PERANCANGAN VIDEO DOKUMENTASI TARI REOG PONOROGO

Bimas Gema Muhammad, Christophera R Lucius

Abstract


Reog adalah salah satu seni budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Permasalahan yang dibahas adalah terkait pelestarian kebudayaan seni tari reog ponorogo ini. Metode peneltian yang digu-nakan adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data dan wawancara. Untuk mencegah kejadian serupa seperti Indonesia dengan Malaysia maka dari itu harus dibuat adanya pelestarian budaya agar kese-nian reog tetap terjaga dan dapat dilirik oleh seluruh masyarakat khususnya masyarakat mancanegara yang ingin mengetahui kesenian reog ini. Adanya museum yang telah selesai dibuat bisa untuk menjadi tempat pelestarian kesenian reog ini dan juga hampir setiap desa memiliki paguyuban atau kelompok reognya masing-masing. Dari kedua aset tersebut dapat membuat kerjasama untuk membuat suatu program agar bisa melestarikan kesenian ini.

Kata Kunci : Kebudayaan, Reog Ponorogo, Pelestarian

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani. 1997. Media intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ardianto, Elvinaro. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbosa Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro. 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Effendy, Onong Uchjana, 1986. Dimensi Dimensi Komunikasi, Bandung

Fauzi, M. (2017). Perencanaan Pencahayaan Buatan Untuk Ruang Membatik Di Perusahaan Batik Plentong Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas, 4(1), 95-101.

Fuad, A., & Anggraeni, P. (2021). Kajian Karakteristik Visual Pakaian Tokoh Pada Perancangan Buku Cerita Bergambar Sejarah Perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa. Widyakala: Journal Of Pembangunan Jaya University, 8, 25-31.

https://idseducation.com/articles/kenali-berbagai-aliran-dalam-desain-grafis/

https://thegorbalsla.com/pengertian-kebudayaan/

Https://Www.Indonesiakaya.Com/Jelajah-Indonesia/Detail/Reog-Ponorogo

https://www.romadecade.org/pengertian-kebudayaan/

https://www.studiobelajar.com/kebudayaan/

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9.

Lucius, C. R. (2018). KAJIAN KOMPOSISI WARNA BATIK PEKALONGAN STUDI KASUS BATIK PRODUKSI “BATIK OZZY”. Jurnal Inosains, 13(1), 36-41.Hashim, N. A., Muhammad, S. A., Anwar, T. F. T., Zahar, I., & Shuhaimi, N. F. (2021). Public Awareness Of British Pillboxes In Bachok, Kelantan From A Heritage Tourism Perspective. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 6(18), 219-229.

Mustaqim, K., Rabbani, S. A., Surya, G. G., & Agustian, Y. (2021). Design Of Mini Plants With Self-Watering Features Using Environmentally Friendly Materials. Review Of International Geographical Education Online, 11(6), 1355-1367.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Pertiwi, R. (2018). Pemodelan Karaketeristik Papan Tanda Informasi Untuk Ruang Usaha Pengrajin Batik Plentong Di Yogyakarta. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 17(2), 1-5.

Pertiwi, R., Judianto, O., & Fuad, A. (2021, March). Pelatihan Keterampilan Kerajinan Tangan Menggunakan Media Kertas Origami “Pengenalan Alam Dan Binatang” Sebagai Proses Kreatif Siswa/I Kb/Tk Islam Salsabila. In Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 01).

Rakhmat, Jalaludin. 1991. Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Rustan, Surianto, 2014. Layout Dasar & Penerapan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Sadiman, Arief S. dkk . 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT.Raja Grafindo Persada

Safanayong, Yongki. (2006). Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta: ARTE INTERMEDIA.

Sihombing, Danton. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis.

Tan dan Wright. (1991). Lilliweri.

Velintino, T., Marwan, R.H. (2021). Perancangan Video Infografis Sejarah Perjalanan Mata Uang Di Indonesia. Jurnal Inosains, 16(2), 98-106.

Wahyudi, T. (2020). Seniman Mengajar Sebagai Metode Program Pendampingan Psikobudaya Masyarakat. Artchive: Indonesia Journal Of Visual Art And Design, 1(1), 59-71.

Wasil Sarbini, Kusuma Wulandari, S. Sos, M. Si (2014) Kondisi Psikologi Anak Dari Kotler, Philip., dan Gary Armstrong. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi kesembilan. Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Widyastuti, P. A. (2020). Relevansi Mata Kuliah Sejarah Desain Industri Terhadap Proses Kreatif Dunia Industri Produk. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 167-180.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.