ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI KONSUMEN POP MIE CUP (STUDI KASUS DI WILAYAH KEMANGGISAN JAKARTA BARAT)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada produk Pop Mie Cup. Dalam penelitian ini variable independen terdiri dari kualitas produk dan harga sedangkan variable dependen adalah keputusan pembelian dan variable intervening adalah minat beli. Metode penelitian yang digunakan pada pengambilan sampel adalah metode quota sampling dengan jumlah sampel yang diperlukan 125 responden yang berasal dari penyebaran 25 pernyataan kuesioner. Responden penelitian ini adalah masyarakat yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk Pop Mie Cup di wilayah Kemanggisan, Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Reliabilitas, Analisis Regresi Berganda dan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap minat beli. Lalu harga dan minat beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pop Mie Cup.
Keywords: product quality, price, buying interest and purchasing decisions
Full Text:
PDFReferences
Augusty Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Danang Sunyoto. (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Edisi Pertama, Media Pressindo, Yogyakarta: CV. Alfabeta.
Danang Sunyoto. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Deliyanti Oentoro. (2012). Manajemen Pemasaran Moderen, Jakarta. PT. LakBang PRESSindo.
Dessy Amelia Fristiana. (2012). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Volume 1, No 1.
Fandy Tjiptono dan Gregorius, Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi 2, Yogyakarta: Andi.
Fandy Tjiptono. (2005). Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Foster, S.T. (2007). Managing Quality: Integrating The Supply Chain Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education.
Hasyim dan Rina, Anindita. (2009). Prinsip-prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran. Jakarta,UIEU-University Press.
Hasyim, A. & Anindita, R. (2009). Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran. Jakarta: UIEU-University Press.
Ikanita Novirina Sulistyari, Yoestini. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame. Jurnal Manajemen, Volume 1, No 1.
Imam Suprayogo, Tobroni. (2001). Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Istijanto. (2005). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
J. Supranto dan Nandan Limakrisna. (2007). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 1, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Jumono, S., Sugiyanto, Matari FM, C. (2018). Why Have Bank Profitability Been High in Indonesia? An Analysis Using Dynamic Panel Data Approach, Journal of Economic & Management Perspectives 12 (2), 353-367.
Karnawati, Y., Handayani, S. (2019), Achieving Competitive Advantage Through Intellectual Capital. https://aicar2019.confglobal.org/kfz/, 73
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran 1. Edisi Milenium, Jilid 2. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jakarta: PT. Prehallindo.
Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Alih Bahasa: Benjamin Molan, Jakarta: PT. Indeks Kolompok Gramedia.
Malhotra, Naresh. (2014). Basic Marketing Research. Pearson Education. England.
Mittal, Harlam A Bari dan Lodish M Leonard. (1999). Organizational Market Information Process: Cultural Antecedent And New Product, Outcomes. Journal of Marketing. Volume XXXII.
Moleong, Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mudrajad Kuncoro. (2001). Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : UPP-AMP YKPN.
Mudrajad Kuncoro. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Nidjo Sandjojo. (2011). Metode Analisis Jalur (Path Analysis) dan Aplikasinya, Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Pustaka Sinar Harapan.
Payne, A. (2007). Pemasaran Jasa, Cetakan Kedua. Yogyakarta: Andi.
Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. (2012). Cara menggunakan dan Memaknai Path Analysis, Cetakan Keempat, Bandung: CV. Alfabeta.
Ruswanti, E. (2013). Cherry pick, shopping satisfaction, and market maven. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura. 16 (2): 289-298.
S Handayani. (2016). Discretionary Based Disclosure : The Relative Value RElevance OF Stakeholder and Shareholder Of Environmental Accounting Policy. ICEBUSS 2016 6 (FE Universitas Islam Malang).
Salvandi Qito.P, Agus Hermani dan Ngatno. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat pada PT. Astra Honda Motor Semarang. Jurnal ilmu Administrasi Bisnis. Volume 4, No 1.
Schiffman, Leon G dan Leslie L Kanuk. (1997). Consumer Behavior, New Jersey: Prentice Hall.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta.
Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian, Yogyakarta: CAPS.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Tri Asih Hidayati, Suharyono dan Dahlan Fanani. (2013). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahaiswa Penghuni Ma’had Sunan Ampel Al-Aly UIN Malang Tahun Angkatan 2012/2013 yang Mengkonsumsi Mie Instan Merek Indomie). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Volume 2, No 1.
Yohanes Lamarto. (2006). Prinsip Pemasaran, Edisi 7, Jakarta: Erlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]