PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI LAPANGAN MUSEUM SEJARAH JAKARTA (KOTA TUA)

Syifa Puspita, Ratih Pertiwi

Abstract


Kota Tua Jakarta dikenal sebagai tempat wisata yang murah dan mudah di akses dengan berbagai moda transportasi. Objek yang menjadi ciri khas dari Kota Tua Jakarta adalah meriam jagurnya yang berlokasi di area Lapangan Museum Kota Tua. Hal ini yang mendasari penulis dalam pembuatan karya aplikasi yang bertemakan Batavia. Dalam penciptaan karya atau dikenal dengan tahap produksi, dilakukan setelah pemetaan pikiran atau pra produksi diiringi dengan revisi yang penulis dapatkan dari dosen pembimbing tugas akhir. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi berbasis android dengan teknologi augmented reality, menggunakan objek meriam jagur sebagai objek utama pengambilan gambar. Aplikasi ini disertai dengan photo filter dan artikel – artikel yang didapatkan dari website resmi DKI Jakarta dan juga dari blog referensi. Gaya desain sudah ditentukan oleh penulis dengan bimbingan dan arahan dari dosen pembimbing. Dan tahap akhir pasca produksi yakni karya yang sudah disetujui oleh dosen pembimbing. Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mendukung dan memenuhi program mata kuliah Skripsi / Tugas Akhir.

Kata kunci : aplikasi android, photo filter, meriam, Batavia, Kota Tua Jakarta


Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Boyd, Harper W. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua, Jakarta: Erlangga.

Ebdi, Sadjiman S. 2009. Nirmana: Elemen-Elemen Seni Dan Desain (Edisi Ke 2). Yogyakarta: Jalasutra.

Everett M Rogers & Lawrence Kincaid. 1981. Communication Network: Towards A New Paradigm For Research. Usa: Free Press.

E-file Studylib Universitas Pendidikan Indonesia. 2018. Komunikasi. https://studylibid.com/doc/969628/komunikasi---direktori-file-upi. Diakses pada 20 Juni 2020 pukul 21:44 WIB.

E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta. 2019. Bab 2 Hakekat Desain Komunikasi Visual. http://e-journal.uajy.ac.id/7103/3/2TA132 62.pdf. Diakses pada 20 Juni 2020 pukul 19:37 WIB.

E-Library Universitas Komputer Indonesia. 2019. Bab 2 Pembahasan. https://elib.unikom.ac.id/files/disk 1/709/jbptunikompp-gdl- sandysepti-35442-6-10_uniko- i.pdf . Diakses pada 20 Juni 2020 pukul 20:28 WIB.

Ensiklopedia Jakarta. 2017. Kota Tua Jakarta. https://jakarta.go.id/artikel/konten/ 2113/kota-tua-jakarta. Diakses pada 22 Juni 2020 pukul 20:39 WIB.

Fauzi, M. (2020, March). Desain Pillow Mask Sebagai Fasilitas Kesehatan Bagi Mahasiswa Pekerja Paruh Waktu. In Senada (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 3, Pp. 418-423).

Haryanto, Ignatius. 2006. Indonesia Raya Dibredel!. Yogyakarta: Lkis.

Hashim, N. A., Muhammad, S. A., Anwar, T. F. T., Zahar, I., & Shuhaimi, N. F. (2021). Public Awareness Of British Pillboxes In Bachok, Kelantan From A Heritage Tourism Perspective. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 6(18), 219-229.

Hermawan, Dkk. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: Upi Press.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia Jilid Satu. Jakarta: Prentice Hall.

Lucius, C. R., & Fuad, A. (2017, December). Coloring Your Information: How Designers Use Theory Of Color In Creative Ways To Present Infographic. In Iop Conference Series: Materials Science And Engineering (Vol. 277, No. 1, P. 012044). Iop Publishing.

