ANALISIS PENGARUHCITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN APPLE IPHONE

Agus Haryono, Elistia Elistia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek (brand image) terhadap loyalitas konsumen apple iphone.Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang membeli dan menggunakan apple iphone.Jumlah sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan Quota Sampling yaitu sebesar 100 responden.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan kriteria yaitu calon responden merupakan mahasiswa universitas esa unggul, telah membeli dan menggunakan apple iphone. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara citra merek (brand image) terhadap loyalitas konsumen adalah metode analisis regresi linear sederhana.diperoleh hasil dimana koefisien korelasi menunjukan bahwa hubungan antara konstruk variabel independen (citra merek) dan variabel dependen (loyalitas konsumen) adalah kuat. Kemudian nilai koefisien determinasi pada model summaryAngka menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel citra merek.Sedangkan nilai residu regresi linear sederhana di jelaskan loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel citra merek.

 

Kata kunci : citra merek, dan loyalitas konsumen

 


Full Text:

PDF

References


Anggarani WPT, A., Kenny, A. (2016), Pengaruh Service Quality dan Brand Image terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen pada Inul Vizta Karaoke di Jakarta (Studi Kasus pada Kepuasan Konsumen Inul Vizta Karaoke, Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul

Brigays, Herlley. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian J.CO Donuts Di Jakarta Barat. Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Ferrinadewi. (2008). Pengaruh Threat Emotion Konsumen dan Brand Trust pada Keputusan Pembelian Produk Susu Anlene di Surabaya.

Hamdani. (2013). Pengaruh Produk, Harga, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pedagang Eceran Membeli KeripikUsus Ayam Pada Perusahaan Bintang Bersinar Di Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Hardiyanto. (2011). Modul Perilaku Konsumen. fakultas ilmu komunikasi universitas mercu buana, jakarta.

Heuvel, Dana VanDen. (2009). Hierarchy Of Effects. The Marketing Savant Group.

Hidayatullah, Taufiq. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Panin BankTbk .

Http://palupi-kh.blogspot.com/2010/10/perilaku-konsumen.html

Http://www.learnmarketing.net/hierarchy_of_effects_model.html

Husein, Umar.,2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Gramedia, Jakarta.

Jatmiko. (2017). Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Otomotif Pada Industri Kreatif di Indonesia. icebuss.org/paper/082.docx

Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012.

Keller, Kevin Lane. (2008). Strategic Brand Management : Building, Measuring and Management Brand Equity 3rd Edition. Hal 58.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

......................, (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 9, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kustini. (2011). Experiental Marketing, Emotional Branding, and Brand Trust and their Effect on Loyalty on Honda Motorcycle Product. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, Vol. 14, No. 1.

Lee, Lau. (1999). Consumer Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management.

McDaniel, et al. (2001). Pemasaran Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.

Nalau, Antonio. (2012). Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan J. Co Donuts & Coffee Di Plaza Mulia Samarinda.

Naresh, Malhotra K. (2005). Riset Pemasaran pendekatan Terapan, edisi Keempat,jilid 1, Jakarta, PT Indeks, kelompok Gramedia.

Nugroho, Farid Yuniar. (2011). Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen. Yogyakarta: Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Pradipta, Dyah Ayu. (2012). Pengaruh Citra Merek Brand Image Terhadap loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas PT. Pertamina Persero Enduro 4T di Makassar.

Priyanto. (2011). SPSS Untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariant, Gava Media) Yogyakarta.

RA Nurlinda, Eka Bertuah, R Setiyati. (2018) Consumer Preferences Model In Offline And Online Shopping Behaviour On Retail Business. International Conference On Governance And Accountability (Icga), 16

Ratri, Lutiary Eka. (2007). Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) Operator Seluler dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro.

Rizan, Muhammad. (2012). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro).

S Sugiyanto, S Sudarwan. (2016). Model Kointegrasi Pasar Modal Indonesia Dengan Pasar Modal Regional- Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 2016

Sri Handayani, Kiki Iskandar. (2013). Implementasi Intellectual Capital dalam Peningkatan Kinerja Operasional dan Kinerja Pasar, Proceeding Seminar Nasional dan Call For Paper, SINAU UPN Jakarta 1 (UPN)

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta.

Suharno, Yudi Sutarso. (2009). Marketing in practice, CV. Sary Cards, Samarinda.

Sulistian, Ogi. (2011). (Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok Gudang Garam Filter) Kuningan: Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan. Semarang.

Yahya, Dwi Kartini. (2005). Costumer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan). Penerbit Erlangga. Jakarta.

Yazid. (2003). Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua, Sleman, Yogyakarta, EKONISIA.

Yusup, Muhammad. (2011). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus pada Mahasiwa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro) Semarang.

Zeithaml, Valerie A, Bitner M, J., Gremler, Dwayne. (2000). Service Marketing, Singapore, McGraw-Hill International Edition.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]