PERANCANGAN VIDEO DOKUMENTER EVENT PENCAK SILAT BETAWI PADA ULANG TAHUN DKI JAKARTA

Mohamad Gali Firdaun, Rudi Heri Marwan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai perguruan pencak silat betawi dan makna didalamnya dengan pendekatan visual, serta sebagai strategi pengenalan terhadap masyarakat mengenai ilmu bela diri pencak silat betawi. Metode penelitian dilakukan melalui berbagai tahap yakni pengumpulan data dari website, buku referensi, serta wawancara tokoh. Hal yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah sebuah video dokumenter festival pencak silat betawi yang dikemas dengan penampilan dari beberapa perguruan pencak silat betawi yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Sebagai visual utama dengan tujuan menampilkan pendekatan baru yang unik dan menarik bagi yang menonton. Hasil perancangan menunjukkan penyampaian materi mulai dari sejarah perguruan, lokasi perguruan, hingga jenis pukulan yang digunakan, serta dapat menarik minat masyarakat. Pada video dokumenter ini untuk melestarikan dan memperkenalkan bahwa pencak silat betawi tidak kalah dengan ilmu beladiri dari luar negri. Selain itu untuk mempererat tali silaturahmi antar perguruan pencak silat betawi yang berada di Dki Jakarta dan sekitarnya. Pada Hut Dki Jakarta ke – 494 yang akan diadakan Festival Pencak Silat Betawi berada di Monumen Nasional Jakarta Pusat. Kata kunci : Pencak silat, Video dokumenter, Dki Jakarta

Full Text:

PDF

References


Alexis, S. Tan. 1981. Pengantar Teori & Manajemen

Komunikasi.Jakarta. Jurnal Press.

Ali, Nur. 2018. Pengembangan Pencak Silat

Tradisional Betawi Cingkrik, Vol. 1 No.

(2016) Karsiyem.Blogspot.Com. (2012, 2

Juli). Prinsip-Prinsip Desain Grafis.

Ardianto, Elvinaro. 2004. Komunikasi Massa Suatu

Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama

Media.

Christophera R.L, Ahmad. F, Nuryadi. (2020).

Tinjauan Kurikulum Pendidikan Seni Dan

Desain Di Staatliches Bauhaus Pada Tahun

-1933. Jurnal Cakrawala. 20(2). 165-171.

Retrieved From

Https://Doi.Org/10.31294/Jc.V20i2.9105

David, Marian L. 1987. Visual Design In Dress.

Usa: Printed In The United States Of

America. Davis, Graham. 2008. The

Designer’s Toolkit: 2000 Colour Palette

Swatches. London, United Kingdom: Heritage

Publishers.

Fuad, A & Hanjani, H. (2014). Perancangan Promosi

Event Tournament Game Online DottaAllstars.

Fuad, A., & Susanto, B. (2018). Penggunaan Format

Bitmap Dan Vektor Pada Spanduk Warung

Makan Pedagang Kaki Lima. Jurnal Kreatif:

Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 6(1).

Gristyutawati, Anting Dien, D. (2012). Persepsi

Pelajar Terhadap Pencak Silat Sebagai

Warisan Budaya Bangsa Sekota Semarang

Tahun 2012. 1(3).

Hashim, N. A., Muhammad, S. A., Anwar, T. F. T.,

Zahar, I., & Shuhaimi, N. F. (2021). Public

Awareness Of British Pillboxes In Bachok,

Kelantan From A Heritage Tourism

Perspective. Environment-Behaviour

Proceedings Journal, 6(18), 219-229.

Jurnal

Kriswanto, E. S. (2015). Pencak Silat. Yogyakarta:

Pustaka Baru Press.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi

Visual: Graphic Advertising Multimedia.

Yogyakarta: Andi

Lubis, J. Dan H. W. (2016). Pencak Silat

(Ed.3,Cet.3). Jakarta: Pt Rajagrafindo

Persada.

Lucius, C. R., Imanto, T., & Roespinoedji, D.

(2021). Identification Of Old Javanese Food

In Serat Chentini Through Visual Storytelling.

Review Of International Geographical

Education Online, 11(6), 1332-1339.

Mustaqim, K., Rabbani, S. A., Surya, G. G., &

Agustian, Y. (2021). Design Of Mini Plants

With Self-Watering Features Using

Environmentally Friendly Materials. Review

Of International Geographical Education

Online, 11(6), 1355-1367.

Nawi, G.J. (2016). Maen Pukulan Pencak Silat Khas

Betawi (Cet.1). Jakarta: Yayasan Pustaka

Obor Indonesia.

Pertiwi, R., Damayantie, I., Sitasi, C., & Ratih, P.

(2020). Kajian Estetika Warna Papan Tanda

Informasi Pada Restoran Tuttonero Di Jakarta

Barat. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 20(2),

-152.

Pertiwi, R., Judianto, O., & Fuad, A. (2021, March).

Pelatihan Keterampilan Kerajinan Tangan

Menggunakan Media Kertas Origami

“Pengenalan Alam Dan Binatang” Sebagai

Proses Kreatif Siswa/I Kb/Tk Islam Salsabila.

In Seminar Nasional & Call Of Papers

Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (Vol.

, No. 01).

Rochyat, I. G., & Fauzi, M. (2019). The Beauty Of

New Outrigger Craft Structures On Fisherman

Boat After Tsunami At Pangandaran 2006. In

Iicacs: International And Interdisciplinary

Conference On Arts Creation And Studies

(Vol. 1, Pp. 25-33).

Velintino, T., Marwan, R.H. (2021). Perancangan

Video Infografis Sejarah Perjalanan Mata

Uang Di Indonesia. Jurnal Inosains, 16(2), 98-

Wahyudi, T. (2020). Seniman Mengajar Sebagai

Metode Program Pendampingan Psikobudaya

Masyarakat. Artchive: Indonesia Journal Of

Visual Art And Design, 1(1), 59-71.

Widyastuti, P. A., Pertiwi, R., & Huddiansyah, H.

(2020). Pelatihan Aplikasi Warna Produk

Kreatif Untuk Siswa Sds Dasana Indah –

Pemanfaatan Sampah Karet Dalam

Pengaplikasian Warna Menggunakan Teknik

Cap Pada Tas Blacu. Jurnal Abdimas, 6 (3),

Maret 2020

Internet

Pakdosen.co.id. (2020, 23 Oktober). Media Visual

adalah. Diakses pada 16 Juli 2021, dari

https://pakdosen.co.id/media-visual-adalah/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.