ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIORE BODY FOAM MELALUI CITRA MEREK

Nurul Aini, Eka Bertuah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap citra merek Biore body foam, untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian Biore body foam, dan untuk mengetahui celebrity endorser terhadap keputusan pembelian Biore body foam melalui citra merek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen wanita yang pernah menonton iklan Biore body foam dengan bintang iklan Eva Celia Lesmana dan pernah membeli dan menggunakan produk tersebut di wilayah Kecamatan Kembangan Kotamadya Jakarta Barat. Sampel diambil dengan menggunakan Metode Quota Sampling sebanyak 110 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Path Analysis untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antarvariabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa celebrity endorser berpengaruh positif terhadap citra merek, citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Biore body foam tanpa melalui citra merek.

 

Keywords : celebrity endorser, brand image, purchasing decisions


Full Text:

PDF

References


A Putra, S Handayani, A Pambudi. (2013). Perilaku Pengendalian Diri Pada Perilaku Mana-jemen Keuangan Personal Berdasarkan Pada Teori Planned Behavior Meng-gunakan Pendekatan Partial Least Sustai-nable Competitive…, - jp.feb.unsoed.ac.id

Adhikara MFA. (2008). “Mental Accounting investor (Studi Eksplorasi Perilaku Pre-ferensi Investor di Bursa Efek Indonesia)”. Jurnal Indonusa 13 (12), 251-261.

Anderson, Marcus. (2009). Ambassador networks and place branding. Journal of Place Management and Development.

Anindita Rina dan Hasyim. (2009). Prinsip-PrinsipDasarMetodeRisetBidangPemasara, Edisi pertama, UIEU-University Press, Jakarta.

Basu Swastha dan Irawan, (1998). Manajemen Pemasaran Modern, Liberty ,Yogyakarta.

Gunawan, FitriAnggraini, dan Diah. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televisidan Endorser Terhadap Purchase Intention Ponds Men dengan Brand Awareness sebagaiVariabel Intervening, Jurnal Manajemen Pemasaran.

Hasan, Ali. (2013). Marketing danKasus-KasusPilihan, CAPS, Yogyakarta.

Jatmiko. (2017). Brand Equity Sebagai Pembentuk Keputusan Pembelian Melalui Purchasing Intention Pada Konsumen Sepeda Motor. Jurnal Ekonomi 8 (2)

Keller, Kevin Lane. (2008). Strategic Brand Management, Building Management, Building Measuring, and Managing Brand Equity, Third edition, Prentice Hall, New Jersey.

Kotler Philipdan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-PrinsipPemasaran, edisi 12, jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler Philipdan Kevin Lane Keller. (2007). ManjemenPemasaran, edisi 12, jilid 1, PT IndeksKelompokGramedia, Jakarta.

__________, (2007). Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta, jilid 2, edisi 12.

Natalia, Sheyrentdan Leonid J.V. (2013). Analisa Prediksi/PenilaiEfektivitasPenggunaanSelebritissebagai Brand Endorser untuk Mem-bangun Brand Image, Jurnal of Marketing Management, Vol.1, No.1, 2013.

Nurhasanah, N., Anggarani Wpt, A. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kemudahan Pada Situs Jual Beli Online, Jurnal Ekonomi 1 (10), 15.

Pardede dan Manurung. (2014). Analisis Jalur (Path Analysis). Rineka Cipta, Jakarta.

Rahmat. (2013). Statistika Penelitian, CV Pustaka, Bandung.

Riduwan, Engkos Achmad Kuncoro. (2013). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis, Alfabeta, Bandung.

Royan, Frans. (2004). Marketing Celebrities, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Ruswanti, E. (2013). Cherry pick, shopping satisfaction, and market maven. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura. 16 (2): 289-298.

S Handayani. (2010). Efek Strategic Experiential Marketing (SEMs) dan Implementasinya Melalui Key Experiential Providers (Expros) Terhadap Loyalitas Pada Lion Air Dan Mandala Airlines. Jurnal Ekonomi 1 (EsaUnggul), 11-23.

Sandjojo, Nidjo. (2011). Metode Analisis Jalur (Path Analysis) dan Aplikasinya, Cetakan Pertama, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Sangadji, Eta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen, Andi, Jakarta.

__________, (2010). Metodologi Penelitian, Andi, Yogyakarta.

Schiffman dan Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen, edisi ketujuh, PT Indeks, Jakarta.

Shimp, Terence. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid 1, EdisiKelima, Erlangga, Jakarta.

__________, (2009). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga, Jakarta.

Soemanagara. (2006). Strategic Marketing Communication, Afabeta, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]