PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP SELF-DISCLOSURE PADA PENGGUNA INSTAGRAM

Isna Waasi, Mariyana Widiastuti, Safitri Safitri

Abstract


Manusia perlu berinteraksi dan menjalin hubungan sosial dengan yang lain. Komunikasi dapat dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Internet merupakan media yang membantu manusia dalam berkomunikasi. Aplikasi internet yang banyak digunakan oleh masyarakat salah satunya ialah Instagram yang berfungsi sebagai sarana bersosialisasi. Melalui Instagram seseorang dapat mengungkapkan dirinya tentang hal-hal personal maupun impersonal. Salah satu faktor yang mempengaruhi self-disclosure adalah tipe kepribadian. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian terhadap self-disclosure pada pengguna Instagram. Metode penelitian ini adalah kuantitatif kausalitas, teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan jenis purposive sampling, dengan sampel 100 pengguna Instagram di Indonesia. Metode: Alat ukur tipe kepribadian dengan 37 aitem valid dan  nilai koefisien reliabilitas (α) 0,909 dan alat ukur self-disclosure dengan  34 aitem valid dan  nilai koefisien reliabilitas (α) 0,951. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan kepribadian pengguna Instagram lebih banyak yang introvert (54%) dan analisa One Way ANOVA menunjukkan ada perbedaan signifikan, jadi ada pengaruh tipe kepribadian terhadap self-disclosure pada pengguna Instagram. Self-disclosure pengguna Instagram sama banyak yang tinggi dan rendah (50%). Pengguna Instagram usia remaja akhir, laki-laki, menggunakan Instagram untuk membahas pekerjaan (75%), memiliki tipe kepribadian ekstrovert paling banyak pada katagori self-disclosure tinggi

 

Kata kunci: tipe kepribadian, self-disclosure, pengguna Instagram


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.