PERANCANGAN KURSI BELAJAR UNTUK ANAK AUTISME DI RUANG KELAS SDLB ANANDA MANDIRI BEKASI (CHIO CHAIR)

Syifa Sakinah, Indra Gunara Rochyat

Abstract


Autis yaitu anak yang dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya mengalami kelainan atau penyimpangan fisik, mental, intelektual, sosial, dan emosional berbeda dengan anak normal. Untuk memberikan pendidikan yang berkualitas, diperlukan sarana dan prasarana yang sesuai bagi anak penyandang autisme. Pada sekolah yang khusus untuk menangani anak autis sekarang, sarana kursi belajar yang digunakan kurang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak autis. Tujuan yang ingin dicapai dalam perancangan kursi belajar anak autis yaitu untuk membantu anak dan pembimbing melaksanakan proses belajar dengan mempertimbangkan beberapa faktor yaitu keamanan, kenyamanan, dan keoptimalan proses belajar. Dalam prosesnya dengan adanya metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang dilakukan di SDLB Ananda Mandiri, Perencanaan dan perancangan yang sudah dilakukan diantaranya pengumpulan data, analisis data, konsep desain, alternatif desain, pengembangan desain dari alternatif terpilih, serta desain akhir. Didapatlah hasil akhir dari Perancangan kursi belajar untuk anak penyandang autisme dengan menginovasikan produk kursi belajar yang mengedepankan aspek keamanan dan kenyamanan, serta penambahan sabuk pengaman untuk anak autis yang hyperactive dan ketika terjadi tantrum pada saat proses belajar sedang dilakukan. Kursi belajar ini mengambil warna yang hangat dan ide bentuk dari brachiosaurus, hewan ini dipilih karena bentuk fisik dari brachiosaurus ini terlihat sangat kuat dan kokoh sehingga melalui perancangan ini diharapkan eksistensi produk kursi belajar dapat memenuhi kenyamanan dan keamanan pada anak autism.

Kata Kunci : Autisme, Kursi Belajar, Brachiosaurus, Tantrum, Keamanan dan Kenyamanan, Perancangan.


Full Text:

PDF

References


(https://www. fitri-m-a- fisip.web.unair.ac.id).

Achmad, Rifa’i. Konsep Pembelajaran (2012; hal. 157-159)

Adrian Priyatna. 2010. Let’s End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ali Nugraha, Warna (2008: hal. 34) Darma Prawira, Sulasmi. (1989). Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain. Hal. 31

Ali Nugraha, Warna (2008: hal. 35) Haygreen, J.G dan J.L. Bowyer. 1989. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu, Suatu Pengantar. Diterjemahkan oleh Dr. Ir. Sutjipto A. Hadikusumo. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Aqila Smart, Anak Cacat Bukan Kiamat, (Yogyakarta: Kata Hati, 2010), hlm. 57. Nurhalim,K. Strategi Pembelajaran Anak Autis, (2014; hal. 25).

Azwandi, Yosfan (2005) Mengenai dan Membantu Penyandang Autisma, Jakarta: Depdiknas.

Bandi Delphie, Pendidikan Anak Autis, (Yogyakarta: Intan Sejati Klaten, 2009), hlm. 93-94.

Book of Design Reference Standars. Whitney Library of Design. 1979. inulingga, Sukaria. 2011. Metode Penelitian. Medan: USU Press.

Bridger, R.S. 2003. Introduction to Ergonomics Wignjosoebroto, S,2000. Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja.

Buku Pedoman Penanganan dan Pendidikan Autisme YPAC, hal: 9 – 11 Mirza Maulana, Anak Autis (Jogjakarta: Ar-Rruz Media Group. 2010), hlm. 11. Mirza Maulana, Anak Autis (Jogjakarta: Ar-Rruz Media Group. 2010), hlm. 12. Noer Rohmah, Psikologi Pendidikan …, hlm. 116.

Dumanauw, JF. 1982. Mengenal Kayu, Penerbit PT Gramedia, Jakarta

Ebdi Sanyoto, Sadjiman, Drs. (2005) Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta.

Endang Widjajanti Laksono, Definisi Warna (1998: hal. 42)

Ginting, Rosnani.2010. Perancangan Produk. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Haryanto, 2004 Pengertian Mebel. Mang, Karl. 1978. History of Furniture Design, Harry N. Abrams, New York, h.17.

Hasdianah HR, Autis pada Anak Pencegahan, Perawatan, dan Pengobatan, (Yogyakarta: Nuha Medika, 2013), hlm. 71.

Haslindah. 2007. Analisa Ergonomi dala Perancangan Fasilitas Kerja untuk. Proses Perontok Padi (Thresher) dengan Pendekatan Biomekanika.

Hidayat & Assjari, M. (2006). Identifikasi dan asesmen anak autis & layanan pendidikannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh tanggal 20 Februari 2017

Hidayat, Asep AS.Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. PT. Luxima

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hal. 80.

Julius Panero, 1979. Dimensi Manusia & Ruang Interior. Penerbit Erlangga.

Kasmudjo. 2012. Mebel dan Kerajinan Terori Dasar dan Aplikasi. Cakrawala Media. Yogyakarta.

