PERANCANGAN LAMPU LANTAI BAMBU “NESTOMA” MENGGUNAKAN TREND SVARGA DAN LEGENDA KEONG

Muhammad Ardiansyah Putra, Putri Anggraeni Widyastuti

Abstract


Perkembangan dunia desain melahirkan berbagai kemungkinan inovasi dalam perancangan produk. Tren desain adalah salah satu upaya untuk memberikan pandangan baru dalam memahami perkembangan tersebut. Svarga sebagai iterasi tren desain menawarkan pengalaman memanfaatkan nilai-nilai budaya sebagai bahan perancangan. Seperti pada perancangan lampu ini, yang menggunakan metafora dengan metode abstraksi dan stilasi pada cerita rakyat Keong Mas. Dengan memadukan teknik laser grafir pada permukaan bambu hitam dan pengolahan abstraksi terinspirasi dari bentuk cangkang keong mas menjadikan perancangan lampu ini sesuai untuk waktu keluarga bersantai di rumah. Sehingga cerita Keong Mas yang mendasari perancangan ini dapat diserap sepenuhnya baik dalam visual maupun perseptual. Unsur-unsur formalistik yang terdapat pada produk ini juga ditampilkan untuk mendukung nilai-nilai yang dikandung dan dibawa oleh perancangan dan penelitian ini.

Kata Kunci : Bambu, Lampu Lantai, Legenda Keong Mas, Perancangan, Trend Svarga


Full Text:

PDF

References


Ave, Joop, “Grand Batik Interiors”, BAB Publishing Indonesia, 2007

Damayantie, I., & Judianto, O. (2020). Kajian Fungsi “Easy Side Table” Pada Ruang Belajar Dengan Lahan Terbatas. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 20(2), 153-158.

Histori.id, “Legenda Keong Mas”. https://histori.id/legenda-keong-mas/

Indonesia Trendforecasting. . “Indonesia Trendforecasting, Svarga : Impulse Book”. BEKRAF 2018

Indonesia Trenforecasting. “Indonesia Trendforecasting, Svarga : Product Design Book”. BEKRAF, 2018

Infobatik, “ Batik Gumelem Motif Keong Mas”, https://infobatik.id/batik-gumelem-klasik-motif-keong-mas/

Lorenza Bozzoli Milano, “ Couture Pouf de la Catalogue”. Lorenza Bozzoli, 2018

Marpaung, J. V., Fauzi, M., & Prastyani, D. (2021). Redesign Woodeco Stool. Journal Of Applied Science (Japps), 3(2), 037-047.

Masri, Andri, “Strategi Visual". Jalasutra, 2010

Maulana, S. (2020). Perancangan Stool Dengan Sistem Knockdown Bagi Pengunjung Café Jco. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 157-166.

Okada, Koichiro, “Master Of Bamboo : Japanese Baskets and Sculpture from The Cotsen Collection”, Imago, 2007

Rochyat, I. G. (2016). Kajian Penerapan Gaya Desain Klasik Pada Kapal Pesiar Buatan Grandbanks Yachts, Sdn. Bhd. Jurnal Inosains, 11(2), 69-79.

Surya, G.G. (2017). Penyuluhan Aplikasi 3 Dimensi Berbasis Modeling Dan Rendering Untuk Pendidikan Yang Kreatif Pada Sekolah Dasar Islam Al-Chasanah. Jurnal Abdimas, 4(1), 102-111.

Widyastuti, P. A. (2020). Relevansi Mata Kuliah Sejarah Desain Industri Terhadap Proses Kreatif Dunia Industri Produk. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 167-180


Refbacks

  • There are currently no refbacks.