ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN MINYAK KAYU PUTIH CAP LANG

Andini Agustianingtyas, Mirna Tria P

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian minyak kayu putih cap lang dan untuk mengetahui faktor yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian minyak kayu putih Cap Lang. Metodologi yang digunakan pada pengambilan sampel adalah metode quota sampling dengan jumlah sampel yang diperlukan adalah 150 responden. Analisis dilakukan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan analisis faktor dari penyebaran kuesioner dengan 34 indikator pertanyaan. Dari penelitian menunjukkan terdapat 8 faktor yang diberi namafaktor fungsi, faktor keutamaan, faktor pemahaman konsumen, faktor sosial, faktor harga, faktor distribusi, faktor pertahanan, dan faktor ketertarikan. Faktor yang dominan dalam melakukan pembelian minyak kayu putih cap lang adalah faktor fungsi yang terdiri dari faktor produk dan faktor psikologis berdasarkan nilai eigenvalue sebesar 8.028.

 

Kata kunci : produk, harga, distribusi, promosi, faktor sosial, faktor psiko keputusan pembelian 


Full Text:

PDF

References


A Putra, S Handayani, A Pambudi. (2013). Perilaku Pengendalian Diri Pada Perilaku Manajemen Keuangan Personal Berdasarkan Pada Teori Planned Behavior Menggunakan Pendekatan Partial Least Square Sustainable Competitive …,- jp.feb.unsoed.ac.id

Ali Hasan. (2013). Marketing, Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Anggarani WPT, A. (2013). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen terhadap Produk Handphone Blackberry, Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul 4 (1), 17913, Esa Unggul University.

Arianto, Rika Budiarto, dan Nina Sutyaningsih. (2005). Pengantar Analisis Multivariat Dengan SPSS 12, Jakarta : Salemba Infotek.

Bilson Simamora. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Danang Sunyoto. (2013). Perilaku Konsumen, Yogyakarta : CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen, Yogyakarta : Andi.

Freddy Rangkuti. (2013). Customer Service Satisfaction and Call Center Berdasarkan ISO 9001, Jakarta : Gramedia.

Hayim dan Rina Anindita. (2009). Prinsip-prinsip Metode Riset Bidang Pemasaran, edisi pertama, Jakarta : Penerbit UIEU-University Press.

Herry Widagdo. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Komputer Pada PT. XYZ Palembang, Vol 1, No 1, September 2011.

http://www.caplang.com.

Jackson R.S. Weenas. (2013). Kualitas produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comfort, Vol 1, No 4, Desember 2013.

Jamaluddin, J., & Ruswanti, E. (2017). Impact of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty: A Case Study in a Private Hospital in Indonesia. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM). 15(3): 23-33.

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1, Jakarta : Erlangga.

Kotler Philp dan Gary Amstrong, (2003). Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi ke Sembilan, Jilid 1, Jakarta :PT. Indeks Kelompok Gramedia.

L Amalia, Rojuaniah, J. (2014). Suharnamodel Early Warning System Untuk Memprediksi Tingkat Fluktuasi Harga Pada Komoditas Pertanian. Sustainable Competitive Advantage (Sca) 3 (1).

RA Nurlinda, P Utami. (2014). Analisis Persepsi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Berbelanja Online Melalui Instagram, Jurnal Ekonomi 10 (2), 121-130

Rahmat. (2013). Statistika Penelitian, Bandung : Pustaka Setia.

Ratih Hurriyati. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Cetakan pertama, Jakarta : CV Alfabeta.

Rima Zhuhriah Auda. (2009). Pengaruh Citra Merek Terhadap Intensi Membeli, USU Repository.

Suharno dan Yudi Sutarso. (2010). Meketing in Practice, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Syofian Siregar. (2013). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta : Bumi Aksara.

Titik Wijayanti. (2012). Marketing Plan Perlukah?, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Ujang Sumarwan dkk. (2009). Pemasaran Strategik, Jakarta : Inti Prima.

Zulian Yamit. (2013). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Yogyakarta : Ekonisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]