ANTESEDEN LOYALITAS PENGUNJUNG

Lusy Lusy, Adrie Putra

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui anteseden loyalitas pengunjung Cinema XXI Gandaria City, Jakarta Selatan. Responden penelitian adalah pengunjung bioskop Cinema XXI Gandaria City, Jakarta Selatan. Jumlah responden penelitian ditetapkan sebanyak 165 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program LISREL 8.15. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hipotesis yang mendukung dan tidak mendukung yaitu: 1)kualitas pelayanan tidak akan meningkatkan kepuasan pelanggan, 2) kualitas pelayanan tidak akan meningkatkan loyalitas pelanggan, 3) kepuasan pelanggan akan meningkatkan loyalitas pelanggan, 4)kepercayaan tidak akan meningkatkan loyalitas pelanggan.

 

Keywords :  quality of service, trust, customer satisfaction and loyalty SEM


Full Text:

PDF

References


Anderson, E.W. dan Sullivan, M.W. (1993). “The antecedents and consequences of customer satisfaction for firms,” Marketing Science.

Anggarani WPT, A., Wulandari, D. (2015). Product Quality And Price Perception Buying Decision Against Salonpas Pain Relief Patch In Hypermart Daan Mogot West Jakarta, Journal Of Management And Business 14 (1).

Ba, S., and Pavlou, P.A. (2002). Evidence of The Effect of Trust Building Technology in Electronic Markets: Price Premium and Buyer Behavior. MIS Quarterly.

Beerli A, Martin JD. (2004). Factors Influencing Destination Image. Ann. Tour. Res.

Berry dan Parasuraman. (2005). jurnal “pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan”.

Boselie, P., & Wiele, T. V. D. (2002). Employee perception on HRM and TQM and the effects on satisfaction and intention to leave. Management Service Quality.

Caruana, A. (2002). Service Loyalty: The Effect of Service Quality and The Mediating Role of Customer Satisfaction, European Journal of Marketing.

Chen, S. C. & Dhillon, G. S. (2003). Interpreting Dimensions of Consumer Trust in eCommerce, Information Technology and Management.

Dharmmesta, Basu Swastha dan licen indahwati darsono. (2005). “Kontribusi involvement dan trust in a brand dalam membangun loyalitas pelanggan”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Doney, P.M., and Cannon, J.P. (1997). “An Examination of The Nature of Trust in Buyer-Seller Relationship, “Journal of Marketing”.

Eggers, K. (1955). Resistance Components of Two-Body Ships, Jahrbuch der Shiffbau-technischen Gesellschaft.

Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra. (2011). Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta. Andi.

Garbarino dan Johnson. (1999). The Different Roles of satisfaction. Journal of Marketing, April 1999.

Griffin, Jill. (2003). Customer Loyalty : Menum-buhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta, Airlangga.

Hadiyati, Ernani. (2010). Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lawang). Jurnal Manajemen Pemasaran Modern.

Hadiyati, Ernani. (2010). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kantor Pos. Jurnal Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jambi ISSN: 2085-0972.

Hair et al. (1998). Multivariate Data Analysis, Fifth Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River : New Jersy.

Hasyim, A. & Anindita, R. (2009). Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran. Jakarta: UIEU-University Press.

Irawan D., Handi. (2002). Sepuluh Prinsip Keputusan Pelanggan. Cetakan pertama. Jakarta: Elexmedia Komputindo.

Jahroni. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah melalui Kepuasan, Komitmen, Kepercayaan.

Jamaluddin, J., & Ruswanti, E. (2017). Impact of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty: A Case Study in a Private Hospital in Indonesia. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM). 15(3): 23-33

Jatmiko. (2017). Brand Equity Sebagai Pembentuk Keputusan Pembelian Melalui Purchasing Intention Pada Konsumen Sepeda Motor. Jurnal Ekonomi 8 (2).

Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kurniasari, A dan Hadi,C. (2012). Penilaian Kualitas Pelayanan Jasa.

Lim, K. & Razzaque, A. M. (1997). “Brand loyalty and situational effects : An interactionist perspective”. Journal of International Consumer Marketing.

Lim, K.H. and Benbasat, I. (2002). The Influence of Multimedia in Improving the Compre-hension of Organizational Information, Journal of Management information Systems, Vol. 19, No. 1, pp. 99-127.

