GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KELAS REGULER YANG MENGIKUTI KELAS DARING DI UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Dini Fitrianita, Yuli Azmi Rozali

Abstract


Universitas Esa Unggul (UEU) adalah salah satu universitas swasta di Indonesia. Universitas Esa Unggul memiliki dua program pilihan kelas yaitu program kelas reguler (non-karyawan) dan program kelas karyawan. Namun, sejak terjadi pandemi Covid-19 pada bulan Maret 2020. Universitas Esa Unggul membuat kebijakan seluruh pembelajaran dilakukan secara daring baik di kelas reguler maupun di kelas karyawan. Tujuan: tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran motivasi belajar pada mahasiswa kelas reguler yang mengikuti kelas daring di Universitas Esa Unggul. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dengan teknik insidental sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa kelas reguler Universitas Esa Unggul dengan rentang angkatan tahun 2015-2019. Metode: Alat ukur motivasi berdasarkan teori Uno (2007) dengan hasil reliabilitas dalam penelitian ini (α) = 0,921 dengan 27 aitem valid dengan rentang validitas (r) 0,300 – 0,780. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa kelas reguler Universitas Esa Unggul menunjukan motivasi belajar rendah (53%). Selanjutnya, diketahui dimensi dominan dari motivasi belajar mahasiswa di Universitas Esa Unggul yaitu Ekstrinsik. Hasil tabulasi silang motivasi belajar dengan data penunjang diperoleh Mahasiswa reguler Universitas Esa Unggul yang lebih banyak mempunyai motivasi belajar tinggi adalah jenis kelamin laki-laki, berdasarkan fakultas dari Fasilkom, Fikes, dan Teknik, berdasarkan angkatan 2016 dan 2019, berdasarkan ekstrinsik tidak mendapat dukungan orang tua, memperoleh beasiswa, dan berdasarkan intrinsik tidak memiliki cita-cita.

 

Kata kunci: motivasi belajar, mahasiswa, kelas daring


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.