GAMBARAN KEPUASAN HIDUP PADA ATLET E-SPORT
Abstract
E-sport i(Electronic iSport) imerupakan iolahraga iyang imulai idigemari ioleh ikebanyakan iorang idi iseluruh idunia ibahkan imemberikan iharapan imasa idepan. iNamun, idemikian idengan irutinitas ilatihan, iminimnya iinteraksi idengan idunia iluar, iserta ituntutan iuntuk imenunjukkan iperforma iterbaik idapat imempengaruhi ikepuasan ihidup ipara iatlet iE-Sport. Tujuan: itujuan ipenelitian iini iadalah iuntuk imengetahui igambaran ikepuasan ihidup ipada iatlet iE-Sport. Metode: iMetode ipenelitian iyang idigunakan iadalah ikuantitatif ijenis ideskriptif, iteknik ipengambilan isampel inon iprobability isampling idengan iPurposive isampling. iSubjek ipenelitian iini iadalah i100 iatlet iE-Sport. iAlat iukur ikepuasan ihidup iberdasarkan iteori iDiener i(1984), idengan i26 iaitem ivalid idan ikoefisien ireliabilitas i0,933. Hasil: iHasil ipenelitian imenunjukkan ilebih ibanyak iatlet iyang imemiliki itingkat ikepuasan ihidup itinggi i57%. iDimensi ikepuasan iterhadap ikehidupan idimasa idepan ipaling ibanyak ipada ikepuasan ihidup itinggi i(80,6%), idan ikepuasan ihidup idimasa ilalu ipaling ibanyak ipada ikepuasan ihidup irendah i(60%). iAtlet iE-Sport idewasa iawal iberjenis ikelamin ilaki-laki i(58,1%), ipendapatan i5.000.000 i– i7.000.000 idan i> i10.000.000 i(65%), idurasi iberlatih i16-24 ijam i(76,5%) idan iikut iturnamen i> i10 ikali i(61 i%) ilebih ibanyak imemiliki ikepuasan ihidup itinggi. iAtlet iE-Sport idewasa iawal idengan ipendapatan i3.000.000 i– i5.000.000 i(55,3%), idurasi iberlatih i10-15 ijam i(54,2%) idan iikut iturnamen i< i8 ikali i(100%), ilebih ibanyak imemiliki ikepuasaan ihidup irendah.
Kata kunci: iE-Sport, iAtlet, iKepuasan ihidup
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.