HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA VARIO TECHNO 125 PGM-FI DI KOTA TANGERANG

Nanda Azanil Yuneri, RA Nurlinda RA Nurlinda

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi besarnya ketersediaan dan permintaan sepeda motor terutama jenis matic di Indonesia, karena sepeda motor matic merupakan alat transportasi yang mudah, serta nyaman tanpa perlu ganti gigi dan tidak menggunakan kopling. Penelitian skripsi ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen: Studi pada Konsumen Sepeda Motor Honda Vario Techno 125 PGM-FI Di Kota Tangerang. Sedangkan untuk pengambilan sampel menggunakan conveneince sampling dan penentuan banyaknya jumlah sampel sebagai responden disesuaikan dengan banyaknya item pernyataan yang digunakan. Data-data yang telah memenuhi uji validitas dan realibilitas maka dilakukan analisis lebih lanjut dengan menyebarkan kuesioner kembali dan dilakukan analisis selanjutnya. Hasil analisis didapatkan bahwa 2 hipotesis yang diterima dari 5 hipotesis yang diajukan. Hipotesis yang diterima yaitu kepuasan konsumen mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen dan hipotesis yang kedua harga mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen.

 

Kata kunci : harga, kualitas produk, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen


Full Text:

PDF

References


Adhikara MFA, Maslichah, Diana N. (2013). Karak-teristik Kualitatif Informasi Dalam Revisian Keyakinan Pengguna Untuk Penilaian Prospek Sekuritas Di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XVI 16 (Akuntansi Keuangan Dan Perilaku Pasar.

Ahmadun dan Sobar Dwi Ganda. (2009). Jurnal Pengaruh Kualitas Produk, Reputasi Merek dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen. Universitas Respati Indonesi (URINDO). Jakarta.

Anggarani & Kenny. (2016). Pengaruh Service Quality dan Brand Image terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen pada Inul Vizta Karaoke di Jakarta (Studi Kasus pada Kepuasan Konsumen Inul Vizta Karaoke, Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul 7 (2), 79542.

Anoraga, Pandji. (2000). Manajemen Bisnis, PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Aristo dan Ari Setianingrum. (2011). Jurnal Of Business Strategy and Execution. Vol 2, 2011.

Assael, Henry. (1995). “Costumer Behavior And Marketing Action”. Keat Publishing Company, Boston.

http://www.astra-honda.com/index.php/berita/view/462.

http://www.tempo.co/read/news/2013/11/13/122529370/Penjualan-Sepeda-Motor-Naik-54-Persen. Diakses 29 Januari 2014.

http://www.tempo.co/read/news/Honda-Masih-Jadi-Raja-Sepeda-Motor. Diakses 12 Desember 2013

Irawan, Handi. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Elex Media Komputindo. Jakarta.

Jatmiko. (2012). Komunikasi Pemasaran Sebagai Strategi Memperluas Pasar. Komunikologi 9 (2).

Karnawati, Y., Handayani, S. (2019). Achieving Competitive Advantage Through Intellectual Capital, https://aicar2019.confglobal.org/kfz/, 73

Kotler, Philip dan keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, PT Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid II, Edisi Kesebelas, Alih Bahasa Banyamin Molan, Indeks. Jakarta.

Mc Charthy dan Perrefault. (2003). Dasar-dasar Pemasaran. Alih Bahasa Agus Dharma, Erlangga. Jakarta.

P. Cannon, Joseph et al. (2009). Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial, Penerjemah: Diana Angelica dan Ria Cahyani, Edisi 16 Buku 2, Salemba Empat. Jakarta.

Purwaningsih, Retno, Agustina, Iman Murtono Soenhadji, Ph.D. (2010). Pengaruh Kualitas Produk dan Tingkat Kepuasan Pelanggan dan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Sepeda Motor Merek Honda. Universitas Gunadarma. Jakarta.

Purwati et al. (2012). Pengarh Harga dan kualitas produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus Pada PT Nusantara Solar Sakti), Vol 2 No 3, Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang.

RA Nurlinda, Eka Bertuah, R Setiyati. (2018). Consumer Preferences Model In Offline And Online Shopping Behaviour On Retail Business. International Conference On Governance And Accountability (Icga), 16

Selnes, Fred. (1993). “An Examination of the Effect of Product Performance on Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty”. Journal of Marketing, Vol.27, No 9. European.

Septria, Revita. (2013). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Atas Pengembangan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Honda Vario Techno Di Kabupaten Pasaman Bara, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Sugiyanto; Rojuaniah. (2014). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Solaria (Studi Kasus Di Mall Citraland digilib.esaunggul.ac.id

Suhaji dan Haris Munandar. (2010). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Flexi Di Kota Semarang Dengan Intervening Kepuasan Pelanggan.

Sururi, Ahmad dan Mudji Astuti. (2003). Pengaruh Kualitas Produk Telepon Seluler Nokia Terhadap Kepuasan Pelanggan di Universitas Muhamadiyah Sidoarjo. Iktisada: Vol.2 (2).

Swastha, Basu dan Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta.

Swastha, Basu (2000). Azas-azas Marketing. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy et al, (2008). Pemasaran Strategik, Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (1999). Strategi Pemasaran, Penerbit Andi. Yogyakarta.

W. Lamb, Charles, Jr et al. (2001). Pemasaran 2, Salemba Empat (PT Salemba Patria). Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]