PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWI PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DITINJAU DARI KONTROL DIRI

Sa’idatul Amaliyah Fithriyani, Aisyah Ratnaningtyas, Grin Rayi Prihandini

Abstract


Shopee sebagai salah satu e-commerce yang paling diminati di Indonesia dengan peminat terbanyak yaitu wanita yang usia berkisar 19-24 tahun. Rata-rata wanita di usia tersebut masih berstatus sebagai Mahasiswi. Pada perilaku membeli di e-commerce, mereka cenderung melakukan pembelian secara impulsive karena di usia mereka termasuk ke dalam kategori remaja akhir, dimana mereka rentan terpengaruh karena masih labil sehingga peran kontrol diri perlu dicermati. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap impulsive buying pada mahasiswa pengguna e-commerce Shopee. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental, menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 271 mahasiswi pengguna e-commerce Shopee di Indonesia. Reliabilitas alat ukur kontrol diri sebesar 0,932 dengan 22 item valid, dan reliabilitas alat ukur impulsive buying sebesar 0,962 dan 33 item valid. Hasil: Hasil uji regresi diperoleh sig. (p) sebesar 0,000 dan Y = 122,925 – 0,934X, artinya terdapat pengaruh negatif kontrol diri terhadap impulsive buying. Kontribusi pengaruhnya yaitu sebesar 49,3%, selebihnya dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain.

 

Kata kunci: Kontrol Diri, Impulsive buying, Mahasiswi, Shopee


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.