ANALISIS MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN : PADA KERIPIK MAICIH
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi makanan kecil seperti keripik produksi Maicih. Penelitian ini bertujuan pertama untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Marketing Mix terhadap kepuasan konsumen produk keripik Maicih, yang kedua untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen produk keripik Maicih dan yang ketiga untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Marketing Mix terhadap loyalitas konsumen produk keripik Maicih melalui kepuasan konsumen. Untuk melakukan penelitian ini maka penulis mengambil populasi yaitu pembeli keripik Maicih pada daerah tanjung duren utara 1 no 1 dengan jumlah yang tidak diketahui. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode rule of thumb Dalam penelitian ini, jumlah kuisioner adalah 14 item pertanyaan yang digunakan adalah minimal sebanyak 70 responden.
Pengujian dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) selain itu dikenal sebagai Analysis of Moment Structures. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif antara Marketing Mix terhadap kepuasan konsumen, yang kedua terdapat pengaruh positif antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen dan yang ketiga tidak terdapat pengaruh antara Marketing Mix terhadap loyalitas konsumen.
Kata kunci : marketing mix, kepuasankonsumen, loyalitaskonsumen
Full Text:
PDFReferences
Anggarani WPT, A. (2013). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen terhadap Produk Handphone Blackberry, Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul 4 (1), 17913, Esa Unggul University.
Anoraga, Pandji. (2000). Manajemen Bisnis. Rineka Cipta, Jakarta.
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro, Semarang.
Griffin, Ricky W. Dan Ronald J. Ebert. (2006). Bisnis Jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Hair etal. (2010). Mulivariate Data Analysis, 7th Edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.
Hari Wijanto, Setyo. (2008). Structural Equation Modeling Dengan Lisrel 8.8. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE, Yogyakarta.
Jatmiko. (2017). Brand Equity Sebagai Pembentuk Keputusan Pembelian Melalui Purchasing Intention Pada Konsumen Sepeda Motor. Jurnal Ekonomi 8 (2).
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2001). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
______. (2006). Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. PT.Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip. (2001). Manajemen Pemasaran Di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Imple-mentasi dan Pengendalian. Salemba Empat, Jakarta.
Lamb, Hair dan Mcdaniel. (2001). Pemasaran Edisi Pertama. Salemba Empat, Jakarta.
McCarthy dan Perrefault. (2003). Dasar – Dasar Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
MFA Adhikara, Preferensi Investor terhadap Strategi Investasi di Pasar Modal, The Indonesian Journal of Accounting Research 6 (2).
Riyadi, Joko. (1999). Gerbang Pemasaran. Gramedia, Jakarta.
S Handayani. (2010). Efek Strategic Experiential Marketing (SEMs) dan Implementasinya Melalui Key Experiential Providers (ExPros) terhadap Loyalitas pada Lion Air dan Mandala Airlines. JURNAL EKONOMI 1 (EsaUnggul), 11-23.
Saladin, Djaslim. (2003). Manajemen Pemasaran. Linda Karya, Bandung.
Simamora, Henry. (2001). Manajemen Pemasaran International, Cetakan Pertama, Jilid 2. Salemba Empat, Jakarta.
Sugiono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. CV.Alfabeta, Bandung.
Sumarwan, Ujang. (2003). Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya Dalam Pema-saran, Cetakan Pertama. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komu-nikasi Pemasaran. PT.Remaja Rosdakarya, Bandung.
Swastha .D, Basu dan Irawan. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.
Swastha .D, Basu dan T.Hani Handoko. (1997). Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen. Liberty, Yogyakarta.
Taylor, Celuch, dan Goodwin. (2004). “The Important of Brand Equity to Customer Loyalty”, Journal of Product and Brand Management Vol.13 No.4.
Tjiptono, Fandy. (1995). Strategi Pemasaran. Andy, Yogyakarta.
______, (1997). Strategi Pemasaran Edisi 2. Andi, Yogyakarta.
______, (2000). Prinsip & Dinamika Pemasaran, Edisi Pertama. J&J Learning, Yogyakarta.
______, (2002). Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen. BPFE UGM, Yogyakarta.
______, (2005). Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Bayumedia Publishing, Malang.
Umar, Husein. (2010). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia & JBRC, Jakarta.
www.maicih.co.id
YK Sri Handayani. (2012). Membangun Kepercayaan terhadap merek Untuk Meningkatkan Loyalitas Melalui Nilai Utilitarian dan Hedonic pada Pengguna Nokia, Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Forum Manajemen Indonesia Ke 4.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]