PENGARUH AREA AKTIVITAS DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI PADA JACKIDS DAYCARE

Sania Lestari, Erina Wiyono

Abstract


Ada banyak cara yang harus diperhatikan dalam meningkatkan perkembangan anak, salah satunya dengan memfasilitasi anak dalam bermain. Anak usia dini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain karena anak sedang aktif-aktifnya dalam bergerak, mengeksplorasi lingkungan sekitarnya, dan rasa ingin tahunya meningkat. Dengan bermain anak juga dapat melatih otot geraknya, kreativitas, juga dapat belajar dengan cara yang menyenangkan. Karena itu maka kegiatan bermain menjadi salah satu aspek penting untuk perkembangan anak usia dini. Ada banyak permainan yang dapat meningkatkan perkembangan anak. Daycare merupakan fasilitas pendidikan nonformal yang dapat membantu orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak sejak dini. Daycare wajib untuk menyediakan fasilitas penunjang kebutuhan anak untuk meningkatkan perkembangan anak, daycare juga harus menyediakan area aktivitas anak yang luas agar anak dapat leluasa bermain. Anak usia dini biasanya akan dibebaskan melakukan hal apapun selagi tidak membahayakan, mereka bebas mengeksplorasi apa saja yang mereka sukai yang nantinya akan menumbuhkan minat dan bakat anak. Kata kunci: Perkembangan anak usia dini, bermain, area aktivitas

Full Text:

PDF

References


Damayantie, I., Pertiwi, R., & Nugroho, O. F. (2021,

March). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat

Tentang Pemilihan Warna Pada Pendekatan

Steam Ditinjau Dari Psikologi Desain. In

Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian

Dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 01).

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini,

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia

Dini dan Pendidikan Masyarakat. (2018).

Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia

Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Febrian, Ramdan. (2018). Artikel “Rahasia

Pembelajaran di Sekolah Montessori”.

Tirto.id : Pendidikan.

Masiming, Zulfitriah. (2009). Pengaruh Setting

Ruang Bermain terhadap Perkembangan

Kreativitas pada Anak Usia Dini. Palu : Jurnal

SMARTek, vol 7 no.3, 184-196.

R.A. Dilma‟aarij, Wahyu Setyaningsih, Budi

Suharno. (2020). Perkembangan Psikososial

Anak usia 3-4 Tahun di Daycare. Malang :

Aulad : Journal on Early Childhood, vol 3

no.3, 149-154.

Rochyat, I. G., Fauzi, M., Wiyono, E.,. (2018).

Pelatihan Kreativitas Seni Dan Desain Untuk

Pengajar Taman Belajar Kita Di Era

Pandemik. Jurnal Abdimas, 7(4), 287-292.

Wiyono, Erina. (2021). Desain Interior pada

Konteks Kebudayaan. Jurnal: GESTALT

vol.3, no.1.

Yusuff, A. A., & Widyastuti, P. A. (2021). Pelatihan

Keterampilan Tangan Menggunakan Media

Kain Flanel „Pengenalan Jenis

Binatang‟sebagai Proses Kreatif Siswa Paud

Anggrek Rosalina 011. Jurnal Pengabdian

Masyarakat Abdimas, 7(2). 72-80.

Https://Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id/Artikel/Baca/1

/Memahami-Metode-PenelitianKualitatif.Html

Https://Penerbitbukudeepublish.Com/PengertianStudi-Kasus/

Https://Elibrary.Unikom.Ac.Id/Id/Eprint/83/9/11.%2

unikom_%20chelsa%20jelita%20sandewi_B

ab%20iii.Pd


Refbacks

  • There are currently no refbacks.