GAMBARAN EFIKASI DIRI PADA SISWA YANG MENGIKUTI PELATIHAN INDONESIA GARMENT TRAINING CENTER (IGTC) DALAM PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Jessie Jessieca Laura Laurensia, Yuli Asmi Rozali

Abstract


Memiliki keahlian berbahasa Inggris sangat diperlukan bagi siswa-siswi yang akan mengikuti pelatihan di Indonesia Garment Training Center (IGTC). Dan untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris dibutuhkan salah satunya adalah efikasi diri. Dengan memiliki efikasi diri, maka siswa pelatihan akan merasa yakin dalam kemampuannya mempelajari pelajaran bahasa Inggris. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran efikasi diri pada siswa yang mengikuti pelatihan di IGTC. Metode: Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat non-eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan jenis teknik sampling, yaitu sampel jenuh yang berjumlah 76 siswa yang mengikuti pelatihan di IGTC. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner dari skala efikasi diri dengan reliabilitas (α) = 0,970 dan aitem valid sebanyak 32. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pelatihan di IGTC yang mempunyai efikasi diri rendah (52,6%) lebih banyak daripada siswa yang mengikuti pelatihan di IGTC yang mempunyai efikasi diri tinggi (47,4%). Dari analisis Z-Score diperoleh hasil aspek paling dominan, yaitu aspek generality (42%). Temuan dalam penelitian ini adalah pengalaman kursus bahasa Inggris sebelumnya tidak meningkatkan efikasi diri pada siswa pelatihan di IGTC.

 

Kata kunci: efikasi diri, siswa, IGTC.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.