PENGARUHEXPERIENTIAL MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN DIINTERVENING OLEH BRAND AWARENESS

Berlian Juanda Nabella, Sapto Jumono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini meneliti pengaruh Experiential Marketing Dan Electronic Word OfMouth Terhadap BrandAwareness dan Purchase Decision. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk melihat apakahterdapat pengaruh antaraexperiential marketing danelectronic word ofmouthterhadap brand awareness dan purchase decision pelanggan Inul Vizta Family KTV cabang Kedoya. Sampel dari penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa karaoke di Inul Vizta Family KTV cabang Kedoya Jakarta Barat yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 175 responden, dari total populasi yaitu 1468 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel experiential marketing tidakberpengaruh terhadap variabel brand awareness, kemudian variabel experiential marketingmemiliki pengaruhterhadap variabel purchase decision, variabel electronic word of mouth berpengaruh terhadap variabel brand awareness, variabel electronic word of mouth memiliki pengaruh terhadap variabel purchase decision, dan yang terakhir variabel brand awareness tidak memiliki pengaruh terhadap variabel purchase decision.

 

Keywords : eperiential marketing, electronic word of mouth, brand awareness, purchase decision


Full Text:

PDF

References


Andreani, Fransisca. (2007). Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2 No.1.

Anggarani WPT, A. (2013). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen terhadap Produk Handphone Blackberry, Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul 4 (1), 17913, Esa Unggul University.

Durianto et al. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand, Augusty. (2002). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: FE UNDIP.

Freddy, rangkuti. (2007). Riset pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goyette et al. (2010). E-WOM Scale: Word Of Mouth Measurement Scale For e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences. (online), Vol. 27 No. 1 (http://www.interscience-wiley.com).

Hair, J.F., et al. (2010). Multivariate data analysis, Seventh Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Hasyim dan Rina. (2009). Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran. Jakarta: UIEU-University Press.

Hasyim, A. & Anindita, R. (2009). Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran. Jakarta: UIEU-University Press

Hemsley, Steve. Are you experienced?, (https://www.marketingweek.com/2006/03/30/are-you-experienced/).

Jansen et al. (2009). Twitter Power:Tweets as ElectronicWord of Mouth. Journal Of The American Society For Information Science And Technology. (online), Vol. 60 No. 11 (http://www.interscience-wiley.com).

Jeong dan Shawn. (2011). Restaurant Experiences Triggering Positive Electronic Word-Of-Mouth (Ewom) Motivations. International Journal of Hospitality Management, Vol. 30.

Jogiyanto. (2007). metodologi penelitian. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Jonathan, Sarwono. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS, Jakarta: PT. Alex Media Konputindo.

Kaplan dan Haenlein. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media.Business Horizons. (online), Vol. 53 No. 59. www.sciencedirect.com

Kartajaya, Hermawan et al. (2006). Marketing In Venus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kiswati. (2010). Study Tentang Sikap Konsumen Atas Merek Tolak Angin Pada Mahasiswa FE Undip Semarang. Tesis. Semarang: Program PascaSarjana Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2013). Principles of Marketing, Fourteenth Edition. England:Pearson Education Limited.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2013). Marketing Management, Fourteenth Edition. England: Pearson Education Limited.

Lovelock dan Wirtz. (2011). Services Marketing People, Technology, Strategy, Seventh Edition. New Jersey: Pearson Education.

Lovelock et al. (2011). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi : Perspektif Indonesia, Edisi 7 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Malhotra, Naresh K. (2007). Marketing Research an applied orientation, Edisi 5. New Jersey: Pearson Education.

Minto, Waluyo. (2011). Panduan dan Aplikasi Structural Equation Modelling. Jakarta: PT Indeks.

Mudjiarto, M. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) Mitra Binaan PKBL PT Jasa Marga. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul , 7 (2)

Mulyana, Deddy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruswanti, E., & Lestari, W. P. T. (2016). The Effect of Relationship Marketing towards Customers' Loyalty Mediated by Relationship Quality (Case Study in Priority Bank in Niaga). DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen. 11 (2): 191-211.

S Handayani. (2010). Efek Strategic Experiential Marketing (SEMs) dan Implementasinya Melalui Key Experiential Providers (ExPros) terhadap Loyalitas pada Lion Air dan Mandala Airlines, JURNAL EKONOMI 1 (Esa Unggul), 11-23.

Sabran, Bob, (Penterjemah). (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sarjono dan Julianita. (2015). Structural Equation Modeling (SEM). Jakarta: Salemba Empat.

Schmitt. (1999). Experiential Marketing, How to Get Customer to Sense, Feel, Think, Act, Relate, to Your Company and Brands. New York : The Free Press.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PTAlfabeta.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2011). Service, Quality & Satisfaction, Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2012). Pemasaran Strategik, Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Yang dan He, (2011). Goal, Customer Experience And Purchase Intention In A Retail Context In China: An Empirical Study. African Journal of Business Management. (online), Vol. 5 No.16 (http://www.academicjournals.org/ AJBM).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]