PERANCANGAN TAS SOL SEPATU DENGAN KONSEP NEO-MEDIEVAL

Yunniar Ardiani, Putri Anggraeni Widyastuti

Abstract


Dalam era globalisasi, segala hal dapat dilihat sebagai peluang maupun tantangan. Salah satu dampak dari globalisasi yang cukup terasa untuk para pekerja lokal yang berusaha menerjang arus globalisasi dari pengikisan lapangan pekerjaan di Indonesia. Dari dampak globalisasi yang ada dalam sektor ketenaga kerjaan diatas dapat dirasakan dengan jelas dampaknya untuk kalangan industri menengah yang berbasis tradisional yaitu para pekerja sol sepatu keliling. Para pekerja sol sepatu keliling telah ada dari puluhan tahun silam, dengan mengandalkan keahlian dalam mengesol sepatu yang mereka pelajari dari turun menurun dan beregenerasi hingga saat ini. Tukang sol keliling menyediakan jasa memperbaiki sepatu yang dulunya banyak digemari dan digunakan jasanya. Namun seiring perkembangan globalisasi yang telah terjadi, pekerjaan tukang sol sepatu kian memudar keberadaannya. Dengan adanya perancangan sebuah inovasi desain tas baru untuk tukang sol sepatu inilah diharapkan mampu mengangkat kembali pekerjaaan tradisional ini, agar mampu bersaing di era millenial yang serba modern, mudah dan praktis. Tidak hanya sebuah tas biasa namun dibekali dengan konsep Neo-Medieval yang menjadikan sebuah tas yang fungsional dan berkarakter. Tas yang akan memudahkan pekerjaan tukang sol sepatu keliling dalam membawa barang bawaanya. Dan sebagai wajah baru dalam sebuah peluang usaha didalam lingkungan masyarakat dan akan berkembang melalui sebuah wadah digital (online) yang akan menarik minat generasi modern untuk kembali menggunakan jasa dari tukang sol sepatu.

Kata Kunci : tas, sol, sepatu, neo-medieval


Full Text:

PDF

References


A Jamli, Edison (2005). Hakikat Globalisasi. Surya Pratama. Bandung.

Judianto, O., & Hapsari, P. A. (2018). Perancangan Sepatu Wanita Ready To Wear Berbahan Kertas Kraft. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 17(2), 32-35.

Lexy J Moleong (1991:135). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Marpaung, J. V., & Nur, S. M. (2018). Pemodelan Estetika Motif Ulos Ragi Hotang Batak Toba Sebagai Aplikasi Media Dekoratif. Jurnal Rekarupa, 5(1).

Maulana, S. (2020). Perancangan Stool Dengan Sistem Knockdown Bagi Pengunjung Café Jco. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 157-166.

Rochyat, I. G. (2016). Kajian Penerapan Gaya Desain Klasik Pada Kapal Pesiar Buatan Grandbanks Yachts, Sdn. Bhd. Jurnal Inosains, 11(2), 69-79.

Sukmadinata, Nana Syaodih (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Rosdakarya. Bandung.

Sulistyo-Basuki (2006:173). Metode Penelitian. Wedatama Widya Sastra. Jakarta.

Surya, G. G., & Prananta, A. I. (2019, February). Desain Lampu Meja Menggunakan Gaya Desain Fractal Geometric Dengan Mengangkat Kearifan Arsitektur Rumah Adat Minang. In Senada (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 2, Pp. 450-456).

Widyastuti, P. A. (2020). Relevansi Mata Kuliah Sejarah Desain Industri Terhadap Proses Kreatif Dunia Industri Produk. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 167-180.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.