PERANCANGAN WEBSITE SISTEM PELACAK PERKEMBANGAN BELAJAR SISWA

Hafid Yusuf, Tri Wahyudi

Abstract


Karya Tugas Akhir ini berisi tentang perancangan website sebagai alat yang digunakan untuk system administrasi sekolah disertai pelacak system perkembangan belajar siswa. Pada Tugas Akhir ini dapat dilihat strategi merancang dan mengeksekusi pembangunan website dari awal. Perancangan website ini juga mempertimbangkan faktor – faktor penting terhadap penggunanya, sehingga dapat diketahui kebutuhan dari setiap warga sekolah yang bersangkutan seperti bagian administrasi atau keuangan, guru, dan juga warga sekolah yang terpenting yaitu murid. Adapun tahapan – tahapan dalam pembuatan website, beberapa diantaranya adalah perancangan konsep, kemudian dilanjut dengan perancangan userflow, user journey, mind mapping, stylescapes, mock up wireframe, user interface building, front end developing, back end developing, dan diakhiri dengan pembelian domain dan hosting. Website yang dibuat menampilkan informasi secara lengkap dan jelas mengenai segala hal yang perlu diketahui dalam hal administrasi sekolah disertai pelacakan perkembangan belajar siswa. Konsep Tugas Akhir ini dijabarkan dalam lima bab dan lampiran yaitu Pendahuluan, Studi Teoritis, Metodologi, Hasil dan Pembahasan, dan diakhiri dengan Penutup.

Kata kunci : perancangan, website, sistem, edukasi


Full Text:

PDF

References


Adi Kusrianto. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Alex Sobur, (2003). Semiotika Komunikasi Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Anggraini, Lia dan Nathalia, Kirana. 2014. Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Nuansa Cendekia.

Anonim. (2010). Arti Warna Dalam Desain Grafis. Diakses pada 06 Januari 2018.

Anwar, N., Swandy, R., Akbar, H., Pambudi, A., Satriawan, A., & Marwan, R. H. (2021). Perancangan Sistem Komunitas Seni Dan Konten Digital Melalui Platform Berbasis Laman. Prosiding Sisfotek, 5(1), 234-238.

Ardianto, Elvinaro, Komala, Lukiati dan Siti Karlinah, Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2007.

Barthes, Roland. (1988). The Semiotics Challenge. New York: Hill and Wang

Blogernas. (2016). Teori Lingkaran Warna Brewster. Diakses pada tanggal 25 Februari 2018.

Christophera R.L, Ahmad. F, Nuryadi. (2020). Tinjauan Kurikulum Pendidikan Seni Dan Desain Di Staatliches Bauhaus Pada Tahun 1919-1933. Jurnal Cakrawala. 20(2). 165-171. Retrieved From Https://Doi.Org/10.31294/Jc.V20i2.9105

Dameria, Anne. 2007. Color Basic: Panduan Dasar Warna untuk Desainer & Industri Grafika. Jakarta: Link dan Match Grafik.

Darmaprawira. (2002). Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaannya. Bandung: ITB.

Dewi, O., Wahyudi, T.H., & Zahar, I. (2020). Perancangan Buku Interaktif Bertema Edukasi Covid-19 Untuk Pembaca Anak Usia 7-9 Tahun. Jurnal Rupaka, 3(1).

Eco, Umberto. (2011). Teori Semiotika. terj. Inyiak Ridwan Muzir. Bantul: Kreasi Wacana Johnson, G.; K. Scholes; and R. Whttington. (2008). Exploring Corporate Strategy, 8th ed. Essex: Pearson Education Limited.

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fauzi, M. (2018).Re-Design Logo Usaha Kecil Menengah Pada Toko Gibran Collection Di Pulang Untung Jawa.Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas, 5(1), 93-97.

Fuad, A., & Susanto, B. (2018). Penggunaan Format Bitmap Dan Vektor Pada Spanduk Warung Makan Pedagang Kaki Lima. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 6(1).

https://www.blogernas.com/2016/07/teori- lingkaranwarnabrewster.html

https://www.selimutmaya.com

Jeprie, Mohammad. 2010. The Art of Typography. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Depok: Rajawali Pers.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2010). Principles of Marketing (Edisi 13). United States of America: Pearson.

Kusmiati, Artini, Pujastuti, Sri, dan Pamudji Suptandar. 1999. Teori Dasar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan.

Lazzari, Margaret dan Schlesier, Dona. 2008. Exploring Art a Global, Thematic Approach. Boston: Cengage Learning.

Lucius, C. R., Imanto, T., & Roespinoedji, D. (2021). Identification Of Old Javanese Food In Serat Chentini Through Visual Storytelling. Review Of International Geographical Education Online, 11(6), 1332-1339.

Mangkoko. (2016). Psikologi Warna-biarkan warna berbicara. Diakses pada tanggal 06 Januari 2018. http://mangkoko.com/ruang- baca/psikologiwarnabiarka-warna-berbicara.

Mulya, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mustaqim, K., Rabbani, S. A., Surya, G. G., & Agustian, Y. (2021). Design Of Mini Plants With Self-Watering Features Using Environmentally Friendly Materials. Review Of International Geographical Education Online, 11(6), 1355-1367.

Notegan-June 19, 2013. http://notegan.blogspot.com/2013/06/model- warna-cmycyan-magenta-yellow.html

Nurudin. (2004). Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Pertiwi, R., Judianto, O., & Fuad, A. (2021, March). Pelatihan Keterampilan Kerajinan Tangan Menggunakan Media Kertas Origami “Pengenalan Alam Dan Binatang” Sebagai Proses Kreatif Siswa/I Kb/Tk Islam Salsabila. In Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 01).

Rustan, Surianto. (2010). Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rustan, Surianto. 2017. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supriyono, Rachmat. (2010). Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Suyanto, M. (2011). Analisis & Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran, Yogyakarta, Andi Offset

Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

W.A. Darmaprawira, Sulasmi, 2002, Warna: Teori dan Kreativitas Penggunanya Bandung: ITB Press.

Wahyudi, T. (2020). Seniman Mengajar Sebagai Metode Program Pendampingan Psikobudaya Masyarakat. Artchive: Indonesia Journal Of Visual Art And Design, 1(1), 59-71.

Widyastuti, P. A., Pertiwi, R., & Huddiansyah, H. (2020). Pelatihan Aplikasi Warna Produk Kreatif Untuk Siswa Sds Dasana Indah – Pemanfaatan Sampah Karet Dalam Pengaplikasian Warna Menggunakan Teknik Cap Pada Tas Blacu. Jurnal Abdimas, 6 (3), Maret 2020

Widyastuti, P. A., Pertiwi, R., & Visual, D. K. (2020). Pelatihan Aplikasi Warna Produk Kreatif Untuk Siswa Sds Dasana Indah–Pemanfaatan Sampah Karet Dalam Pengaplikasian Warna Menggunakan Teknik Cap Pada Tas Blacu.

Y., Hendy. 2009. Belajar Membuat Iklan Sukses. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusril Ibnu Maulana (2019). Prinsip Dalam Desain Layout yang Harus Dipertahankan. Diakses pada tanggal 26 agustus 2019. https://www.portaldekave.site/2019/04/prinsi p-dalam-desain-layout-yang-harus.html.

Zaid Romegar Mair (2018). Teori Dan Praktek Sistem Operasi. Yogyakarta : Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.