ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN LUX CAIR MELALUI MINAT BELI
Abstract
Abstrak
Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara celebrity endorser terhadap keputusan pembelian melalui minat beli konsumen. Celebrity endorser yang menjadi variabel independen sedangkan minat beli dan keputusan pembelian menjadi variabel dependen. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Responden penelitian ini adalah konsumen yang pernah melihat iklan, membeli dan menggunakan sabun mandi Lux cair. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analysis path.Hasil penelitian menunjukan bahwa celebrity endorser memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli, minat beli memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan celebrity endorser berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian, jadi harus termediasi melalui minat beli.
Keywords: celebrity endorser, interestspurchase, purchase decision
Full Text:
PDFReferences
Anggarani WPT, A. (2013). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen terhadap Produk Handphone Blackberry, Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul 4 (1), 17913, Esa Unggul University
Asrianto Balawera. (2013). “Green Marketing dan Corporate Social Responsibility Pengar-uhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli Produk Organik Di Fresh Mart Kota Manado”, Jurnal EMBA, Volume 1.
Budi Utomo Sugiarto dan Dr. Hartono Subagio. (2014). “Analisa Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Atmosphere Ter-hadap Minat Beli di Dream of Khayangan Art Resto Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Volume 2.
Darmansyah, Muharti, dan Syamsul Bachri. (2014). “Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk diIndonesia (Penelitian Online)”. Jurnal Aplikasi Manajemen. Volume 2.
Dwi Sapitri, Sri Restuti, dan Deny Danar Rahayu. “Pengaruh Celebrity Endorser Dian Sastrowardoyo Terhadap Keputusan Pembelian Shampo L’Oreal”.
Fitri Anggraini, Gunawan, dan Diah Darmayanti. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televisi dan Endorser Terhadap Purchase Intention Ponds Men Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening, Vol 2, No 1.
Fransisca Juanda Kurniawan dan Yohanes Sondang Kunto. (2014). “Analisa Pengaruh Visibility, Credibility, Attraction, Power Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Bedak Marcks Venus.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Volume 2. No1.
Hasyim dan Rina Anindita. (2009). Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran. Jakarta : UIEU-University Press.
Intan Belly Widyawati. “Pengaruh Celebrity Endorser Anggun C Sasmi Terhadap Minat Beli Konsumen Shampo Panten.”
Jatmiko. (2017). Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Otomotif Pada Industri Kreatif di Indonesia. icebuss.org/paper/082.docx
Jonathan Sarwono. (2006). Analisis Data penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta. CV. Andi Offset.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lee, Monle & Carla Johnson. (2007). Prinsip – Prinsip Pokok Periklanan dalam perspektif Global. Edisi 1. Jilid 2. Jakarta : Kencana.
M.Royan, Frans. Marketing Selebrties : Selebriti Dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta. 2005
MFA Adhikara. (2018). Disjunction Behaviour in the Indonesia Stock E xchange (IDX), International Journal of Applied Business and Ec onomic Research 15.
Morissan. (2010). Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Pertama. Jakarta.
Muhamad Ikhsan Putra, Suharyono, Yusri Abdillah. (2014). “Pengaruh Brand Ambasador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap keputusan Pembelian (Survey kepada Pengguna Line di Asia).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Volume 12. No1.
Natalian Soesatyo dan Leonid Julian Rumambi. (2013). “Analisa Credibility Celebrity Endorser Model : Sikap Audience Terhadap Iklan dan Merek Serta Pengaruhnya Pada Minat Beli “Top Coffee”.Jurnal Manajemen Pemasaran. Volume 2.
Ratlan Pardede, Reinhard Manurung. (2014). Analisis Jalur Teori dan Aplikasi dalam Riset Bisnis. Jakarta. Bineka Cipta.
Ruswanti, E. (2016). The impact of the impulse buying dimension and cherry picking: an empirical study. Journal of Indonesian Economy and, Business. 31 (1): 81-98.
S Handayani, Yosevin. (2014). Companies Environmental Commitment and Competitiveness. Prosiding ICEBESS 1 (Dept of Management of UNDIP), 100.
Schiffman, Leon dan Kanuk L.,L. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi 7. New York : Prentice hall.
Sri Rahayu Triastuti, E Desi Arista. (2011). “Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen.” Asset.
Valentine Parengkuan, Adjie Tumbel dan Rudy Luenas. “Analisis pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Head & Shoulders di 24Mart Manaddo.” Jurnal EMBA. Volume 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]