PERANAN CITRA MEREK TDR RACING DALAM PEMBENTUKAN LOYALITAS KONSUMEN

Andy Hendri, Tantri Yanuar R. Syah

Abstract


Abstrak

Perkembangan sepeda motor di Indonesia dari tahun ke tahun semakin tinggi. Meningkatnya pengguna sepeda motor di Indonesia diiikuti juga oleh meningkatnya permintaan atas produk spare part motor.Hal ini membuat persaingan dalam dunia industri spare part motor di Indonesia menjadi semakin ketat karena bermunculan merek-merek baru yang membuat pilihan semakin banyak.Perusahaan harus mampu menciptakan Citra yang baik terhadap mereknya sehingga dapat membuat orang-orang membeli produknya, sehingga pada akhirnya terciptalah kepuasan dan kepuasan itu dapat terus berkembang menjadi loyalitas konsumen terhadap produk.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji factor, uji realibilitas, uji ANOVA, dan uji Structural Equation Model (SEM).Dimana hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa citra merek yang dimiliki produk TDR Racing berhasil mempengaruhi terciptanya kepuasan konsumen. Namun, citra merek yang dimiliki TDR Racing belum tentu membuat konsumen menjadi loyal terhadap produk TDR Racing, tetapi untuk membuat konsumen menjadi loyal terhadap produk TDR Racing perusahaan harus mampu menimbulkan rasa kepuasan konsumen terhadap produk TDR Racing terlebih dahulu.

 

Kata kunci : citra merek, kepuasan pelanggan, loyalitas konsumen


Full Text:

PDF

References


Aaker, David A.(1991). Managing Brand Equity: Capitalizing On The Value of Brand Name. Free Press, New York.

Armstrong, Garry dan Philip Kotler. (207). Marketin an Introduction, Edition 8. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Auda, Rima Zhuhriah. (2009). “Pengaruh Citra Merek Terhadap Intensi Membeli”. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Griffin, Jill. (2005). Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga, Jakarta.

Haerudin, Heri. (2010). “Pengaruh Citra Merek Sepeda Motor Honda Terhadap Minat Beli Konsumen”.Skripsi.Bandung : Universitas Pasundan.

Hair et. al. (2010). Multivariate Data Analysis, 7th Edition.Pearson Prentice Hall, New Jersey, 201.

Hasyim, A. & Anindita, R. (2009). Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran. Jakarta: UIEU-University Press.

http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&id_subyek=17&notab=12

Hurriyati, Ratih. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Cetakan pertama. Alfabeta, Bandung.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE, Yogyakarta.

Jatmiko. (2017). Brand Equity Sebagai Pembentuk Keputusan Pembelian Melalui Purchasing Intention Pada Konsumen Sepeda Motor. Jurnal Ekonomi 8.

Jumhur, Adang. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Pustaka Setia, bandung.

Keller, Kevin Lane. (2008). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity 3rd Edition. Pearson Education, Inc, Upper Saddle River.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2000). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. PT.Prenhallindo, Jakarta.

______, (2007). Marketing An Introduction Eight Edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, Philip. (2003). Marketing Management 11th Edition. International Prentice Hall, New Jersey.

______, (2005). Manajemen Pemasaran, Edisi 11, Jilid 2. INDEKS, Jakarta.

Meenaghan, Tony. (1995). “The Role of Advertising in Brand Image Development”. Journal of Product and Brand Management Vol.4 Iss.4.

MFA Adhikara. (2011). CREATIVE ACCOUNTING: Apakah Suatu Tindakan Ilegal?. AKRUAL: Jurnal Akuntansi 2 (2), 109-135.

Mowen, J.C dan M. Minor. (2001). Perilaku Konsumen, Andi, Yogyakarta.

P Adrie, H Sri, P Ari. (2014). Perilaku Pengendalian Diri pada Perilaku Manajemen keuangan Personal Berdasarkan pada Teori Planned Behavior Menggunakan Pendekatan, Journal & Proceeding Fakultas Ekonomi & Bisnis.

Rahma, Eva Sheilla. (2007). “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian”. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Rangkuti, Freddy. (2002). Measuring Customer Satisf ication Teknik Mengukurdan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN-JP,PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ruswanti, E. (2016). Education entrepreneurship, training hair cut of entrepreneurial motivation. International Journal of Economics and Management. 10(S1): 167-181.

Simamora, Bilson. (2002). Aura Merek (7 Langkah Membangun Merek Yang Kuat). PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Stephen et.al. (2007). “The Effect of Brand Image on Overall Satisfaction and Loyalty Intention In The Context Of Colour Cosmetic”. Asian Academy of Management Journal, Vol.12, No.1.Malaysia.

Taniredja. (2011). Tukiran dan Hidayati Mustafidah, Penelitian Kuantitatif. Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran, Edisi 1. Andi, Yogyakarta.

_____, (2002). Strategi Pemasaran, Edisi 2. Andi, Yogyakarta.

_____, (2006). Pemasaran Jasa, Edisi 1. Bayumedia, Malang.

YK Sri Handayani. (2013). Membangun Kepercayaan Terhadap Merek Untuk Meningkatkan Loyalitas Melalui Nilai Utilitarian Dan Hedonic Pada Pengguna Nokia, Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Forum Manajemen Indonesia Ke 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]