GAMBARAN CELEBRITY WORSHIP PADA SUPORTER SEPAK BOLA
Abstract
Seiring dengan banyaknya masyarakat yang gemar dengan olahraga sepak bola, membuat olahraga ini menjadi sangat popular. Eksistensi olahraga ini juga tidak luput dari adanya dukungan suporter sepak bola maupun para atletnya sendiri. Atlet sepak bola yang memiliki bakat dan hal lain yang dapat menarik perhatian dapat membuat individu suporter melakukan celebrity worship. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran celebrity worship berdasarkan tingkatan atau dimensi dan mengetahui gambaran celebrity worship berdasarkan data penunjang pada suporter sepak bola. Metode: Metode pada penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif yang sifatnya non-eksperimental. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Alat ukur celebrity worship 34 aitem valid dan koefisien reliabilitas (α) 0,954. Hasil uji z-score dengan dimensi dominan adalah sebagai alat analisis pada penelitian ini. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa suporter sepak bola berada paling banyak pada tingkatan borderline pathological, dan paling sedikit berada pada tingkatan intense personal. Suporter sepak bola berjenis kelamin laki-laki, usia dewasa madya, pendidikan terakhir SMP, dan suporter sepak bola yang menonton pertandingan bola sendiri berada paling tinggi pada tingkat borderline pathological. Sedangkan suporter dengan pendidikan terakhir S1 paling banyak melakukan celebrity worship pada tingkat entertainment social.
Kata kunci: Celebrity worship, Suporter, Sepak bola
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.