PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA ONLINE SHOP

Eko Putra Pambagyo, Yosevin Karnawati

Abstract


Abstract

Perkembangan teknologi dan konsep pemasaran melahirkan era new wave marketing, dimana pemasar menggunakan konsep low budget high impact. Para pemasar berlomba-lomba memicu Impulse Buying. New Wave Marketing juga dimanfaatkan oleh perusahaan yang menggunakan strategi Word Of Mouth (WOM). Selain itu banyak konsumen kini lebih mengedepankan emotional benefit daripada functional benefit. Hal tersebut mengarahkan konsumen berbelanja secara hedonis atau Hedonic Shopping Value. Teori yang digunakan antara lain Electronic Word Of Mouth (Hennig-Thurau, 2004), Hedonic Shopping Value (Arnold-Reynolds, 2003), Impulse Buying (Coley-Burgess, 2003). Penelitian ini menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa variabel Electronic Word Of Mouth (X1) secara sendiri tidak berkontribusi terhadap variabel Impulse Buying, Hedonic Shopping Value (X2) secara sendiri memiliki kontribusi dan berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying, Electronic Word Of Mouth (X1) dan Hedonic Shopping Value (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Impulse Buying (Y). Saran dalam penelitian ini antara lain pemasar jangan lagi sekedar berfokus untuk menyediakan produk yang dibutuhkan konsumen, tapi juga memancing Impulse Buying, diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk menambahkan variabel-variabel lain yang mungkin memiliki pengaruh terhadap Impulse Buying.

 

Keywords: Electronic Word Of Mouth, Hedonic Shopping Value, Impulse Buying


Full Text:

PDF

References


A Putra. (2014). Pengujian Personal Financial Behavior, Planned Behavior terhadap Self Control Behavior dengan Theory Planned of Behavior- Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 2014 - journal.unj.ac.id

Adiska, Octa P. (2014). Pengaruh Nilai Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Online Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Perantara (Studi Pada Mahasiswa/i Program Strata-1 Angkatan 2011/2012 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 8 No. 2.

Anggarani WPT, A. (2013). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen terhadap Produk Handphone Blackberry, Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul 4 (1), 17913, EsaUnggul University.

Brian, Rizky A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Electronic Word-Of-Mouth Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Hakata Ikkousha Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 25 No. 1.

Daugherty, Terry. (2014). eWOM and The Importance of Capturing Consumer Attention Within Social Media. Journal of Marketing Communication. Vol, 20,Nov. 1-2, 82-102.

Dayang, Asning K. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei Pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 14 No. 2.

Duwi, Priyatno. (2013). Mandiri Belajar analisis data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Hennig, Thorsten. (2004). Electronic Word Of Mouth Via Consumer-Opinion Platforms: What MotivatesConsumers To Articulate Themselves To The Internet. Journal Of Interactive Marketing. vol. 18. Number 1. Winter.

Hermawan, Kartajaya. (2010). Connect! Surfing New Wave Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Juliansyah, Noor. (2011). Metodologi Penelitian. Jilid 1. Jakarta: Prenada Media Group.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (1999). Principles of Marketing. Ed 8. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2001). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Ed 9. (Alexander Sindoro). Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2001). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2. Ed 9. (Alexander Sindoro). Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Ed 13. (Bob Sabran). Jakarta: Erlangga.

Lizamary, Angelina. (2014). Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Lifestyle Dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 2. ISSN 1907-235X.

Mustika Ekawati. (2014). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Pengetahuan Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Followers Account Twitter @Wrpdiet). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 14 No. 2.

RA Nurlinda, P Utami. (2014). Analisis Persepsi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Berbelanja Online Melalui Instagram. Jurnal Ekonomi 10 (2), 121-130

Rahma, Nurvidiana. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Republica Cafe Malang Jalan Mt. Haryono Gg.Xi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 22. No 2.

S Abdurrahman. (2019). Model Policy Controlling Budgetary Slack On Hospital. Internasional Conference on Finance, Management, and Business 1 (978-602).

YK Sri Handayani. (2012). Membangun Kepercayaan terhadap merek Untuk Meningkatkan Loyalitas Melalui Nilai Utilitarian dan Hedonic pada Pengguna Nokia. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Forum Manajemen Indonesia Ke 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]