HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP USTADZ DENGAN MOTIVASI MENGIKUTI KAJIAN DI MAJELIS TA’LIM NURUL IMAN BLOK M SQUARE JAKARTA SELATAN

Tia Listiani, Sulis Mariyanti, Safitri M

Abstract


Majelis Ta’Lim adalah salah satu kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di Masjid secara rutin dengan jamaah yang relatif banyak, dan bertujuan membangun kedekatan dengan Allah SWT serta menambah pengetahuan agama Islam. Jamaah kajian yang rutin mengikuti kegiatan datang dengan motivasi yang berbeda-beda. Salah satunya terkait dengan penilaian atau persepsi terhadap ustadz pemateri. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap ustadz dengan motivasi mengikuti kajian. Metode: . Penelitian ini bersifat kuantiatif korelasional dengan teknik nonprobability sampling yang melibatkan 100 responden. Instrument alat ukur yang digunakan ialah skala alat ukur persepsi dengan 33 aitem valid dan koefisien  reliabilitas  (α) = 0,924, serta skala alat ukur motivasi dengan 28 aitem valid dan koefisien reliabilitas (α) = 0,915. Hasil: Didapatkan nilai keofisiensi (r) sebesar 0,489. Artinya hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan positif signifikan antara persepsi terhadap ustadz dengan motivasi mengikuti kajian di Majelis Ta’Lim Nurul Iman Blok M Square. Kontribusi persepsi jamaah terhadap ustadz sebesar 23,9% yang mempengaruhi motivasi mengikuti kajian. Persepsi jamaah terhadap ustadz pemateri lebih banyak yang positif (51%) dan motivasi jamaah dalam mengikuti kajian lebih banyak yang tinggi (54%). Terdapat temuan lainnya pada penelitian ini, yaitu jamaah yang memiliki motivasi tinggi mengikuti kajian adalah pertimbangan materi kajian dan ustadz pemateri, serta jamaah yang dengan kemauan sendiri dan dorongan pasangan juga menjadi yang paling memotivasi kehadiran jamaah.

 

Kata kunci: Majelis Ta’Lim, Persepsi, Motivasi.


Full Text:

PDF

References


Amsari, D., & Mujiran. (2018). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basic Education, 2(2), 52–60.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. (Ed.II). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Felicia, S. (2019). Gambaran Persepsi Terhadap Perceraian Pada Perempuan Single Dewasa Awal Yang Memiliki Orang Tua Bercerai (Skripsi). Universitas Esa Unggul.

Herawati. (2010). Motivasi Jamaah dalam Pengajian Tuan Guru H. Abdul Karim di Handil Kandangan Desa Tamban Kecamatan Kapuas Kuala Kabupaten Kapuas (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Antasari.

Hidayah, S. N. (2009). Pengaruh majelis ta’lim terhadap peningkatan religiusitas masyarakat desa tanjung kecamatan kedamean kabupaten gresik (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.

Indrajed, A. (2009). Motivasi Masyarakat Dalam Mengikuti Kajian Di Majelis Ta’Lim Pondok Pesantren Metal Rejoso Pasuruan (Skripsi). Universitas Islam Negeri Malang.

Ningsih, D. A. (2015). Hubungan persepsi siswa terhadap kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa di sekolah dasar negeri srengseng sawah 07 pagi jakarta (Skripsi). Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatuallah.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Nurkholis, M. (2016). Hubungan Antara Persepsi Tentang Suasana Pembelajaran Dengan Motivasi Belajar PAI Pada Siswa SD Negeri Blunyahrejo Yogyakarta (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Kalijaga Yogyakarta.

Putro, G. R. H. (2016). Hubungan antara Persepsi Terhadap Kompensasi dengan Motivasi Kerja pada Guru SLB Negeri 01 Bantul Yogyakarta. Journal of Education, 13 (1).

Rozali, Y. A. (2008). Perbedaan motivasi belajar ditinjau dari pembelajaran berbasis pengalaman (studi pada mahasiswa kelas psikometri, Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul). Jurnal Psikologi Esa Unggul, 11(02), 126291.

Sugiyono, P. D. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi. (2013). The Science Of Motivation Kitab Motivasi. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Trisnawati, I., Mudayen, Y. V., & Paliviana, D. A. (2017). Hubungan Persepsi Dengan Motivasi Untuk Studi Lanjut S2 Kebidanan. Journal of Health Studies, 1(2), 161–167.

Uno B, H. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Askara.

Viana, H. T. (2017). Hubungan antara Persepsi terhadap Lingkungan Kerja dengan Motivasi Kerja pada Pegawai Balaikota Surakarta (Skripsi). Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Yusra, R. (2015). Hubungan Religiusitas Orang Tua Dengan Trus Menyekolahkan Anak Ke SD IT Di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.