PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PASTA GIGI CIPTADENT MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS DI WILAYAH KECAMATAN PINANG, TANGERANG)

Lissa Nidya Maulinda, Joel Aidil F

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian, pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan melalui keputusan pembelian sebagai intervening, dan pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan. Variabel independent adalah Brand Image, Variabel Dependent adalah Loyalitas pelanggan, dan Variabel Intervening adalah Keputusan Pembelian Responden penelitian ini adalah seluruh pembeli dan pengguna pasta gigi ciptadent di wilayah Kecamatan Pinang, Tangerang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh langsung terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Ciptadent, keputusan pembelian berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan pasta gigi ciptadent, brand image berpengaruh langsung terhadap Loyalitas pelanggan pasta gigi ciptadent, Brand image berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui keputusan pembelian.

 

Kata kunci: brand image, keputusan pembelian, loyalitas pelanggan

 


Full Text:

PDF

References


Antonio Nalau. (2012). “Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan J.Co Donuts & Coffee di Plaza Mulia Samarinda”. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis, 2012. Hlm 6-7.

Anung Pramudyo. (2012). ”Jurnal Pegaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Intervening”.

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada. Hlm,204.

Durianto, Darmadi., Sugiharto., dan Tony Sitinjak. (2004). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek: PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. hlm 2-3.

Griffin, Jill. (2003). Customer loyalty: Erlangga, Jakarta. Hlm 4.

Hasyim, Rina Anindita. (2009). Prinsip-prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran, Jakarta,UIEU-University Press, hal 73.

Handayani, S., Karnawati, Y., Sururi Afif, A. (2018). Effect Of Audit Knowledge, Work Experience, And Gender On Audit Quality In Jakarta City, International Conference On Recent Innovations, 34.

Kartika imasari, kezia kurniawati nursalin. (2011). “Pengaruh customer relationship mana-gement terhadap loyalitas pelanggan pada PT BCA Tbk”.

Keller, Kevin Lane. (2000). Strategic Brand Management; Building, Measuring, amd Managinh Brand Equity,: Prentice Hall. New Jersey. hal 33.

Kotler, Philip & Amstrong. (2008). Dasar-dasar Pemasaran. Edisi 9. Jilid 1. Alih Bahasa:Alexander Sindoro. Jakarta : PT. Index. Hal. 224.

Kotler, Philiph. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium 2, Jakarta; PT.Prenhalindo. Hlm. 460.

Mowen, J.C dan Minor, M, (2002). Perilaku Konsumen, Jilid I, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga.

P Adrie, H Sri, P Ari. (2014). Perilaku Pengendalian Diri pada Perilaku Manajemen keuangan Personal Berdasarkan pada Teori Planned Behavior Menggunakan Pendekatan. Journal & Proceeding Fakultas Ekonomi & Bisnis.

Peter dan Olson dalam Fransisca. (2013). “Jurnal Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian”.

Ra Nurlinda, Eka Bertuah, R Setiyati. (2017). Consumer Preferences Model In Offline And Online Shopping Behaviour On Retail Business. International Conference On Governance And Accountability (Icga), 16.

S Sugiyanto, S Sudarwan (2016) Model Kointegrasi Pasar Modal Indonesia Dengan Pasar Modal Regional - Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 2016

Sugiharti. (2012). “Jurnal Membangun Citra Merek Yang Positif Dalam Rangka Menciptakan Kepuasan dan Kesetiaan Pelanggan”, JBMA – Vol. I, No. 1, Juli 2012.

Sulistyawati, Praba. (2010). “Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acer,”.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hlm,331.

Tjiptono, Fandy. (2001). Manajemen Jasa, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta:CV. Andi Offset. Hlm,104

www.topbrand-award.com/pastagigi ciptadent 2009-201

YK, Sri Handayani. (2014). Membangun Kepercayaan Terhadap Merek Untuk Meningkatkan Loyalitas Melalui Nilai Utilitarian Dan Hedonic Pada Pengguna Nokia. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Forum Manajemen Indonesia Ke 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]