Lucius, C. R., Imanto, T., & Roespinoedji, D. (2021). Identification Of Old Javanese Food In Serat Chentini Through Visual Storytelling. Review Of International Geographical Education Online, 11(6), 1332-1339.

Mulyani, E.Y., Azizah, A.H., & Lucius, C.R. (2021). Pemberdayaan Bidan Dalam Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Gizi Dan Kesehatan Dimasa Pandemik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas. 8(2). 95-106.

Mustaqim, K., Rabbani, S. A., Surya, G. G., & Agustian, Y. (2021). Design Of Mini Plants With Self-Watering Features Using Environmentally Friendly Materials. Review Of International Geographical Education Online, 11(6), 1355-1367.

Nafisah, Syifaun. 2003. Grafika Komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pertiwi, R., Damayantie, I., Sitasi, C., & Ratih, P. (2020). Kajian Estetika Warna Papan Tanda Informasi Pada Restoran Tuttonero Di Jakarta Barat. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 20(2), 147-152.

Pertiwi, R., Judianto, O., & Fuad, A. (2021, March). Pelatihan Keterampilan Kerajinan Tangan Menggunakan Media Kertas Origami “Pengenalan Alam Dan Binatang” Sebagai Proses Kreatif Siswa/I Kb/Tk Islam Salsabila. In Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 01).

Piliang, Yasraf Amir. 1998. Mizan Pustaka. Sebuah Dunia Yang Dilipat: Realitas Kebudayaan Menjelang Milenium Ketiga Dan Matinya Posmodernisme.

Roger S. Pressman. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.

Shannon, Calude And Weaver. 1949. The Mathematical Theory Of Communication.

Sistaningrum, Widyanintyas. 2002. Manajemen Penjualan Produk. Jakarta: Kanisius

Surianto Rustan, S. Sn,. 2009. Layout Dasar Dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia.

Tan Dan Wright. 1991. Lilliweri.

Velintino, T., Marwan, R.H. (2021). Perancangan Video Infografis Sejarah Perjalanan Mata Uang Di Indonesia. Jurnal Inosains, 16(2), 98-106.

Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa Edisi 8. Jakarta: Kencana 2010.

Wahyudi, T. (2021). Hibriditas Kebudayaan Jawa Suriname Pada Alat Musik Gamelan. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(2), 115-124.

Widyastuti, P. A., Pertiwi, R., & Huddiansyah, H. (2019, February). Peran Digitalisasi Dalam Fenomena Perubahan Produk Cosplay Buatan Cosmaker Pada Industri Cosplay Indonesia. In Senada (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 2, Pp. 272-278).

Greene, Randy. 2017. 7 THINGS YOU DIDN’T KNOW ABOUT INDONESIA.https://www.englishfirst.com/blog/teaching-in-indonesia/7-things- didnt-know-indonesia. Diakses pada 20 Juni 2020 pukul 22:23 WIB.

Nationsonline. 2020. Indonesia. https://www.nationsonline.org/on eworld/indonesia.htm. Diakses pada 18 Juni 2020 pukul 20:39 WIB.

Rahmawati, Dina. 2020. Cari Tahu Arti Warna yang Anda Sukai Menurut Psikologi Warna. https://www.sehatq.com/artikel/art i-warna-menurut-psikologi- warna#:~:text=Psikologi%20warn a%20adalah%20istilah%20yang,%2C%20emosi%2C%20dan%20p erilaku%20manusia. Diakses pada 11 Juni 2020 pukul 20:48 WIB.

Roro. 2020. Kebudayaan adalah. https://voi.co.id/kebudayaan- adalah/#ftoc-heading-4. Diakses pada 18 Juni 2020 pukul 19:55 WIB.

Thabroni, Gamal. 2018. Semiotika – Komunikasi tanpa Kata, Pengertian Simbol dan Tanda- tanda. https://serupa.id/semiotika- pengertian-simbol-dan-tanda- tanda/. Diakses pada 20 Juni 2020 pukul 19:30 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.