MEMAHAMI PERAN COUNTRY IMAGE, PRODUCT IMAGE DAN PERCEIVED QUALITY DALAM MENCIPTAKAN PURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA IPHONE

Muhammad Firdaus

Abstract


Kebutuhan masyarakat saat ini terhadap smartphone semakin meningkat ditambah dengan efek globalisasi yang semakin cepat memberikan manfaat bagi produsen merek internasional. Faktor product image sangat penting bagi konsumen yang kurang menyadari kualitas barang impor dan niat pembelian pelanggan juga dapat dipengaruhi oleh product image, yang ada keterkaitannya dengan country image. Penelitian ini menyelidiki bagaimana pengaruh country image, product image, dan perceived quality terhadap purchase intention pada pengguna smartphone iPhone. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner secara daring melalui google form hingga mendapatkan 140 responden dengan pengolahan dan analisis data menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa country image berpengaruh positif terhadap purchase intention pada pengguna iPhone. Product image berpengaruh positif terhadap terhadap purchase intention pada pengguna iPhone. Perceived quality berpengaruh positif terhadap terhadap purchase intention pada pengguna iPhone. Sementara itu, secara bersama-sama variabel Country image, Product image, Perceived quality berpengaruh positif terhadap terhadap purchase intention pada pengguna iPhone. Kajian dari penelitian ini diharapkan mampu membantu Apple sebagai produsen dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dengan mempromosikan citra negara asal, memperkuat citra produk, dan meningkatkan persepsi kualitas produk iPhone.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]