PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN AHONG MOTOR GADING SERPONG TANGERANG

Hon Liung, Dihin Septyanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah servis motor pelanggan Ahong Motor pada periode Januari 2014 – oktober 2014. Berkurangnya jumlah pelanggan menunjukkan penurunan loyalitas pelanggan Ahong motor. Dengan adanya masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan meningkatkan kualitas layanan, harga dan kepuasan pelanggan. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan Ahong Motor, pengambilan sampel dengan menggunakan sampel purposive, jumlah sampel sebanyak 100 responden yang berkriteria diatas 17 tahun, pemakai motor serta minimal dua kali melakukan servis motor di Ahong Motor Gading Serpong. Metode analisa dengan Analisis Jalur, yang sebelumnya dilakukan uji validitas dengan analisis faktor dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Saran dari penulis adalah Sebaiknya peralatan bengkel ditata dengan rapi, supaya saat memerlukan alat lebih mudah dicari dan tidak menyebabkan pelanggan menunggu terlalu lama, serta menyediakan toilet dan ruang tunggu yang nyaman untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan seharusnya Ahong Motor bisa menetapkan harga lebih murah, atau memberikan potongan harga atau diskon bagi pelanggan yang sering servis motornya, atau memberi gratis bagi pelanggan yang hanya menambah angin ban atau mengencangkan rantai motor.

 

Keywords: service quality, price, customer satisfaction, customer loyalty


Full Text:

PDF

References


A Putra. (2014). Pengujian Personal Financial Behavior, Planned Behavior terhadap Self Control Behavior dengan Theory Planned of Behavior- Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 2014 - journal.unj.ac.id

Anggarani WPT, A., Kenny, A. (2016). Pengaruh Service Quality dan Brand Image terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen pada Inul Vizta Karaoke di Jakarta (Studi Kasus pada Kepuasan Konsumen Inul Vizta Karaoke, Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul 7 (2), 79542.

Anindita, R. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa SMU di Tangerang Dalam Keputusan Pembelian Kartu IM3 Prabayar. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul. 1 (1). 79131.

Danang Sunyoto. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, konsep, strategi, dan kasus, CAPS, Yogyakarta.

Daryanto & Ismanto Setuabudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima, ISBN:978-602-786-31-8, GAVA MEDIA, Yogyakarta.

Dwi Aryani dan Febrina Rosinta. (2010). “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggandalam Membentuk Loyalitas Pelanggan”, Vol.17, No.2, 2010.

Edwin Sugito Suharso. (2013). “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasa Pelanggan dalam membentuk Loyalitas Pleanggan pada Bengkel Resmi Yamaha CV. Sarana Makmur Sejahtera (SMS) Motor di Surabaya”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 (2013).

Endah Purnama Sari, Apriatni E.P. dan Widayanto. (2014). “Analisis tingkat kepuasan pelanggan dilihat dari dimensi kualitas pelayanan dan harga PT. Garuda Indonesia Airlines (persero), TBK kantor cabang Semarang”.

Fandy tjiptono & Anastasia Diana. (2008-2009). Total Quality Management edisi revisi, ISBN: 979-731-087-6, ANDI, Yogyakarta.

Febri Tri Bramasta Putra, Edy Raharja. (2011). “Analisi Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Pelangan terhadap Loyalitas Pelanggan di Bengkel Mobil Rapilass Autocare Semarang”, Diponegoro Manajemen, Volume 1, Nomor 1, 2011.

Hasyim dan Rina Anindita. (2009). prinsip-prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran, Edisi Pertama.

http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196412051990031-BAMBANG_AVIP_PRIATNA_M/ANALISIS_JALUR.pdf

http://www.statistikolahdata.com/2009/12/analisis-jalur.html

http://www.tempo.co/read/news/2014/05/27/090580666/Angkutan-Umum-Minim-Sepeda-Motor-Menggila

https://teorionline.wordpress.com/2011/08/24/path-analysis-with-lisrel-chapter-1/

Husein Umar. (2004). Metode Riset Ilmu Administrasi, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Indah Dwi Kurniasih. (2012). “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelangan melalui Variabel Kepuasan (Studi pada Bengkel Ahass 002-Astra Motor Siliwangi Semarang)”, Jurnal Administrasi Bisnis Volume I Nomor 1 September 2012.

Jatmiko. (2019). Customer Loyalty Formation Model Based on Satisfaction Customer in E-Commerce-Based Transportation Industry in Indonesia. 61h International Conference on Business, Economics and Social Sciences (ICBESS) 2019 MERCURE Hotel Ancol - Jakarta, 6 - 7 November 2019.

Jonathan Sarwono & Tutty Martodiredjo. (2008). Riset Bisnis untuk Pengambilan Keputusan, C.V ANDI OFFSET, Jakarta.

Malhotra N. K. (2014). Marketing Research : An Applied Orientation, Pearson Education, New Jersey.

MFA Adhikara. (2003). Preferensi Investor terhadap Strategi Investasi di Pasar Modal, The Indonesian Journal of Accounting Research 6 (2).

Muhammad Yusri. (2013). “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Gool Futsal Mangga Dua Surabaya”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.1, 2013.

Rambat Lupiyoadi & A. (2006-2008). Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, edisi 2, ISBN: 979-691-365-8, Selemba Empat, Jakarta.

Ridwan dan Engkos Achmad Kuncoro. (2011). “Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis”, Bandung: Alfabeta.

Ronny Kountur. (2007). Metode Penelitian, PPM, Jakarta.

Ruswanti, E. (2016). The impact of the impulse buying dimension and cherry picking: an empirical study. Journal of Indonesian Economy and, Business. 31 (1): 81-98

S Handayani. (2008). Analisis Conjoint dalam Penentuan Preferensi Pemirsa Berita TV Untuk Pengembangan Program berita Liputan 6 SCTV. Jurnal Ekonomi 13 (Esa Unggul), 40-56.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis, CV.Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian, AKFABETA, CV, Bandung.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cetakan Kelimabelas, Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Supriadi Setiawan. (2011). Loyalitas Pelanggan Jasa Studi Kasus Bagaimana Rumah Sakit Mengelola Loyalitas Pelanggannya, ISBN:978-979-493-309-1, IPB Press, Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]