Leni Susanti, Kisah-kisah Motivasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus Autis, (Jogjakarta; Javalitera, 2014), hlm. 12.

Lexy J. Moleong, 2000. Metode penelitian kualitatif. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Metro Media.Jakarta.2003 (hlm 24‐25). Somantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama

Mirza Maulana, Anak Autis …, hlm. 40- 41.

Mirza Maulana, Anak Autis, Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat, (Jogjakarta: Ar-Rruz Media Group. 2010), hlm. 14.

Nattaya Lakshita, Panduan Simpel Mendidik Anak Autis, (Jogjakarta: Javalitera, 2013), hlm. 37.

Noer Rohmah, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Teras, 2012), hlm. 115.

Nurmianto, Eko.1995. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Guna Widya: Surabaya.

Nurmianto, Ergonomi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. 1991

Pengertian autisme. (2012). Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Apel Surabaya. Diunduh tanggal 20 Februari 2017. (https://www. library.uinsby.ac.id/).

Portillo, Margaret. Color Planning for Interiors: An Integrated Approach to Color in Designed Spaces. John Wiley & Sons, Inc. 2009.

Rifa’i, Achmad. Pembelajaran (2012; hal. 157).

SPanero, Julius & Zelnik, Martin. Human Dimension & Interior Space: A Source

Spiegelberg, Phenomenological Perspectives: Historical and Systematic Essays in Honor of Herbert Spiegelberg, 1975.

Suparno, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, (Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas, 2007), hal. 97.

Suparno, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, (Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas, 2007), hal. 97 Segregratif adalah memisahkan anak‐ anak berkebutuhan khusus dari anak‐ anak normal dan menempatkan mereka di sekolah khusus.

Tarwaka, dkk. 2004. Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan. Produktivitas. Hal.178-180142.

Daftar Web

Definisi Childhood_disintegrative_ disorder, https://www.researchgate.net/publicatio n/230574348_Childhood_disintegrativedisorder

Beranda SLB Ananda Mandiri, http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ sekolah/2166C09D9EC4678AF0A(diakses pada 04 Agustus 2019).

Memahami apa yang terjadi pada otak anak autis, https://autismdariasampaiz.wordpress.co m/2017/12/26/memahami-apa-yang- terjadi-pada-otak-anak-autis/

Pengertian Autis, http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313 280/pendidikan/AUTISME-PWPT.pdf Jenis Anak Autisme, https://dosenpsikologi.com/jenis- autisme-pada-anak

Desain Sistem Furniture untuk Terapi Anak Autis, https://mafiadoc.com/desain-sistem- furniture-untuk-terapi-anak- autisinfo_5a37834a1723dd9a0940e45b. html

Review The Good Dinosaur https://www.liputan6.com/showbiz/read/ 2376691/review-the-good-dinosaur- atau-dino-yang baik?related=dable&utm_expid=.9Z4i5y pGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer= https%3A%2F%2Fwww.google.com%2 F

Daftar Jurnal

https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/788/ jbptunikompp-gdl-syariphida-39389-6- babii.pdf

http://e- journal.uajy.ac.id/10799/3/2TA14310.pd f

http://eprints.umm.ac.id/36023/3/jiptum mpp-gdl-andritrile-48580-3-babii.pdf

https://eprints.uny.ac.id/62075/6/6.BAB%20II.pdf

Surya, G.G. (2017). Penyuluhan Aplikasi 3 Dimensi Berbasis Modeling Dan Rendering Untuk Pendidikan Yang Kreatif Pada Sekolah Dasar Islam Al-Chasanah. Jurnal Abdimas, 4(1), 102-111.

Rochyat, I. G., Fauzi, M., Wiyono, E.,. (2021). Pelatihan Kreativitas Seni Dan Desain Untuk Pengajar Taman Belajar Kita Di Era Pandemik. Jurnal Abdimas, 7(4), 287-292.

Marpaung, J. V., Fauzi, M., & Prastyani, D. (2021). Redesign Woodeco Stool. Journal Of Applied Science (Japps), 3(2), 037-047.

Fuad, A., & Anggraeni, P. (2021). Kajian Karakteristik Visual Pakaian Tokoh Pada Perancangan Buku Cerita Bergambar Sejarah Perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa. Widyakala: Journal Of Pembangunan Jaya University, 8, 25-31.

Maulana, S. Animo Mahasiswa Desain Interior Dalam Keterlibatan Kegiatan Mbkm Untuk Mendukung Perkembangan Industri Kreatif.

https://kreatifjurnalpolnes.com/wp/wp- content/uploads/2018/06/6Etwin- Fibriani-April-2017.pdf

https://kreatifjurnalpolnes.com/wp/wp-content/uploads/2018/06/6Etwin- Fibriani-April-2017.pdf.

Widyastuti, P. A., & Judianto, O. (2020, March). Pengembangan Ergonomi Bentuk Desain Seterika. In Senada (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 3, Pp. 492-498).

http://digilib.unimus.ac.id/files//disk1/11 1/jtptunimus-gdl-dwisuswant-5528-3- babi.pdf.

http://repository.uinsuska.ac.id/2997/3/BAB%20II.pdf

http://e-journal.uajy.ac.id/3342/3/2TA12506.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.