KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ACER MELALUI CITRA MEREK

Nuning Triyanti, Desy Prastyani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian melalui citra merek sebagai variabel intervening pada pembeli dan pemakai laptop Acer. Variabel yang diteliti adalah kualitas produk, harga, citra merek dan keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh secara langsung kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh secara tidak langsung kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian melalui citra merek. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pembeli dan pemakai laptop Acer di wilayah Kota Tangerang yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 100 responden dengan metode quota sampling. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk terhadap citra merek memiliki nilai signifikan 0,000 (<0,05), harga terhadap citra merek memiliki nilai signifikan 0,014 (<0,05), kualitas produk terhadap keputusan pembelian memiliki nilai signifikan 0,000 (<0,05), harga terhadap keputusan pembelian memiliki nilai signifikan 0,243 (>0,05), citra merek terhadap keputusan pembelian memiliki nilai signifikan 0,000 (<0,05). Sehingga hanya harga yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu Citra Merek merupakan variabel intervening atau memediasi pengaruh antara kualitas produk dan harga.

 

Kata kunci: kualitas produk, harga, citra merek, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Anung Pramudyo. (2012). ”Jurnal Pegaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Intervening”.

Dita Amanah. (2011). “Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan”, Jurnal Keuangan Bisnis, Vol. 3 No. 3, November 2011.

Ridwan, dan Engkos Achmad Kuncoro. (2011). Cara Menggunakan Dan Memaknai Path Analysis, Alfabeta, Bandung.

Dwi Sapitri, Dkk. (2010). “Pengaruh Celebrity Endorser Dian Sastrowardoyo Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo L’oreal”.

Fuad Asshiddieqi, dan Mudiantono. (2012). “Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pem-belian (Studi Kasus pada Produk Crooz di Distro Ultraa Store Semarang), Diponegoro of Management, vol. 1 No. 1, 2012.

Fandy Tjiptono. (2002). Strategi Pemasaran, edisi kedua, Yogyakarta: Andi.

Hasyim dan Rina Anindita. (2009). Prinsip-prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran. Jakarta : UIEU-University Press.

Ian Antonius Ong dan Sugiono Sugiharto. (2013). “Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya”, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1 No. 2, 2013.

Ikanita Novirian Sulistyari, dan Yoestini. (2012). “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang), Diponegoro Journal of Management”, Vol.1 No. 1, 2012.

Imam Ghozali. (2007). Aplikasi Analisis Multi-variate dengan Program SPSS, Semarang: Universitas Diponegoro.

Jonathan Sarwono. (2007). Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran, edisi keduabelas, Jilid 1, Alih Bahasa : Bob Sabran, Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.

Praba Sulistyawati. (2010). “Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acer”.

Rizky Amalina Bachriansyah. (2011). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang)”.

Rosvita Dua Lembang. (2010). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro”.

Sandhy Nur Pramono, dan Andy Kridasusilaada. (2012). “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Aqua ( Studi Kasus di Kelurahan Gajahmungkur Semarang )”, Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 1 No.4, 2012.

Suhar, Muh. Syarif, dan Nirma Kurriwati. (2010). “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Kepu-tusan Pembelian Produk Penyedap Rasa Masako (Studi Pada Ibu-ibu Kecamatan Robatal Sampang), Journal of Economics.

http://cdn.pcper.com/files.imagecache/article_max_width/news/2013-07-/IDC%20PC%20Tracker%20 Lenovo%Number%20One.jpg.

Adhikara MFA. (2011). Preferensi Investor Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Sekuritas Di Bursa Efek Indonesia. Simposim Riset Ekonomi V.

Sugiyanto, Jatmiko, Handayani S. (2016). Pelatihan Literasi Iklan untuk Mahasiswa Manajemen Bisnis di Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas 3 (1).

Bougenvile, A., & Ruswanti, E. (2017). Brand Equity on Purchase Intention Consumers Willingness to Pay Premium Price Juice. IOSR Jurnal of Economics and Finance. 8 (1): 12-18.

Anggarani WPT, A., Wulandari, D. (2015). Product Quality And Price Perception Buying Decision Against Salonpas Pain Relief Patch In Hypermart Daan Mogot West Jakarta, Journal of Management and Business 14 (1).

Jumono, S., Sugiyanto, Matari FM, C. (2018). Why Have Bank Profitability Been High in Indonesia? An Analysis Using Dynamic Panel Data Approach, Journal of Economic & Management Perspectives 12 (2), 353-367.

S Handayani. (2010). Efek Strategic Experiential Marketing (SEMs) dan Implementasinya Melalui Key Experiential Providers (ExPros) terhadap Loyalitas pada Lion Air dan Mandala Airlines. Jurnal Ekonomi 1 (Esa Unggul), 11-23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]