PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN WANITA ONLINE DENGAN MEDIA SOSIAL MELALUI MINAT BELI (STUDI KASUS DI WILAYAH CAKUNG, JAKARTA TIMUR DAN KEBON JERUK, JAKARTA BARAT)

Elinda Ardiani, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth terhadap minat beli pakaian wanita online dengan media sosial, untuk mengetahui pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian pakaian wanita online dengan media sosial, dan untuk mengetahui pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pakaian wanita online dengan media sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen wanita yang pernah membeli dan menggunakan pakaian wanita online dengan media sosial di wilayah kecamatan Cakung Jakarta Timur dan kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat.Sampel diambil dengan menggunakan metode Quota Sampling sebanyak 110 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling.Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah Path Analysis (analisis jalur) untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan tidak langsung antarvariabel. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel word of mouth berpengaruh terhadap variabel minat beli, variabel minat beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan minat beli merupakan variabel intervening antara variabel word of mouth terhadap keputusan pembelian pakaian wanita online dengan media sosial.

 

Kata kunci :Word Of Mouth, Minat Beli, Keputusan Pembelian

 


Full Text:

PDF

References


A Gunawan, S Sugiyanto. (2013). Pengaruh Identitas Kelompok Terhadap Self-esteem Pada Komunitas Reggae Di Jakarta- Jurnal Psikologi Esa Unggul

A Putra. (2014). Pengujian Personal Financial Behavior, Planned Behavior terhadap Self Control Behavior dengan Theory Planned of Behavior. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 2014 - journal.unj.ac.id

Balawera, Asrianto. (2013). “Green Marketing dan CSR Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui Minat Membeli”. Jurnal EMBA.

Hasan, Ali. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Yogyakarta.CAPS.

Hasan, Ali. (2009). Marketing. Yogyakarta. Medpress.

Hasyim dan Anindita, R. (2009). Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran. Jakarta : UIEU-University Press.

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Indrawijaya, Sigit. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Roti Manis.Mankeu.

Irianto, Agus. (2014). Statistik Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Edisi kedua. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Kotler, Philip dan Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas.Jilid kedua. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas.Jilid pertama. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Malhotra, Naresh, K. (2009). Riset Pemasaran Pendekatan Terpadu. PT Indeks.

Mamang, Etta dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekata Praktis. Yogyakarta. Andi.

Matari FM, C., Sugiyanto, Jatmiko. (2018). Analysis of Market Power Hypothesis and Efficiency Hypothesis in ASEAN Banking, Journal of Emerging Issues in Economics, Finance and Banking 8 (1), 2681 – 2697.

Mudjiarto. (2016). Membangun Karakter Dan Kepribadian Kewirausahaan Cet: 1. 1.

Pardede, Ratlan dan Manurung, Renhard. (2014). Analisis Jalur Path Analysis Teori dan Aplikasi dalam Riset Bisnis. Jakarta. Rineka Cipta.

Prasetijo, Ristiyanti, dan Ihalauw, J.J.O.I. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi Yogyakarta.

Riduwan dan Kuncoro, E.A. (2007). Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung. Alfabeta.

Soebijanto, Fendy dan Kunto, S.Y. (2013). Analisa Efektifitas Program Promosi Top Gondola Kopi Kapal Api Ditinjau Dari Peningkatan Ekuitas Merek Dan Minat Beli (Studi Kasus Di Pt Fastrata Buana Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.

Sulistyowati, Dwi, et.al. (2014). Pengaruh Periklanan, Hubungan Masyarakat, Dan Word Of Mouth Terhadap Ekuitas Merek Sepeda Motor Matic Honda Vario. Jurnal Ilmu Administrasti Bisnis.

Tandjung, J.W., Prayoho, T. dan Prabowo, A. (2013). Stop Promotion Start Communi-cation. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Umar, Husen. (2003). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada..

YK Sri Handayani. (2012). Membangun Keper-cayaan terhadap merek Untuk Mening-katkan Loyalitas Melalui Nilai Utilitarian dan Hedonic pada Pengguna Nokia, Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Forum Manajemen Indonesia Ke 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]