CELEBRITY ENDORSER IWAN FALS DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TOP COFFEE

Nurchalim Nurchalim, Ari Anggarani Winadi Prasetyoning Tyas

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan atas dasar gencarnya promosi iklan Top Coffee yang dilakukan oleh PT Wings Food di berbagai media. Dalam penelitian sebelumnya, dihasilkan bahwa penggunaan seorang celebrity endorser akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam memberi barang, namun survey yang dilakukan oleh abi callysta dalam artikelnya yang berjudul “Kuatnya Iklan Top Coffee belum mampu menggeser konsumen kopi sejati”, mengatakan bahwa promosi melalui iklan yang dilakukan tersebut belum efektif. Penelitian skripsi ini bertujuan untukmengetahui pengaruh celebrity endorser Iwan Fals terhadap keputusan pembelian Top Coffee: Studi kasus di wilayah Rawa Buaya, Jakarta Barat. Dalam pengambilan sampel menggunakan Purposive Samplingdan penentuan banyaknya jumlah sampel menggunakan quota samplingkarena jumlah populasi tidak diketahui. Data telah diuji validitas dan reliabilitas dengan menyebarkan kuesionerdan dilakukan analisis selanjutnya. Hasil analisis didapatkan bahwa 4 hipotesis yang diterima dari 5 hipotesis yang diajukan. Hipotesis yang pertama yaitu atribut celebrity endorser secara serempak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hipotesis yang kedua yaitu atribut credibility secara individu berpengaruh terhadap keputusan pembelian,hipotesis yang ketiga yaitu atribut attractiveness secara individuberpengaruh terhadap keputusan pembelian, hipotesis yang keempat yaitu atributpowersecara individu berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

 

Kata kunci : credibility, attractiveness, power, dan keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Anggarani WPT, A. (2013). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen terhadap Produk Handphone Blackberry, Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul 4 (1), 17913, Esa Unggul University.

Anindita, Rina. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa SMU Di Tangerang Dalam Keputusan Pembelian Kartu IM3 Prabayar. Jurnal Ekonomi.

Djatnika, Tjetjep. (2007). Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Dwi Sapitri, Dkk. (2010). Pengaruh Celebrity Endorser Dian Sastrowardoyo Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo L’oreal.

Hasyim dan Anindita, Rina. (2009). Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran. Jakarta : Uieu-University Press.

Jatmiko. (2017). Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Otomotif Pada Industri Kreatif di Indonesia. icebuss.org/paper/082.docx

Kata, Muli dan Siahaan. (2008). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Mio Pada Mio Automatic Club (MAC) Medan. Jurnal Manajemen Bisnis.

Kennedy, John dan Soemanagara, RD. (2006). Marketing Communication: Taktim dan Strategi. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer.

Kotler, dan Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management. Edisi Keempat Belas. New Jersey : Prentice Hall International.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran: Principles Of Marketing. Jakarta: Pt Indeks Kelompok Gramedia 9th Edition.

Monle, Lee. dan Johnson Carla. (2004). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Prenada.

Morissan. (2007). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakarsa.

Morissan. (2007). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.

Royan, Frans. (2004). Marketing Selebrities. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.

RA Nurlinda, D Christina. (2017). peran positive emotion sebagai mediator hedonic shopping dan shopping lifestyle terhadap impulse buying di lazada. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 5 (1), 231-244.

Santara, Mutiara Ayu. (2012). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Anggun C. Sasmi’ Terhadap Keputusan Pembelian Sampo Pantene. Jurnal Marketing Communication.

Saputra, Hendra. (2010). Pengaruh Penggunaan Marketing Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pond’s. Jurnal Keuangan Dan Bisnis.

Schelect. (2008). The Basic Principles Of Marketing. San Fransisco : Better Sconnoi.

Schiffman dan Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip.. Jakarta : Indeks.

Sheyrent dan Leonid Julivan. (2013). Analisa Prediksi /Penilai Efektivitas Penggunaan Selebritis Sebagai Brand Endorser Untuk Membangun Brand Image. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi, Jilid I. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Shimp, Terence. (2008). Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Soemanagara, Rd. (2006). Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.

Sulistya, Endang dan Widya, Dina. (2012). Pengaruh Agnes Monica Sebagai Celebrity Endorser Sebagai Pembentukan Brand Image Honda Vario. Jurnal Bisnis Dan Manajemen.

Sumarwan, Ujang. (2002). Perilaku Konsumen. Bogor Selatan : PT Ghalia Indonesia.

Yanuar R Syah, Tantri. (2013). Perbedaan Pengaruh Citra Merek dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kualitas Produk, Nilai Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan di Pasar Bisnis, Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul 4 (2).

www.kompasiana.com

www.marketing.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]