PENGARUHCELEBRITY ENDORSER DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND AND BODY LOTION CITRA MELALUI BRAND IMAGE

Ade Andriani, Ritta Setiyati

Abstract


Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh langsung celebrity endorserdan iklan terhadap brand imageHand and Body Lotion Citra. Pengaruh langsung celebrity endorser, iklan dan brand image terhadapkeputusanpembelianHand and Body Lotion Citra. Pengaruh tidak langsung celebrity endorserterhadap keputusan pembelian melalui brand imageHand and Body Lotion Citradan pengaruh tidak langsung iklan terhadap keputusan pembelian melalui brand imageHand and Body Lotion Citra. Dalam penelitian ini variabel independen terdiri dari celebrity endorser, iklan dan brand image, sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan pada pengambilan sampel adalah metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang diperlukan 150 responden yang berasal dari 30 pernyataan kuesioner. Responden penelitian ini adalah responden yang pernah membeli, menggunakan dan menonton iklan Hand and Body Lotion Citra. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa celebrity endorser dan iklan berpengaruh langsung terhadap brand image Hand and Body Lotion Citra. Celebrity endorser, iklan dan brand image berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian Hand and Body Lotion Citra. Celebrity endorser berpengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui brand imageHand and Body Lotion Citradan iklan berpengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui brand image Hand and Body Lotion Citra.

 

Kata kunci: celebrity endorser, iklan, brand image dan keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Anggarani WPT, A., Kenny, A. (2016). Pengaruh Service Quality dan Brand Image terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen pada Inul Vizta Karaoke di Jakarta (Studi Kasus pada Kepuasan Konsumen Inul Vizta Karaoke, Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul 7 (2), 79542.

Ariesto Hadi Sutopo dan Adrianus Arief. (2010). Terampil Mengelola Data Kualitatif Dengan NVIVO. Penerbit Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Basu Swastha. (1996). Azas-Azas Marketing, Edisi 3. Liberty: Yogyakarta.

Belch George, E Michael A. Belch. (2004). advertising and promotion: An integrated marketing communication perspective. Sixt Edition. New York: McGraw Hill.

Dr.R Sivanesan. (2014). Impact of Brand Image and Advertisement on Consumer Buying Behavior – Comparative Study on Rural and Urban Consumers. ISSN: 2348-893x Volume 1.

Fandy Tjiptono. (1997). Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Hardiman, Ima. (2006). Seri Pintar Public Relations: 400 Istilah PR Media & Periklanan. Jakarta: Penerbit Gagas Ulung.

Jatmiko. (2012). Komunikasi Pemasaran Sebagai Strategi Memperluas Pasar. Komunikologi 9 (2).

Jewler & Drewniany. (2005). Creative strategy in advertising 9th edition. USA Thomson Wadsworth.

Kadek Ayu Dwi. (2016). E-Jurnal Manajemen Unud, ISSN: 2302-8912 Volume 5, Nomor 7.

Kasali, Rhenald. (2014). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Grafiti.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2007). Marketing Management, Elevent Edition. USA : Pearson Education Inc.

Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jilid 1 Jakarta: Pearson Education Asia Pte. Ltd dan PT. Prenhallindo. Kotler & Amstong, 2007.

Ni Made Rahayu. (2015). E-Jurnal Manajemen Unud, ISSN: 2302-8912 Volume 4, Nomor 11.

Pranata, A., Syah, T. Y. R., & Anindita, R. (2020). Interpersonal Trust Impact on Moderate Customer Satisfaction by Product Quality and Brand Image. Journal of Multidisciplinary Academic.4 (1). 34-41

Rizky Suci Febriyanti. (2016). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. ISSN: 2461-0593 Volume 5 Nomor 5.

Roobina Ohanian. (1990). Construction and Validation of a Scale to Measure Celebrity Endorsers' Perceived Expertise, Trustworthiness, and Attractiveness. Journal ofAdvertising, 19 (3): h: 39-52 (Mowen and Minor, 2002:405).

Royan, Frans M. (2005). Marketing Celebrities: Celebrity endorser Dalam Iklan Dan Strategi Celebrity endorser Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

S Handayani. (2010). Efek Strategic Experiential Marketing (SEMs) dan Implementasinya Melalui Key Experiential Providers (ExPros) terhadap Loyalitas pada Lion Air dan Mandala Airlines. Jurnal Ekonomi 1 (Esa Unggul), 11-23.

Shimp, Terence. (2003). Periklanan Promosi Aspek-aspek Tambahan Komunikasi Terpadu. Diterjemahkan oleh: Revyani Sahrial. Jakarta: Erlangga

Shimp, Terence. (2007). Periklanan Promosi Aspek-aspek Tambahan Komunikasi Terpadu. Diterjemahkan oleh: Revyani Sahrial. Jakarta: Erlangga.

Shimp, Terence. (2010). Advertising, Promotion & Other Aspects of Integrated Marketing Communications, 8th edition.

Sugiyanto, Jatmiko, Handayani S. (2016). Pelatihan Literasi Iklan untuk Mahasiswa Manajemen Bisnis di Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas 3 (1).

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yan Bayu Bramantya dan Made Jatra. (2016). E-Jurnal Manajemen Unud, ISSN: 2302-8912Volume 5, Nomor 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]