SIKAP NASABAH DAN KONSTRUK TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM PENERAPAN PENGGUNAAN SESUNGGUHNYA INTERNET BANKING
Abstract
Abstrak
Studi ini bertujuan utuk mengetahui pengaruh persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap penggunaan internet banking melalui sikap. Penelitian ini dilakukan di Kawasan Ciledug Kota Tangerang, dengan jumlah sampel seratus responden dengan menggunakan quota sampling untuk menentukan jumlah sampel dan purposive sampling untuk pemilihan kriteria responden dengan uji statistik menggunakan path analysis menggunakan software SPSS v16.00. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap sikap dan sikap berpengaruh positif terhadap penggunaan sesungguhnya internet banking. Hal tersebut dapat terjadi karena nasabah tidak melihat dari seberapa besar manfaat yang didapat dari penggunaan internet banking namun dari seberapa mudah internet banking digunakan, hal ini yang menentukan sikap nasabah dalam penerapan penggunaan internet banking.
Keywords: internet banking, technology acceptance model, attitude
Full Text:
PDFReferences
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. Vol. 50; 179-211.
B.A., Riswandi. (2005). Aspek Hukum Internet Banking, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Davis, F.D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived ease of Use, and User Acceptance ofInformation Technology. MIS Quarterly. Vol 13 (3); 319-340.
Deshpande, Rohit, and Gerald Zaltman. (1987). "A Comparison of Factors Affecting Use of Marketing Information in Consumer and Industrial Firms." Journal of Marketing Research (JMR) 24.1. Baca Online (http://www.jstor.org/discover/10.2307/3151759?uid=3738224&uid=2&uid=4&sid=21103783165911).
Eriksson, Kent, Katri Kerem, and Daniel Nilsson. "Customer acceptance of internet banking in Estonia." International Journal of Bank Marketing 23.2 (2005): 200-216.
Fiol, C. Marlene, and Marjorie A. Lyles. (1985). "Organizational learning." Academy of management review 10.4 : 803-813.
Fishbein, M and Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intentions and Behaviour: An Introduction toTheory and Research. Addison-Wesely. Boston. MA.
Hartono Jogiyanto. (2007). Metodologi Penelitian Bisni. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Hartono, Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi
Hasyim, A. & Anindita, R. (2009). Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Bidang Pemasaran. Jakarta: UIEU-University Press.
http://newsletter.marsindonesia.com/2013/02/14/34-nasabah-sudah-melek-internet-banking-2/. Dikutip 24 Maret 2014
http://tekno.liputan6.com/read/731892/akan-ada-1037-juta-pengguna-smartphone-di-indonesia.Dikutip 23 Maret 2014
http://www.metrotvnews.com/tekno/read/2014/01/18/13/208774/Penggunaan-Internet-di-Indonesia-Timur-Tumbuh-Tinggi. Dikutip 18 januari 2014
http://www.permatabank.net/kenapa-beberapa-orang-takut-menggunakan-internet-banking.html. Dikutip 29 Agustus 2014
Jonathan Sarwono. (2007). Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS, Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Jumono, S., Fachruddin AA, M., Matari FM, C. (2017). Profit Structure of Indonesian Banking Industry (An Empirical Study Based on Du Pont Model), Journal of Emerging Issues in Economics, Finance, and Banking 5 (2), 1947-1968
Juwaheer, Thanika Devi, Sharmila Pudaruth, and Priyasha Ramdin. (2013). "Factors influen-cing the adoption of internet banking: a case study of commercial banks in Mauritius. " World Journal of Science, Technology and Sustainable Development 9.3: 204-234.
King, William R., and Jun He. "A meta-analysis of the technology acceptance model." Infor-mation & Management 43.6 (2006): 740-755. Baca Online (http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0378720606000528).
Maharsi, Sri, and Yuliani Mulyadi. (2008). "Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Nasabah." Jurnal Akuntansi dan Keuangan 9.1 pp-18.
Matari FM, C., Sugiyanto, Jatmiko. (2018). Analysis of Market Power Hypothesis and Efficiency Hypothesis in ASEAN Banking, Journal of Emerging Issues in Economics, Finance and Banking 8 (1), 2681 – 2697
Mayasari, F., Kurniawati, E. P., & Nugroho, P. I. (2011). Anteseden dan Konsekuen Sikap Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM) (Survey pada Pengguna KlikBCA). Semantik, 1(1).
Rahardjo, Budi. (2001). "Aspek Teknologi dan Keamanan dalam Internet Banking." PT Insan Indonesia. PT INDOCISC.
Ramadhani, Risna. (2008). "Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Internet Banking di Semarang: Dengan Menggunakan Pende-katan TAM." Jurnal Akuntansi Indonesia. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
S Handayani. (2013). Empat Pilar Tata Kelola Perusahaan dalam Peningkatan Kinerja Operasional pada Perbankan Di Indonesia, 2013 Proceeding, Maranatha University 1 (Maranatha), 32.
S Jumono, NA Achsani, DB Hakim, M Fidaus. (2018). The effect of loan market concentration on banking rentability: A study of Indonesian commercial banking, dynamics panel data regression approach. International Journal of Economics and Financial Issues 6 (1), 207-213.
Sarwono, Jonathan. (2012). Path Analysis. Jakarta: PT Elex Media Computindo.
Sulistiyarini, Suci. (2013). "Pengaruh Minat Individu Terhdap Penggunaan Mobile Banking: Model Kombinasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 1.2.
Thanika, D. J., Pudaruth, S., & Ramdin, P. (2012). Factors influencing the adoption of internet banking: A case study of commercial banks in mauritius. World Journal of Science, Technology and Sustainable Development, 9(3), 204234. doi:http://dx.doi.org/10.1108/20425941211250552.
Whiteside, John, et al. (1985). "User performance with command, menu, and iconic interfaces." ACM SIGCHI Bulletin. Vol. 16. No. 4. ACM. Baca Online. (http://dl.acm.org/citation.cfm?id=317490).
Wibowo, Arief. (2008). "Kajian Tentang Perilaku pengguna sistem informasi dengan pendekatan technology acceptance model (TAM). " Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan.
Wijayanti, Ratih. (2012). "Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Internet Banking (Studi Empiris Terhadap Nasabah Bank Di Depok)”.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]