PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL ASTRA HONDA AUTHORIZED SERVIS STATION SARANA MOTOR DI TANGERANG

Naka Sebastian, Rojuaniah Rojuaniah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini variabel independen terdiri dari kualitas pelayanan dan harga, sedangkan variabel intervening adalah kepuasan pelanggan dan variabel dependen adalah loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan pada pengambilan sampel adalah metode non probability sampling dengan jumlah sampel yang diperlukan 135 responden yang berasal dari penyebaran 27 pernyataan kuesioner. Responden penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan menggunakan jasa bengkel AHASS sarana motor. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur. Hasil analisis didapatkan bahwa empat hipotesis yang diterima dari lima hipotesis yang diajukan. Hipotesis yang diterima yaitu kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan harga dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada bengkel AHASS sarana motor tangerang.

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah Thamrin dan Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Amanah, Dita. (2010). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M Yamin Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol 2, No 1.

Anggarani WPT, A., Wulandari, D. (2015). Product Quality And Price Perception Buying Decision Against Salonpas Pain Relief Patch In Hypermart Daan Mogot West Jakarta, Journal of Management and Business 14 (1)

Aryani, Dwi dan Febrina Rosinta. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Volume 17, No 2.

Etta mamang Sangadji dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Andi.

Hasan, Ali. (2009). Marketing, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Medpress.

Hasyim, Rina Anindita. (2009). Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran, Jakarta: UIEU-University Perss.

Hurriyanti Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Cetakan Ketiga, Bandung: Gegerkalong Hilir.

Imasari Kartika dan Kezia Kurniawati Nursalin. (2011). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT BCA Tbk. Jurnal Fokus Ekonomi, Vol 10, No 3.

Irawan, Deny dan Edwin Japarianto. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 1, No 2.

Jumono, Sugiyanto & Matari FM. (2018). Why Have Bank Profitability Been High in Indonesia? An Analysis Using Dynamic Panel Data Approach, Journal of Economic & Management Perspectives 12 (2), 353-367.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2006). Prinsip-Prinsip pemasaran, Edisi 12, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1 dan 2, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jakarta: PT. Prehallindo

Kuncoro, Mudrajad. (2003). Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi, Jakarta: Erlangga.

Kurniasih Dwi Indah. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Variabel Kepuasan Pada Bengkel AHASS 002 Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 1, No 1.

Liputan 6, Otomotif. (2016). Data Bulanan Penjualan Sepeda Motor Honda, www.otomotif.liputan6.com, diakses 15 Januari 2016.

Lubis Nurbaity Arlina dan Martin. (2009). Pengaruh Harga (Price) dan Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Deli Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 2, No 1.

Mahmud, Amir et.al. (2013). The Effect of Service Quality and Price on Satisfaction and loyalty of Customer of Commercial Flight Service Industry. World Applied Sciences Journal, 23, (3).

MFA Adhikara, Disjunction Behaviour in the Indonesia Stock E xchange (IDX), International Journal of Applied Business and Ec onomic Research 15.

Noerchoidah. (2013). Analisis Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Iklan terhadap Brand Image dan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasaki. Jurnal WIGA, Vol 3, No 1.

Oentoro, Deliyanti. (2010). Manajemen Pemasaran Modern, PT. LaksBang PRESSindo, Jakarta.

Oentoro, Deliyanti. (2012). Manajemen Pemasaran Modern, Jakarta: PT. Laksbang Pressindo.

Pardede, Ratlan dan Reinhard Manurung. (2014). Analisis Jalur Teori dan Aplikasi dalam Riset Bisnis, Jakarta: Bhineka Cipta.

Pramudyo Anung. (2012). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Intervening Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta. Jurnal JBMA, Vol 1, No1.

Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. (2012). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis, Cetakan keempat, Bandung: CV. Alfabeta.

Ruswanti, E. (2016). The impact of the impulse buying dimension and cherry picking: an empirical study. Journal of Indonesian Economy and, Business. 31 (1): 81-98

Shofiyyuddin, Achmad. (2013). Pengaruh kualitas Pelayanan dan Harga terhadap kepuasan dan Loyalitas pelanggan (Studi pada Pasien Rawat Inap di Rumah sakit NU Tuban). Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol 11. No 3.

Simamora, Bilson. (2003). Memenangkan Pasar, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiharti. (2012). Membangun Citra Merek Yang Positif Dalam Rangka menciptakan Kepuasan dan Kesetiaan Pelanggan. Jurnal JBMA, Vol 1, No 1.

Sugiyanto, Jatmiko, Handayani S. (2016). Pelatihan Literasi Iklan untuk Mahasiswa Manajemen Bisnis di Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas 3 (1).

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Caps.

Sunyoto, Danang. (2013). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Caps.

Tjiptono, Fandy. (2005). Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Offset.

Triton, PB. (2008). Marketing Strategic, Yogyakarta: Tugu Publisher.

Ujang Sumarwan, Agus djunaidi, Aviliani. (2009). “pemasaran Strategik- Strategi untuk Pertumbuhan Prusahaan dan penciptaan Nilai bagi pemegang saham. Jakarta timur: Initi Prima.

Wangean Hariandy Ryanto dan Silvya L.Mandey. (2014). Analisis Citra Merek Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil All New Kia Rio di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol 2, No 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]