GAMBARAN SELF-EFFICACY MAHASISWA PESERTA KULIAH ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Abstract
Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun ini telah berdampak ke berbagai bidang di Indonesia salah satunya bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan salah satunya adalah proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi yang mengalami perubahan menjadi perkuliahan online, dan mahasiswa yang melaksanakan kuliah online dituntut memiliki self-efficacy. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran self-efficacy mahasiswa peserta kuliah online pada masa pandemi Covid-19 di Universitas Esa Unggul. Metode: Metode penelitian ini kuantitatif deskriptif, sampel sebanyak 100 mahasiswa Universitas Esa Unggul yang melaksanakan kuliah online pada masa pandemi Covid-19, teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan jenis accidental sampling. Alat ukur self-efficacy dengan 51 aitem valid dan = 0,959. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan self-efficacy mahasiswa peserta kuliah online pada masa pandemi Covid-19 di Universitas Esa Unggul lebih banyak yang memiliki self-efficacy rendah (54%), dan dimensi dominan self-efficacy adalah generality (39%), dimana dimensi generality dan strength lebih banyak memiliki self-efficacy rendah, dimensi level lebih banyak pada kategori self-efficacy tinggi. Mahasiswa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, tinggal bersama orang tua, dipengaruhi oleh pengalaman kesuksesan dan kegagalan teman yang mengikuti kuliah online, keyakinan dirinya dipengaruhi oleh kondisi emosional lebih banyak memiliki self-efficacy rendah. Sedangkan mahasiswa yang tidak tinggal bersama orangtua, keyakinan dirinya tidak dipengaruhi oleh pengalaman kesuksesan dan kegagalan teman yang mengikuti kuliah online, tidak dipengaruhi oleh kondisi emosional lebih banyak memiliki self-efficacy tinggi.
Kata kunci: Kuliah online, Mahasiswa, Pandemi Covid-19, Self-efficacy
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.