PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA TUNARUNGU

Fithria Mardiana, Yuli Asmi Rozali

Abstract


Remaja tunarungu adalah remaja yang mengalami kerusakan pada indera  pendengarannya. Sebagai remaja tunarungu juga memiliki tugas perkembangan yang sama dengan remaja lainnya yaitu menjalin relasi dengan lingkungannya namun adanya keterbatasan untuk melakukan komunikasi untuk berelasi agar memiliki penyesuaian sosial yang baik.. Untuk memenuhi tugas perkembagannya tersebut dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya pola asuh dari orang tua.. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh terhadap penyesuaian sosial pada remaja tunarungu. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif yang berjenis kausal komparatif dengan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel 94 remaja tunarungu. Alat ukur yang digunakan adalah skala penyesuaian sosial dengan reliabilitas (α)=0,920 denga 24 aitem valid dan skala pola asuh dengan reliabilitas (α)=0,882 dengan 23 aitem valid. Hasil uji one way anova diketahui bahwa terdapat pengaruh pola asuh terhadap penyesuaian sosial ((p)=0,000;(p)<0,05) artinya, hipotesis diterima. Diketahui juga pola asuh otoritatif memiliki peluang besar dalam mempengaruhi penyesuaian sosial. Tipe pola asuh yang mendominasi adalah tipe otoritatif (37,2%)  dibandingkan dengan tipe permisif (27,7%) atau otoriter (35,1%).

 

Kata kunci : Pola asuh, penyesuaian sosial, remaja tunarungu


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bee, H., & Boyd, D. (2004). The developing child. 〖10〗^th ed. America: Pearson Education.

Dariyo, A. (2002). Psikologi perkembangn remaja. Penerbit : Ghalia indonesia

Dewi, L. S. (2017). Pengaruh adversity intelligence terhadap penyesuaian sosial pada penguna narkoba suntik yang mengikuti program terapi rumatan metadon (PTRM). (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul.

Hernawati, T. (2007). Pengembang kemampuan berbahasa dan berbicara anak tunarungu. Vol. 7 No. 1 Juni, hlm 101-110. Jurnal Psikologi, Universitas Pendidikan Indonesia.

Hetherington,E.M.,& R.D.Parke.1993. Child Psychology : A Contempory View Point (4^th ed) Singapore : Mc Graw-Hill,Inc.

Hurlock, E.B. (1980). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Istiwidayanti & Soedjarwo, Penerjemah). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kemendikbud. (2016). Data Statistik Sekolah Lur Biasa 2016/2017. Diambil dari : http://publikasi.data.kemdikbud.go.id.

Maslilah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkunan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Vol. 10(2) Oktober 2011. Jurnal Psikologi, Universitas Pendidikan Bandung, Jawa Barat.

Masruroh, L. (2016). Pengaruh pola asuh dan harga diri terhadap penyesuaian sosial pada mahasiswa baru UIN Maliki Malang. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mensah, Konnie. M., & Alfred. (2013). Influence of parenting style on the social development of children. Vol. 2 No.3 November 2013. Academia Journal of Interdisciplinary Studies, Faculty of Education, Ctaholic University of Ghana, Italy.

Nisfiannoor, M. (2009). Pendekatan statistika modern untuk ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Nodia, F. (2017, 4 Maret). Angkie Yudistia: Inspiratif! Tunarungu yang sukses jadi CEO. Suara.com. Diakses dari : http://www.suara.com/lifestyle/inspiratif-angkie-yudistia-tuna-rungu-yang-sukses-jadi-ceo.

Novasari, T., & Suwanda, I.M. (2016). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial (studi pada siswa kelas X SMKN 5 Surabaya). Vol. 03 No. 04 thn 2016. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Papalia, D.E., Olds, S.W., Feldman, R.D. (2014). Human development, (edisi 10). Jakarta : Salemba Humanika.

Putri, A. M. (2017). Pengaruh gaya Pengasuhan orang tua terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa kelas reguler Universitas Esa Unggul Kebon jeruk – Jakarta. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Putri. R.B.L., Umari. T., & Rosmawati. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial (siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pekanbaru). Vol. 4 No.2. Jurnal Bimbingan Konseling, Universitas Riau.

Rahman, P. L., & Yusuf, E. A. (2012). Gambaran pola asuh orang tua pada masyarakat Pesisir pantai. Predicara, 1(1), 21-36.

Rozali, Y. A. (2008). Perbedaan motivasi belajar ditinjau dari pembelajaran berbasis pengalaman (studi pada mahasiswa kelas psikometri, Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul). Jurnal Psikologi Esa Unggul, 11(02), 126291.

Santrock, J. W. (2011). Masa perkembangan anak. (Verawaty Pakpahan & Wahyu Anugraheni, Penerjemah). Jakarta: Salemba Humanika.

Santrock, J.W. (2003). Adolescence perkembangan remaja. (Penerjemah : Shinto B. Adelar dan Sherly Saragih). Jakarta : Erlangga

Santrock, J.W. (2014). Psikologi pendidikan (Harya Bhimasena, Penerjemah). Jakarta: Salemba Humanika.

Scheneider, A. (1960). Personal adjusment and mental health. NewYork : Holt, Rinehart &Winston.

Solikhatun, Y.U. (2013). Penyesuaian sosial pada penyandang tunarungu di SLB Negeri Semarang. EPJ 2 (1) (2013). Jurnal pendidikan psikologi. Fakultas Psikologi, Universitas Semarang.

Spera, C. (2005). A review of the relationship among parenting practices, parenting style, and adolescent school achievement. Educational Psychology Review, 17(2), 125-146.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiani. (2008). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan penyesuaian sosial siswa kelas 1 SMKN2 Malang. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Suparno. (2007). Pendidikan anak berkebutuhan khusus. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2012. Diakses dari : https://rehsos.kemsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=1890.

Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Utami, R.T. (2009). Hubungan antara dukungan orang tua dengan keperecayaan diri pada remaja tunarungu (Penelitian Pada Peserta didik SLB-B YPPALB Kota Magelang).

Vebrinina, V. (2008). Hubungan antara persepsi dukungan keluarga dengan optimisme masa depan pada remaja tunarungu. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wasito, D.R., Sarwindah, D., dan Sulistiani, W. (2010). Penyesuaian sosial remaja tunarungu yang bersekolah di sekolah umum. Vol.12, No.03 Pebruari 2012. Jurnal Psikologi: Teori & Terapan. Fakultas Psikologi, Universitas Hangtuah Surabaya.

Winarsunu, T. (2002). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang: UMM Press.

Woolfolk, A. (2009). Educational psychology active learning edition. (Penerjemah : Helly Prajitno dan Sri Mulyantini). Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Wulandari, Y. (2016). Pengaruh kepercayaan diri terhadap peyesuaian sosial penyandang tuna daksa di balai rehabilitasi terpadu penyendang disabilitas (BRTPD) Bantul Yogyakarta Tahun 2016. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.