PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP NIAT BELI PADA PRODUK MINUMAN ISOTONIK MIZONE (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS ESA UNGGUL)

Kevin Leonanda, Suryari Purnama

Abstract


Abstrak

Dalam studi ini dikaji peran atribut-atribut brand equity dalam pembentukan niat beli konsumen khususnya niat beli produk minuman isotonik Mizone.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling.Sampel yang digunakan dalam penelitian sejumlah 100 responden.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel-variabel brand equity berpengaruh secara simultan terhadap niat beli tetapi hanya hanya salah satu atribut brand equity yaitu brand loyalty yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli.Dengan demikian untuk meningkatkan niat beli konsumen, sebaiknya lebih berupaya untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan konsumen.

 

Kata kunci: brand equity, brand awareness, brand association, quality perceived, niat beli


Full Text:

PDF

References


Aaker, David. Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. New York: The Free Press. 1991

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, CV Alfabeta, 2013. hal. 158.

Andrew, Analisis Brand Equity Pocary Sweat. Tesis Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis. IPB. Bogor. 2010

Anonim. Sejarah berdirinya Aqua. http://infobiografi.blogspot.com/2013/03/berdirinya-aqua.htmlwww.aqua.com

Anonim, Lima Portal Konsumen. http://marketingclippings.blogspot.com

Bucholz, Andreas & Worderman, Wolfram. (1998). What Makes Winning Brands Different: The Hidden Method Behind the World’s Most Succesfull Brands, New York: John Wiley & Sons.

Durianto, Sitinjak dkk. (2001). Strategi Menak-lukkan Pasar Riset Ekuitas dan Perlaku Merek.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hartiningtyas, Ayu dan Assegaff, M. (2010). Pengaruh Brand Awarenss, Brand Association dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Bebek 4-tak Merek Honda, hal. 154.

Hasyim dan Rina Anindita. (2009). Prinsip-prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran. Jakarta : UIEU-University Press.

Icek, Ajzen and Fishbein, Martin. (1975). Belief, Attitude, and Behavior: An introduction to Theory anda Research. Addison-Wesley Publishing Company.

Juliana, Nana, Lily Harjati, Lily, Salim. (2011). Analisis elemen-elemen ekuitas merek pada produk sampo merek lifebuoy. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Vol.18, No.1:36-46.

Knapp, Duane E. The Brand Mindset. Alih bahasa: Sisnuhadi. Yogyakarta. 2001

Kotler, Philip dan Gary A Amstrong. (2010). Principles of Marketing. Edisi 13. Interna-tional Edition, USA: Peatson Prentice Hall.

Kusuma Darma, MOH.ZEN. (2012). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Minuman Isotonik Pocari Sweat, hal.15.

M. Carty, E. (1990). Basic Marketing, A Managerial Approach. 10 th ed. Japan. Toppan Company, LTD.

Muhammad,Said dan Shintia, Novi. (2009). Hubungan Ekuitas Merek Dengan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Jasa Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin, hal. 4.

Naresh K., Maholtra. (2010). Riset Pemasaran Edisi ke empat Jilid 2 Edisi Bahasa Indonesia, JakartaBarat : Indeks, hal. 256.

Purnama, Lingga. (2001). Strategic Marketing Plan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. (2002). The Power of Brand: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. (2013). Riset Pemasaran, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, hal. 305.

Rochaety, Eti. (2005). Kamus Istilah Ekonomi, Jakarta. Bumi Aksara.

Saebani, Beni Ahmad dan Nurjaman, Kadar. (2013). Manajemen Penelitian. CV Pustaka Setia, Bandung.

Silaban, Bernard E. (2005). Analisis Persepsi Kualitas Merek Mobil Honda dan Toyota Vios, hal. 56.

Simamora, Bilson. (2001). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Stobart, Paul. (1994). Brand Power: Power Branding Strategies from the World’s Leading Brand Owners. London: The Macmillan Press Ltd.

Susanta. (2009). Analisis Ekuitas Merek Pasta Gigi Pepsodent. Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik dan Kebijakan. Vol.13, No. 1. Maret 2009: 59-71.

Susanto, A.B. dan Wijanarko, Hemawan.Power Branding – Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta. Quantum.

Tjiptono, Fandi. (2000). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Adi.

Widodo, Nur Cahyo; Wahyudi, Lilik. (2009). Analisis pengaruh kepercayaan atas merek pada ekuitas merek. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 9, No.1, 2009:91-100.

AP A Putra, S Handayani. (2013). Perilaku Pengendalian Diri Pada Perilaku Mana-jemen Keuangan Personal Berdasarkan Pada Teori Planned Behavior Meng-gunakan Pendekatan Partial Least Square. International Conference Unsud 2 (Universitas Jendral Sudirman), 102.

L Amalia, Rojuaniah, J Suharna. (2016). Model Early Warning System Untuk Memprediksi Tingkat Fluktuasi Harga Pada Komoditas Pertanian. Sustainable Competitive Advantage (Sca) 3 (1).

Ra Nurlinda, Eka Bertuah, R Setiyati. (2016). Consumer Preferences Model In Offline And Online Shopping Behaviour On Retail Business. International Conference On Governance And Accountability (Icga), 16.

S Handayani. (2014). Kualitas Pengungkapan dan Manajemen Laba dalam Kaitannya dengan Karakteristik Perusahaan. Jurnal Ekonomi 5 (FEB Universitas Esa Unggul), 99.

Anggarani WPT, A. (2013). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen terhadap Produk Handphone Blackberry, Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul 4 (1), 17913, Esa Unggul University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]