PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RS JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH HARAPAN KITA

Ainun Amalia, Lia Amalia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pasien RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, serta faktor apakah yang paling dominan berpengaruh antara keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik terhadap kepuasan pasien RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga inti pasien yang menggunakan jasa rawat inap RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta Barat, Pasien yang datang sendiri (non rujukan). Dari populasi ini akan ditarik sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini sebagai responden sebanyak 92 responden. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode slovin dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan oleh penulis adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita menunjukkan bahwa faktor kualitas pelayanan secara parsial yaitu keandalan tidak memilki pengaruh terhadap kepuasan pasien RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, daya tanggap memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, jaminan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, empati memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, dan bukti fisik tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Sedangkan secara simultan kualitas pelayanan yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik berpengaruh secara bersama – sama. Dari hasil analisis mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita di antara ke lima variabel, maka dapat dilihat variabel daya tanggap merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita.

               

Keywords : reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangible and patiences’ satisfaction


Full Text:

PDF

References


A Putra, S Handayani, A Pambudi. (2013). Perilaku Pengendalian Diri Pada Perilaku Mana-jemen Keuangan Personal Berdasarkan Pada Teori Planned Behavior Menggu-nakan Pendekatan Partial Least Sustainable Competitive. jp.feb.unsoed.ac.id

Bambang Hartono. (2010). Manajemen pemasaran untuk Rumah sakit. Jakarta. Rineka Cipta. Cetakan pertama.

Boy, Sabarguna. (2005). Analisis pemasaran rumah sakit, Cetakan pertama, Konsorsium rumah sakit Islam Jateng-DIY.

E Rojuaniah, T Sule, S Joeliaty. (2016). The Factors Influence Intrapreneurship Behavior In Construction Company - International Journal of - pdfs.semanticscholar.org

Hasan, Ali. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, CAPS, Yogyakarta.

J.Supranto. (2011). Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan, Cetakan 4, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Leon G. Schiffman dan Leslie Lazar Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen, Jakarta : Edisi ketujuh.

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa, edisi 3.

Philip Kotler dan Gary Armstrong. (2006). Perinsip-perinsip pemasaran, jilid 1, Edisi kedua belas, erlangga, Jakarta.

RA Nurlinda, E Bertuah. (2016). Indicators Investigation Model Of Corporate Failure In Indonesia - Icebuss.Org

RA Nurlinda, P Utami. (2014). Analisis Persepsi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Berbelanja Online Melalui Instagram. Jurnal Ekonomi 10 (2), 121-130

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian, Cetakan ke-16, Bandung.

Ujang Sumarwan dkk. (2012). Riset Pemasaran dan Konsumen, Bogor : PT Penerbit IPB Press.

Umar. (2002). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Medical Check Up (MCU) pada Rumah Sakit DR. AK. GANI Palembang, ISSN 2085-1375.

Utama, Agung. (2003). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Sakit Umum Cakra Husada Klaten, Vol. 1, No.2, 2003.

Widyasari, Suzy. (2008). Analisis Perilaku BRAND SWITCHING Konsumen dalam pembelian produk sepeda motor (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor di Kotamadya Salatiga), Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol. 15 No. 2, ISSN 1412-3126.

www.pjnhk.go.id

YK Sri Handayani. (2019). Achieving Competitive Advantage Through Intellectual Capital. International Conference on Business Economics and Social Science 4 (STEI Jakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]