GAMBARAN PENYESUAIAN AKADEMIK MAHASISWA DALAM MENGHADAPI KELAS ONLINE UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA

Muhammad Syahid, Yuli Asmi Rozali

Abstract


Di tengah mewabahnya virus Covid-19 seluruh mahasiswa Universitas Esa Unggul melakukan pembelajaran mata kuliah tatap muka di lakukan dengan metode kuliah online. Banyak yang memiliki hambatan dalam perkuliahan online karena tidak semua mahasiswa mengerti cara mengakses kuliah online, namun sistem kuliah online memiliki dampak untuk beberapa mahasiswa yaitu keefektifan dalam pembelajaran  berkurang karena tidak mendapatkan penjelasan secara langsung dari dosen sehingga mengalami kesulitan memahami materi di kuliah online, mahasiswa di haruskan mendapat akses internet setiap minggunya, sistem kuliah online yang sering error, tuntutan tugas yang  lebih banyak dan kesulitan berdiskusi secara langsung yang tidak seperti biasa mereka lakukan di kelas. Sehingga, dibutuhkan penyesuaian akademik. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran penyesuaian akademik. Metode: Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dengan teknik Accidential Sampling, Sampel penelitian berjumlah 100 responden, dengan rentang validitas (r) = 0,733 - 0,994. Alat ukur penyesuaian akademik yang valid sebanyak 20 aitem dengan nilai koefisian realibilitas (α) = 0,974. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa Universitas Esa Unggul lebih banyak yang memiliki penyesuaian akademik yang tinggi 56%, dari yang rendah 44%, dan dimensi dominanya adalah prestasi. Mahasiswa dengan jenis kelamin perempuan, usia 22 tahun, angkatan 2016, fakultas Ekonomi paling banyak memiliki penyesuaian akademik tinggi. Sedangkan  mahasiswa berjenis kelamin laki-laki, usia 28 tahun, angkatan 2019 dan fakultas Hukum paling banyak memiliki penyesuaian akademik rendah.

 

Kata kunci: Penyesuaian akademik, Kelas online, Mahasiswa 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.