop Publishing.

Lucius, C. R., Imanto, T., & Roespinoedji, D. (2021). Identification Of Old Javanese Food In Serat Chentini Through Visual Storytelling. Review Of International Geographical Education Online, 11(6), 1332-1339.

Mustaqim, K., Rabbani, S. A., Surya, G. G., & Agustian, Y. (2021). Design Of Mini Plants With Self-Watering Features Using Environmentally Friendly Materials. Review Of International Geographical Education Online, 11(6), 1355-1367.

Nationsonline. 2020. Indonesia. Https://Www.Nationsonline.Org/Oneworld/Indo Nesia.Htm. Diakses Pada 18 Juni 2020 Pukul 20:39 Wib.

Nugraha, I. R., & Fuad, A. (2022). Perancangan Video Profil Pada Kampanye Non-Komersial Kenali Dirimu. Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (Koma Dkv), 2, 483-491.

Oktarini, Surya. 2019. Kekinian Dengan Augmented Reality, Yuk Berkunjung Ke Museum History Of Java. Https://Www.Hitekno.Com/Sains/2019/01/23/2 10000/Kekinian-Dengan-Augmented-Reality-Yu K-Berkunjung-Ke-Museum-History-Of-Java. Diakses Pada 6 Juli 2020 Pukul 22:43 Wib.

Pertiwi, R., Judianto, O., & Fuad, A. (2021, March). Pelatihan Keterampilan Kerajinan Tangan Menggunakan Media Kertas Origami “Pengenalan Alam Dan Binatang” Sebagai Proses Kreatif Siswa/I Kb/Tk Islam Salsabila. In Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 01).

Primadia, Adara. Sejarah Kota Tua Jakarta Dan Perkembangannya. Https://Sejarahlengkap.Com/Bangunan/Sejarah -Kota-Tua-Jakarta. Diakses Pada 23 Juni 2020 Pukul 19:59 Wib.

Putri, Dityatama. 2013. Memahami Elemen – Elemen Dalam Desain.

Rahmawati, Dina. 2020. Cari Tahu Arti Warna Yang Anda Sukai Menurut Psikologi Warna.

Roro. 2020. Kebudayaan Adalah. Https://Voi.Co.Id/Kebudayaan-Adalah/#Ftoc-Hea Ding-4. Diakses Pada 18 Juni 2020 Pukul 19:55 Wib.

Sadik, Ilham Purnama. 2019. Kuliah Desain Swiss Style Desain Minimalis Nan Sederhana. Https://Mediaformasi.Com/2019/09/Kuliahdesain-Swiss-Style-Desain-Minimalis-Nan-Sederha Na/#.Xx1zppgzauu. Diakses Pada 7 Juli 2020 Pukul 00:38 Wib.

Thabroni, Gamal. 2018. Semiotika – Komunikasi Tanpa Kata, Pengertian Simbol Dan Tanda-Tanda. Https://Serupa.Id/Semiotika-Pengertian-Simbol -Dan-Tanda-Tanda/. Diakses Pada 20 Juni 2020 Pukul 19:30 Wib.

Wahyudi, T.(2021). Residensi Seni Rupa Dan Bahasa Indonesia Di Suriname. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas, 7(4), 303-307.

Web Staff Universitas Jambi. 2016. Pengertian Aplikasi. Http://Edel.Staff.Unja.Ac.Id/Blog/Artikel/Penge Rtian-Aplikasi.Html. Diakses Pada 23 Juni 2020 Pukul 19:06 Wib.

Widyastuti, P. A. (2020). Relevansi Mata Kuliah Sejarah Desain Industri Terhadap Proses Kreatif Dunia Industri Produk. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 167-180.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.