PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA MIO DI DAERAH TANJUNG DUREN, JAKARTA

Christian Hartono, Sudarwan Sudarwan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  bauran promosi terhadap keputusan pembelian Motor Yamaha Mio. Variabel independen terdiri atas periklanan, promosi penjualan, dan personal selling sedangkan variabel dependen adalah  keputusan pembelian. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden.  Responden  penelitian  ini adalah  masyarakat di Tanjung Duren, Jakarta. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  bauran promosi  (periklanan, promosi penjualan, dan personal selling) secara bersama-sama berpengaruh signifikan dalam peningkatan keputusan pembelian konsumen. Secara parsial, variabel periklanan dan promosi penjualan mempunyai pengaruh terhadap keputusan itu. Sedangkan variabel yang paling dominan adalah variabel periklanan.

 

Kata kunci: bauran promosi, keputusan pembelian

 


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, dan Amalia, L.. S Jumono. (2013). Deteksi Praktis Aplikasi POT (Pecking Order Theory): Jurnal Ekonomi 4 (1).

Anindita, R. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa SMU di Tangerang Dalam Keputusan Pembelian Kartu IM3 Prabayar. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul. 1 (1). 79131.

Bilson Simamora. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran . PT Gramedia Pustaka Umum.

D. H, Basu Swasta dan T. Hani Handoko. (2004). Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Kelima, Yogyakarta: Penerbitan Liberty.

E Bertuah, EK Ghani. (2018). The Journal of Social Sciences Research- digilib.esaunggul.ac.id

Hasym dan Rina Anindita. (2009). Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran.Edisi Pertama. Jakarta; UIEU-University Press.

Husein Umar. (2006). Metode Riset Bisnis, PT. Gramerdia Pustaka Utama: Jakarta.

Karnawati, Y., Handayani, S. (2019). Achieving Competitive Advantage Through Intellectual Capital. https://aicar2019.confglobal.org/kfz 73.

Kotler dan Keller. (2012). Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jilid 1. Jakarta : Indeks.

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran . PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas Jilid Dua, Jakarta.

Madura, Jeff. (2001). Pengantar Bisnis. Jilid Dua. Jakarta : Salemba Empat.

Nurhasanah, N., Anggarani Wpt, A. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kemudahan Pada Situs Jual Beli Online, Jurnal Ekonomi 1 (10), 15.

Peter dan Olson. (2000). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Terjemahan Damos Sihombing.

S Handayani. (2008). Analisis Conjoint dalam Penentuan Preferensi Pemirsa Berita TV Untuk Pengembangan Program berita Liputan 6 SCTV. Jurnal Ekonomi 13 (Esa Unggul), 40-56

Simamora, Bilson. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Cetakan Kedua. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Swastha, Basu dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Cetakan Ketigabelas. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]