Lin, Ding-Bing; Rong-Terng Juang; Hsin-Piao Lin. (2006). Mobile Location Estimation and Tracking for GSM System: Institute of Computer and Communication, National Taipei University og Technology, Taiwan.

Luhmann, N. (1979). Trust and power. New York: Wiley.

Malhotra, Naresh K. (2010). Marketing Research an Applied Orientation. New Jersey: Pearson

Marzuki. (2005). Metodologi Riset Panduan Penelitian Bidang Bisnis dan Sosial, Edisi Kedua, Ekosiana, Yogyakarta.

Mayer, J.D., & Salovey, P. (1995). Emotional Intelligence and the Construction and regulation of feelings. Applied and preventive Psychology, 4, 197-208.

Melysa Elisabeth Pongoh. (2013). “Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu AS Telkomsel Di Kota Manado”. Jurnal EMBA. Vol. ! No. 4. Desember 2013. Universitas Sam Ratulangi Manado.

MFA Adhikara. (2018). Disjunction Behaviour in the Indonesia Stock E xchange (IDX), International Journal of Applied Business and Ec onomic Research 15.

Moorman, Christine, Rohit Deshpande, dan Gerald Zaltman. (1993). “Factors Affecting Trust in Market Research Relationships”. Journal of Marketing.

Morgan, Robert M. dan Shelby D. Hunt. (1994). The Commitment Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing. Vol. 58. No. 3.

Mudjiarto. (2019). Pengaruh Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi Terhadap Penciptaan Wirausaha Baru Dan Kinerja Usaha Tenan Di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah Iii. 2, 10.

Niehoff, B.P & Moorman, R.H. (1993). Justice As A Mediator Of The Relationship Between Methods Of Monitoring And Organizational Citizenship Behavior. Academy of Management Jounal.

Nina K & Nina E. (2012). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan, dan Harga terhadap Loyalitas pelanggan Laundry Kencling, Jurnal mahasiswa Q-Man.

Parasuraman, A., Valarie, A., Zeithaml and Leonard, L., Berry. (1988). SERQUAL: A MULTI-Item Scale For Measuring Consumers Perseptions of Service Quality, Journal of Retailing.

Rousseau, D.M., S.B. Sitkin, R.S. Burt, and C. Camerer. (1998). Not So Different After All: A Cross-Discipline View of Trust. Academy of Management Review 23:393–404.

Shneiderman, B. (1998). Designing The User Interface, 3rd Edition, Addison Wesley.

Siregar. (2004). Pemberian ASI Ekslusif dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Medan; FKM USU.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharso dan Ana Retroningsih. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Syah, Tantri. Yanuar. Rahmat. (2014). Fasilitas Partisipasi Provider Sebagai Pembentuk Loyalitas Pelanggan, Dengan Mediasi Kualitas Relasional, dan Dimoderasi Implicit Self Theorist. Seminar Hasil Penelitian Disertasi. Jakarta. Universitas Indonesia.

Taylor, S.A., Celuch, K. dan Goodwin, S. (2004). “The importance of brand equity tocustomer loyalty”, Journal of Product and Brand Management.

Tjiptono dan Gregorius Chandra, (2005), Manajemen Kualitas Jasa.

Tjiptono. (2011). Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.

Utomo. B. (2006). Ekologi benih. USU Press, Medan. Karya ilmiah.

Vandayuli, Sri. (2003). Kepercayaan Pembeli Terhadap Perusahaan Pemasok dalam Hubungannya dengan Antisipasi Pembelian di Waktu Yang Akan Datang. Media Riset Bisnis & Manajemen.

Wahyu Nugroho. (2014). “Loyalitas Konsumen”, artikel ini diakses pada 30 Januari 2014 dari http://wnugros.blogspot.com/2005/11/loyalitas-konsumen.html.

White, Jon & Mazur, Laura. (1993). Strategic Communications Management. New York.

Widiyanto Bangun Prasetyo. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Swalayan Luwes Purwodadi).

Wijanto, Setyo Hari. (2006). Catatan Kuliah : Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.7. FE UI Pascasarjana Ilmu Manajemen. Jakarta.

Yamit, Zulian . (2005). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ed. 1, Cet. 4. Yogyakarta: Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.

Yo Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia. gyakarta. ANDI.

Zaheer, A., Bachmann, R. (2006). Handbook of trust research. Massachusetts: Edward Elgar Publishing, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]