KONSEP MODERN NATURAL PADA INTERIOR RUANG BACA SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI TALAGA BESTARI

Fergiawan Yudi Prasetyo, Irma Damayantie

Abstract


Pendidikan formal berarti tahapan kegiatan yang bersifat kelembagaan (seperti sekolah dan madrasah) yang dipergunakan untuk menyempurnakan perkembangan individu dalam menguasai pengetahuan, kebiasaan, sikap, dan sebagainya. Mengingat adanya pandemi Covid-19, setiap sekolah mengharuskan menerapkan protokol kesehatan diantara, menjaga jarak minimal 1 meter, serta sterilisasi ruangan sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, pengabungan akan sistem edukasi formal dan non formal akan menjadi ciri khusus yang membantu anak dalam proses pembelajaran yang ada. Penataan desain dibuat secara dinamis pada ruang baca dan penerapan warna-warna cerah serta penambahan elemen dekorasi seperti tanaman, akan membuat seluruh peserta didik menjadi bersemangat dan aktif dalam segala proses yang ada. Tentunya hal ini akan berkaitan dengan kebutuhan seluruh peserta didik baik secara kondisi mental maupun karakter. Perancangan interior menggunakan metode wawancara, survey lokasi, dan riset di internet. Terapan dimulai dari eksplorasi hingga desain akhir yang mampu mewadahi fasilitas yang dibutuhkan oleh seluruh peserta didik. Kata Kunci: Interior, Sekolah, Protokol Kesehatan

Full Text:

PDF

References


ABellizzi, J., & Hite, R. E. (1992). Environmental

color, consumer feelings, and purchase

likelihood. Psychology &marketing.

Center for Global Development. (2020). Planning

for School Reopening and Recovery After

COVID-19. Penerbit DC: Center for Global

Development. Washington.

Indrani, Hedy C. (2004, Juni). Pengaruh Elemen

Interior Terhadap Karakter Akustik

Auditorium. Jurnal Dimensi Interior, 2 (1), 66-

Pertiwi Ratih, Damayantie Irma (2020, September,

. Kajian Estetika Warna Papan Tanda

Informasi Pada Restoran Tuttonero di Jakarta

Barat. Cakrawala

Pertiwi, R., Damayantie, I., Sitasi, C., & Ratih, P.

(2020). Kajian Estetika Warna Papan Tanda

Informasi Pada Restoran Tuttonero di Jakarta

Barat. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 20(2),

-152.

Programme for International Student Assesment

(PISA) Result from PISA. (2018). OECD,

PISADatabase. diakses dari www.oecd.org

Rochyat, I. G., Fauzi, M., Wiyono, E.,. (2018).

PELATIHAN KREATIVITAS SENI DAN

DESAIN UNTUK PENGAJAR TAMAN

BELAJAR KITA DI ERA PANDEMIK.

Jurnal Abdimas, 7(4), 287-292.

Tanzil, Hedy C. (2013). Perancangan Interior

Sekolah Dasar Montessori di Surabaya. Jurnal

INTRA

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20

Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional. (2003). Jakarta. diakses dari

https://pusdiklat.perpusnas.go.id

Yusuff, A. A., & Rochyat, I. G. (2022). The Role of

Technology as Material Innovation in Interior

Design Industry. Gestalt: Jurnal Desain

Komunikasi Visual, 4(1), 17-26


Refbacks

  • There are currently no refbacks.