HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA YANG BERMAIN GAME ONLINE
Abstract
Salah satu dampak dari bermain game online adalah menurunnya motivasi belajar siswa karena siswa tidak mampu mengontrol dirinya dalam bermain game yang juga berdampak kepada prestasi belajarnya. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kontrol diri dengan motivasi belajar pada remaja yang bermain game online. Metode: Metode penelitian kuantitatif non eksperimental, dengan pengambilan sampel sampling purposive yang melibatkan 100 pelajar dan mahasiswa remaja yang bermain game online. Alat ukur kontrol diri sebanyak 25 aitem valid dengan koefisien reliabilitas α = 0,915 dan alat ukur motivasi belajar sebanyak 32 aitem valid dengan koefisien reliabilitas α = 0,936. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif kuat antara kontrol diri dan motivasi belajar pada remaja yang bermain game online dengan uji korelasional (sig. 0,00, dan r= 0,803). Kontrol diri memberikan kontribusi 64,5 % terhadap motivasi belajar. Remaja lebih banyak memiliki kontrol diri yang rendah (55%), dan motivasi belajar yang rendah (52%). Adapun data penunjang menunjukkan adanya hubungan antara kontrol diri dengan usia remaja yang bermain game online. Namun tidak menunjukkan hubungan antara durasi bermain dan tanggapan orang tua subjek penelitian mengenai game online
Kata kunci: motivasi belajar, game online, remaja, kontrol diri
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.